Pengembangan E-comic Materi Menggambar Ilustrasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p165-184Keywords:
E-comic, Menggambar Ilustrasi, Minat BelajarAbstract
Menurunnya minat belajar peserta didik kelas VIII dapat disebabkan berbagai faktor, salah satunya media pembelajaran yang digunakan. Terlebih lagi media pembelajaran konvensional yang tidak beradaptasi ke bentuk digital semakin menurunkan minat belajar peserta didik kelas VIII. Tidak terkecuali juga pada mata pelajaran Seni Budaya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan e-comic materi Menggambar ilustrasi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII terhadap mata pelajaran Seni Budaya. Sasaran dari penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII secara luas. Metode penelitian yang digunakan diadaptasikan dari R & D Borg dan Gall. Mulai dari penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk, uji coba kelompok kecil, revisi produk, uji coba kelompok besar, serta revisi & penyempurnaan produk. Hasil penelitian menunjukkan persentase 100 persen untuk validasi materi, 96,42 persen untuk validasi media, 97,57 persen untuk uji coba kelompok kecil, dan 95,41 persen untuk uji coba kelompok besar. Berdasarkan hasil tersebut e-comic materi Menggambar Ilustrasi dikategorikan sangat layak. Hasil uji efektivitas menunjukkan indeks N-Gain mencapai 0,46 yang dikategorikan masuk kategori sedang. Jadi berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan tersebut e-comic materi Menggambar Ilustrasi sangat layak digunakan dan efektif untuk meningkatkan minat belajar peserta didik kelas VIII terhadap mata pelajaran Seni Budaya.
Kata kunci: e-comic; menggambar ilustrasi; minat belajar
Developing E-comic as A Learning Material for Illustration Drawing to Improve the Learning Interest of 8th Grade Students
Various factors contribute to low learning interest of 8th grade students, including improper selection of learning media, The use of conventional learning media that was irrelevant to the digital era lowered students’ learning interest. This issue also occurred in the teaching and learning activities of Cultural Arts subject. This study was conducted to develop e-comic as a learning media of illustration drawing to increase the learning interest of 8th grade students in Cultural Arts class. The development of the product was carried out using an adapted R & D model proposed by Borg and Gall. The stages of the product development were data collection, planning, initial product development, expert validation, product revisions, small-scale product try out, product revisions, large-scale product try out, and final product revision & improvement. The material validation resulted in a percentage of 100 percent, 96.42 percent for media validation, 97.57 percent for small scale product tryout and 95.41 percent for large scale product tryout. Based on those results, the e-comic Illustration Drawing media developed in this study is categorized highly feasible. The effectiveness test showed N-Gain index of 0.46 (moderate). It can be taken into conclusion that the e-comic Illustration Drawing material is highly appropriate and fairly effective in increasing the learning interest of 8th grade students in Cultural Arts subject.
Keywords: e-comic; illustration drawing; learning interest
References
Batubara, H. H. (2021). Media Pembelajaran Digital. PT Remaja Rosdakarya.
Batu-Bara, Andreas, Y., Dahlia, A., & Effendi, L. A. (2021). “Analisis Minat Belajar Siswa Menggunakan Media Pembelajaran E-comic Aritmatika Sosial di Masa Pandemi Covid-19.” 8:10.
Beaumont-Thomas, B. (2017). “How We Made the Typeface Comic Sans | Comic sans | The Guardian.” Retrieved November 8, 2022 (https://www.theguardian.com/artanddesign/2017/mar/28/how-we-made-font-comic-sans-typography).
Dafont. (2018). “Bangers Font.” Dafont Free. Retrieved November 8, 2022 (https://www.dafontfree.io/bangers-font/).
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta; Gava Media.
Eva, R, P, V., Bhakti, Sumantri, M. S., & Winarsih, M. (2020). “Media Pembelajaran Abad 21: Komik Digital untuk Siswa Sekolah Dasar.” Prosiding Seminar dan Diskusi Pendidikan Dasar.
Gumelar, M. S. (2010). Comic Making: Membuat Komik. An1mage.
Habibah, W. R. P., Ratnawati, I., & Sutrisno, A. (2022). “Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Membuat Patung Berbahan Clay Kelas IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 2(3):360–77. doi: 10.17977/um064v2i32022p360-377.
