E-Book Batik untuk Meningkatkan Pemahaman dan Keterampilan Berwirausaha Kelompok Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Batik
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1107-1124Keywords:
pengembangan, e-book, batik, UMKM, MSMEsAbstract
Motif batik Lumajang memiliki kekhasan yang terlihat pada beberapa motif secara karakteristik memiliki identitas Lumajang yang tidak sama dengan motif batif di wilayah lainnya. Beberapa Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) batik yang tersebar di hampir seluruh wilayah, seperti Tempeh, Pasirian, Kunir, Yosowilangun, dan wilayah lainnya. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan sebuah produk e-book dengan judul Belajar Batik Lumajang untuk memudahkan masyarakat dalam mempelajari khususnya batik Lumajang dan mengembangkan keterampilan berwirausaha UMKM batik. Metode penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi validasi ahli, uji coba lapangan, revisi uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book batik ini dianggap layak berdasarkan penilaian dari ahli materi, ahli media, kelompok kecil, kelompok besar dengan presentase penilaian secara berturut-turut sebesar 98, 92, 94, dan 93,6 persen. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan e-book batik Lumajang memiliki kriteria sangat layak. Sedangkan untuk mengetahui tingkat pemahaman dan keterampilan berwirausaha batik menggunakan analisis N-gain yang menghasilkan rerata skor N-gain sebesar 0,4406 dan 0,35 jika dikategorikan kriteria termasuk golongan sedang dan efektif diimplementasikan.
Kata kunci: pengembangan, e-book¸ batik, UMKM
Batik E-Book to Improve Understanding and Entrepreneurship Skills for the Batik Micro-, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs)
Some Batik Lumajang’s are scattered in almost all regions, such as Tempeh, Pasirian, Kunir, Yosowilangun, and other areas. The purpose of this research is to develop an e-book product with the title Belajar Batik Lumajang to make it easier for the public to learn, especially Lumajang batik and develop entrepreneurship skills for batik Micro-, Small and Medium-sized Enterprises (MSMEs). The research and development method such as: research and data collection, planning, initial product development, expert validation, expert validation revision, field trials, field trial revisions, and final product refinement. The results showed that this batik e-book was considered feasible based on the assessments of material experts, media experts, small groups, large groups with the percentages of assessments being 98, 92, 94, and 93.6 percent, respectively. Based on the results of research and development of the Lumajang batik e-book, the criteria are very feasible. Meanwhile, to determine the level of understanding and skills of batik entrepreneurship using N-gain analysis which produces an average N-gain score of 0.4406 and 0.35 if the criteria are categorized as moderate and effectively implemented.
Keywords: development, e-book, batik, MSMEs
References
Alwan, M. (2018). Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning Untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal At-Tadbir STAI Darul Kamal NWKembang Kerang I, 29.
Anggraeni, F., Hardjanto, I., & Hayat, A. (2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 1(06), 1286–1295.
Arimbi, A. P., & Pramesti, D. I. (2020). Pengembangan Ebook “Zero Waste Lifestyle” Berbasis Islam Sains pa-da Materi Perubahan dan Pelestarian Lingkungan Hidup untuk Siswa Kelas X Madrasah Aliyah (MA). 6.
Dewi, Y. A., Handayani, S., & Sumarno. (2015). Dinamika usaha kerajinan batik di kabupaten lumajang ta-hun 1992-2014. Artikel Ilmiah Mahasiswa, I, 1–6.
Hamidin, S., Aep. (2010). Batik Warisan Budaya. Asli Indonesia. Yogyakarta: Narasi.
Handayani, R. A. (2016). Pengaruh Minat Remaja dalam Pemakaian Batik terhadap Pelestarian Batik Kudus. Skripsi.
Hapsari, L., Kennedy, J., Lestari, D. A., Masrum, A., & Lestarini, W. (2017). Ethnobotanical survey of bana-nas (Musaceae) in six districts of East Java, Indonesia. Biodiversitas Journal of Biological Diversity, 18(1). https://doi.org/10.13057/biodiv/d180122
Jannah, N., Fadiawati, N., & Tania, L. (2017). Pengembangan E-Book Interaktif Berbasis Fenomena Ke-hidupan Sehari-Hari Tentang Pemisahan Campuran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6 (1), 186–198.
Kusni, K., Nasution, N., Suprijono, A., & Hendratno, H. (2021). Pengembangan Media Ebook Cergam Ber-basis Kearifan Lokal Batik Tanjung Bumi untuk Meningkatkan Karakter Siswa. Edueksos : Jurnal Pen-didikan Sosial & Ekonomi, 10(2). https://doi.org/10.24235/edueksos.v10i2.9237
Laili, Y. R., Putriani, I., & Widiastuti, S. (2021). Development of Interactive Ebook Taksi (Fiction Story) As a Media of Literary Appreciation Skills. Musamus Journal of Primary Education, 166–175. https://doi.org/10.35724/musjpe.v3i2.3499
Lucius, C. R. (2019). Potential Color Composition of Pekalongan Batik as Color Scheme for Designing Visual Communication Design. 10.
Natanegara, e. a, & Djaya, D. (2019). Batik Indonesia. Jakarta: Yayasan Batik Indonesia.
Nurainun, Heriyana, & Rasyimah. (2008). Analisis Industri Batik Di Indonesia. Fokus Ekonomi (FE), 7 (3), 124–135.
Pratiwi, A. E., Iriaji, & Prasetyo, A. R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Animasi “Ado-be Flash Professional CS6” Untuk Meningkatkan Ketertarikan Siswa SMP Negeri 1 Kalibaru terhadap Pembelajaran Seni Rupa. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Culture Studies), 7.
Purbasari, M., Luzar, L. C., & Farhia, Y. (2014). Analisis Asosiasi Kultural atas Warna. Humaniora, 5(1), 172. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.3001
Ridwan, & Akdon. (2015). Rumus dan Data dalam Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Sanuaka, I. A. W. A., Ariawan, K. U., & Sutaya, I. W. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Electronic Book (E-Book) Interaktif Multimedia dalam Mata Pelajaran Teknik Animasi 3D dan Teknik Animasi 2D Di Jurusan Multimedia SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 6 (01).
Sudjana, D. (2001). Metode Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Psdakarya.
Tambunan, T. (2016). Pengembangan Ekonomi Eksklusif. Jakarta: LP3ES.
Utomo, A. P. Y., Afriandi, A., Pramono, D., & Saputro, I. H. (2021). Optimalisasi Model Pelatihan Terpadu da-lam Penyusunan Ebook Pembelajaran sebagai Implementasi Paperless Bagi Guru di SMPN 41 Semarang. 6.
Wardani, M. A., Faiz, A., & Yuningsih, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis E-Book Melalui Pendekatan SAVI Pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Ped-agogik, 5(2), 230. https://doi.org/10.20961/jdc.v5i2.53734
Waryanto, N. H., Marwoto, B. S. H., Hernawati, K., Emut, E., & Insani, N. (2017). Pelatihan Pembuatan Buku Elektronik Interaktif. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.21831/jpmmp.v1i1.12971
Widyawati, K. M., & Patria, A. S. (2021). Perancangan Buku Batik Sekardangan sebagai Media Pelestarian Budaya Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Barik, 1, 249–260.
Yulianti, F., & Faidah, M. (2014). Kreasi tata rias pengantin muslim terinspirasi batik Lumajang dan pengantin Lumajang Sari Agung. Jurnal Tata Ruas, 03, 82.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nanda Laily Qomariyah, Iriaji, Denik Ristya Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.