Edukasi Batik di PKBM Darul Ulum Widang Untuk Meningkatkan Kreativitas Masyarakat Tuban
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p295-313Keywords:
PKBM Darul Ulum Widang, strategi pembelajaran, edukasi batikAbstract
Sebagai warisan budaya Indonesia, batik memiliki nilai historis dan artistik yang penting serta perlu dijaga keberlanjutannya. Batik bukan hanya sekadar kain bermotif indah, tetapi juga identitas bangsa dan simbol kebudayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Menyadari pentingnya melestarikan batik, PKBM Darul Ulum Widang, sebuah lembaga seni ternama di Tuban, berupaya melestarikan seni batik dan meningkatkan kreativitas masyarakat. Lembaga ini menyediakan fasilitas dan tenaga pengajar kompeten untuk pembelajaran seni batik. Penelitian ini berfokus pada sistem pembelajaran yang diterapkan di Pusat Edukasi Batik PKBM Darul Ulum Widang dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi langsung terhadap kegiatan pembelajaran, wawancara dengan instruktur dan peserta pelatihan, serta dokumentasi yang mencakup pengkajian dokumen tertulis, catatan pribadi, catatan resmi, catatan sejarah, serta gambar atau video yang mendokumentasikan proses belajar mengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem pembelajaran batik yang diterapkan di PKBM Darul Ulum Widang sangat berhasil dalam melestarikan seni batik dan meningkatkan kreativitas masyarakat. Peserta pelatihan tidak hanya belajar teknik membatik tetapi juga memahami filosofi dan nilai-nilai yang terkandung dalam setiap motif batik yang mereka buat. Dengan demikian, PKBM Darul Ulum Widang berperan sebagai pusat pembelajaran dan penjaga warisan budaya yang berharga ini.
References
Astuti, R., & Wulandari, S. (2022). Pengaruh Pendidikan Nonformal terhadap Keterampilan Abad 21. Jurnal Pendidikan dan Pengembangan.
Azwar, S. (2014). Metode Penelitian. Pustaka Pelajar.
Basaria, N. & Leonard. (2018). Model pembelajaran quantum learning dengan strategi pembelajaran tugas dan paksa. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin Hasil Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat,
Efendi, Y. K. (2017). Pelaksanaan Program Pendidikan Pelatihan di Dinas Tenaga Kerja Transmigrasidan Kependudukan Pemerintah Propinsi Jawa Timur. Jurnal Ilmiah Kependidikan, X (2).
Hidayat, D., & Syahid, A. (2019). Local Potential Development (Local Genius) In Community Empowerment. Journal Of Nonformal Education, 5(1), 1–14. Doi: 10.15294/Jne.V5i1.18343
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Belajar.
Irvan, M., Ilmi, A. M., Choliliyah, I., Nada, R. F., Isnaini, S. L. & Khorinah, S. A. (2020). Pembuatan batik shibori untuk meningkatkan kreativitas masyarakat pada masa pandemi COVID-19. Jurnal Graha Pengabdian. 2(3), 223-232.
Kosasih, N. & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum Dan Optimalisasi Kecerdasan. Penerbit Alfabeta
Majid, A. 2(013). Strategi Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
Marzuki, S. (2010). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan dan Andragogi. PT Remaja Rosdakarya.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications
Musman, A & Arni, A. B. (2011). Batik Warisan Adiluhung Nusatara. G-Media.
Nugroho, A. (2023). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Nonformal. Jurnal Teknologi Pendidikan
Pemerintah RI (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Pemerintah RI (2007). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2007 Tenteng Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Non-Formal
Pemerintah RI (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal, Permendikbud. No. 81 tahun 2013
Pemerintah RI (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan.PP Nomor 32 tahun 2013
Porter, B. D. (2010) Quantum Teaching Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Kaifa,
Rahmawati, L. D. (2016). Strategi pembelajaran batik di sanggar “intensive batik course” Tamansari Yogyakarta. UNY repository.
Santoso, E. (2016). Pengaruh penggunaan model pembelajaran quantum terhadap kemampuan berpikir kritis matematika peserta didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 55-69. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v2i1.321
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian kualitatif, Kuantitatif & RnD. Alfa Beta.
Sujiono, Y. N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. PT Indeks.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Siti Habiballah Sun'an, Hariyanto, Denik Ristya Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.