Hendratman, H. (2017). Computer Graphic Design: warna layout teks logo ilustrasi efek produksi WPAP. Hendi Hendratman.
Izzah, M. A., & Ma’sum, A. (2021). “Pengembangan Komik Digital sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah untuk Siswa Kelas X MA Almaarif Singosari.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1(8):1081–94. doi: 10.17977/um064v1i82021p1081-1094.
Latif, H., Rohmad, D., & Ningrum, E. (2014). “Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar.” Jurnal Geografi Gea 14(1). doi: 10.17509/gea.v14i1.3358.
Lesmana, F., & Asthararianty. (2020). “Studi Hermeneutik: Desain Layout Buku Biografi Merry Riana.” 18(1):7.
Lestari, P. I., & Afifah, L. (2021). “Pengembangan Media Komik Digital Echt Spass dengan Tema Schule untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1(11):1532–46. doi: 10.17977/um064v1i112021p1532-1546.
Nurseto, T. (2012). “Membuat Media Pembelajaran yang Menarik.” Jurnal Ekonomi dan Pendidikan 8(1). doi: 10.21831/jep.v8i1.706.
Pratiwi, A. E., Iriaji, & Prasetyo, A. R. (2022). “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Animasi ‘Adobe Flash Professional Cs6’ untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa SMP Negeri 1 Kalibaru terhadap Pembelajaran Seni Rupa | Pratiwi | JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies).” Retrieved November 21, 2022 (https://journal2.um.ac.id/index.php/dart/article/view/25013/9656).
Prawiro, M. (2018). “Pengertian PDF dan Fungsinya, Kegunaan, Contoh, Kelebihan PDF.” Pengertian dan Definisi Istilah. Retrieved September 28, 2022 (https://www.maxmanroe.com/vid/teknologi/mobile-app/pengertian-pdf.html).
Ratna, N. K. (2014). Peranan karya sastra, seni, dan budaya dalam pendidikan karakter. Pustaka Pelajar.
Riamin. (2016). “Menumbuhkan Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran.” KOMPASIANA. Retrieved September 26, 2022 (https://www.kompasiana.com/riamin/570ec6323697738d1a3e38b6/menumbuhkan-minat-belajar-siswa-dalam-pembelajaran).
Setyosari, P. (2016). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Prenada Media.
Sharp, W. (2018). “Omar Momani Talks Cartoons, Football and Inspiration for The Gallery.” These Football Times. Retrieved November 8, 2022 (https://thesefootballtimes.co/2018/09/10/omar-momani-talks-cartoons-football-and-inspiration-for-the-gallery/).
Sitepu, B. P. (2014). Penulisan Buku Teks Pelajaran / B.P. Sitepu. Cet. ke-2. Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2015). “Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya / Slameto | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Retrieved November 26, 2022 (https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1046779).
Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.
Soenyoto, P. (2017). Animasi 2D. Elex Media Komputindo.
Sofia, A., & Adiyanti, M. G. (2014). “Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya terhadap Kecerdasan Moral.” 9.
Sudarmanto, J. A. (2021). “Corpies: Bisnis Kreatif Pemanfaatan Sampah Kaleng dan Kertas Menggunakan Teknik Lukis Sebagai Usaha Meningkatkan Nilai Benda Bekas Pakai.” JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts 1(4):524–41. doi: 10.17977/um064v1i42021p524-541.
Sudjana, Nana, & Rivai, A. (2013). Media Pengajaran. Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kualitatif. CV ALFABETA.
Sulistianto, H. (2010). “Pengertian Seni Budaya: Macam Jenis, Fungsi dan Contoh Seni Budaya Indonesia.” Retrieved September 27, 2022 (https://www.pelajaran.co.id/seni-budaya/).
Sri, A. (2012). Media Pembelajaran. Yuma Pustaka.
Syah, M. (2003). Psikologi belajar. Pt RajaGrafindo Persada.
Wakik, A. (2019). “Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Seni Indonesia Surakarta 2019.” 253.
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa COVID 19.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 2(3):232–43. doi: 10.31004/edukatif.v2i3.142.
Yurista, A. (2021). “Mau Bikin Komik? Kenali Jenis Susunan Panel Komik Berikut Ini!” Retrieved November 8, 2022 (https://kreativv.com/panel-komik/).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Tata Sabritama Sabritama, Iriaji, Swastika Dhesti Anggriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.