Pengembangan E-Modul Kompetensi Dasar Menggambar Komik Berkarakter Wayang untuk Siswa SMP Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p15-33Keywords:
e-modul, kompetensi dasar, menggambar komik, berkarakter wayangAbstract
Era globalisasi menggerus pengetahuan remaja mengenai budaya lokal khususnya pewayangan. Pen-gembangan bahan ajar yang mengangkat pewayangan terbatas sehingga peneliti mengembangkan e-modul dengan menyisipkan karakter pewayangan. Tujuan penelitian yaitu mengembangkan dan menghasilkan e-modul kompetensi dasar menggambar komik berkarakter wayang. Penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE mencakup: (1) analisis; (2) desain; (3) pengembangan; (4) implementasi; dan (5) evaluasi. Instrumen yang digunakan yaitu angket uji validasi ahli, angket uji efektivitas oleh peserta didik dan pretest posttest. Penelitian menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. E-modul telah diuji oleh dua validator ahli media dan dua validator ahli materi, uji efektivitas oleh 20 peserta didik, dan penghitungan N-Gain score pretest posttest kepada 20 peserta didik kelas VIII SMPN 24 Malang. Hasil penelitian menunjukkan persentase validasi oleh ahli media sebesar 83,9 persen dan validasi ahli materi sebesar 91,6 persen dengan rata-rata sebesar 87,8 persen menunjukkan produk sangat layak untuk diimplementasikan. Hasil uji efektivitas sebesar 83,2 persen membuktikan produk masuk kriteria sangat layak. Hasil N-Gain score pretest posttest sebesar 0,59 menunjukkan pemahaman peserta didik terhadap materi dalam e-modul mengalami peningkatan yang sedang.
Kata kunci: e-modul, kompetensi dasar, menggambar komik berkarakter wayang
The Development of E-Module Basic Competency in Drawing Comics with Puppet Characters for Eight Grade of Middle School Students
The era of globalization erodes adolescents' knowledge of local culture, especially puppetry. The development of teaching materials that raise puppetry is limited so that researchers develop e-modules by inserting puppet characters. The aim of the research is the development and production of an e-module on basic skills in drawing comics with wayang characters. The research used the ADDIE development model, consisting of steps: (1) analysis; (2) design; (3) development; (4) implementation; and (5) evaluation. The instruments used are expert validation test questionnaires, effectiveness test questionnaires by students and pretest posttest question sheets. The study used qualitative and quantitative data. E-modules have been tested by two media experts and two material experts, effectiveness test by 20 students, and calculation of N-Gain score pretest posttest to 20 students of class VIII SMPN 24 Malang. The results showed the percentage of media expert validation of 83.9 percent and material expert validation of 91.6 percent with an average of 87.8 percent indicating the product is very feasible to implement. The results of the effectiveness test of 83.2 percent prove the product is very feasible. The pretest posttest N-Gain score of 0,59 shows that students' understanding of the material in the e-module has increased moderately.
Keywords: e-module, basic competency, drawing comics, wayang characters
References
Alim Cendekia, D., Sidyawati, L., Dhesti Anggriani, S., & Desta Rahmanto, K. (2022). The Fusion of 3D Ani-mation Film and Macapat Song Increases the Curiosity of Junior High School Students to Learn Tradi-tional Music. KnE Social Sciences, 342–347. https://doi.org/10.18502/kss.v7i13.11680
Anggoro, B. (2018). “Wayang dan Seni Pertunjukan” Kajian Sejarah Perkembangan Seni Wayang di Tanah Jawa sebagai Seni Pertunjukan dan Dakwah. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 2(2), 122. https://doi.org/10.30829/j.v2i2.1679
Ashari, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Berbasis Nilai Simbolisme Wayang Sadat melalui Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kesadaran Budaya Siswa Di SMA Batik 1 Surakarta. Doctoral Dissertation, UNS (Sebelas Maret University). Retrieved from https://bit.ly/3fhMibX
Astuti, D., Supriyanto, E., & Muthoifin, M. (2020). Model Penjaminan Mutu Ketercapaian Kompetensi Dasar dalam Sistem Pembelajaran Online pada Situasi Work from Home (WFH). Profetika: Jurnal Studi Is-lam, 21(1), 129–139. https://doi.org/10.23917/profetika.v21i1.11655
Dewi, D. A., & Listiana, Y. R. (2021). Pengaruh Globalisasi terhadap Rasa Cinta Tanah Air Pelajar Di Banyumas. IJoIS: Indonesian Journal of Islamic Studies, 2, 10.
Fadila, F. N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Alih Wahana untuk Siswa Kelas XI. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 416–425. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425
Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model ADDIE. 16.
Herniati, R., Sulistri, E., & Rosdianto, H. (2017). Penerapan Model Predict Observe Explain Dengan Pen-dekatan Learning By Doing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Fisika FLUX, 14(2), 120. https://doi.org/10.20527/flux.v14i2.4269
Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861
Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Penerapan Kurikulum 2013 dalam Meningkatkan Keterampilan, Si-kap, dan Pengetahuan. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 389. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v6i2.4520
Muliani, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Komik Bilingual Berbasis Wayang. Doctoral Dissertation, UIN Raden Intan Lampung, 150.
Najuah, N., Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.
Nurgiyantoro, B. (2011). Wayang dan Pengembangan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1314
Pramono, A., Wardhana, M. I., Rahayuningtyas, W., Iriaji, I., Hidajat, R., & Puspasari, B. D. (2021). Marker-less Mobile Augmented Reality (MAR) Development of Wayang Krucil Figures as an Effort to In-crease Knowledge and Character Learning. International Conference on Electrical, Electronics and In-formation Engineering (ICEEIE), 195–199. https://doi.org/10.1109/ICEEIE52663.2021.9616797
Prisandy, N., Indrawati, L., & Ratnawati, I. (2016). Perbedaan Visualisasi Atribut dan Struktur Tubuh Wayang Kulit Purwa pada Tokoh Antareja Gaya Yogyakarta dengan Gaya Surakarta. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 10. http://dx.doi.org/10.17977/um037v1i12016p%25p
Purbasari, T. (2012). Kajian Aspek Teknis, Estetis, dan Simbolis Warna Wayang Kulit Karya Perajin Wayang Desa Tunahan Kabupaten Jepara. Arty: Journal of Visual Arts, 1, 8.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Cetak dan Modul El-ektronik pada Siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 9.
Rochmawati, I. (2020). Menggambar Komik. Retrieved from http://repository.unikom.ac.id/id/eprint/64614
Sugianto, D., Abdullah, A. G., Elvyanti, S., & Muladi, Y. (2017). Modul Virtual: Multimedia Flipbook Dasar Teknik Digital. Innovation of Vocational Technology Education, 9(2). https://doi.org/10.17509/invotec.v9i2.4860
Sugihartini, N., & Yudiana, K. (2018). ADDIE Sebagai Model Pengembangan Media Instruksional Edukatif (MIE) Mata Kuliah Kurikulum dan Pengajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14892
Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan AD-DIE Model. Jurnal Ika, 11. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145
Utami, T., & Mulyani. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas VII pada Materi Segitiga Di MTs Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2018/2019. 7.
Widarso, K., & Pranata, M. (2020). Modul Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Covid-19 untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama Seni Rupa Kelas VIII Semester Genap. Jakarta: Direktorat Sekolah Menen-gah Pertama Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Retrieved from https://bit.ly/3SxyXKW
Yuliandari, S., & Wahjudi, E. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Jurnal Pendidikan Akunta-si (JPAK), 9.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indah Dwi Cahyanti Dipura, Iriaji, Swastika Dhesti Anggriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.