Meningkatkan Hasil Belajar Menggambar Komik Berdasarkan Fabel dengan Metode Examples Non Examples di Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p947-963Keywords:
menggambar komik, hasil belajar, metode Examples Non ExamplesAbstract
Menggambar komik merupakan pembelajaran Seni Budaya kelas VIII. Pembelajaran menggambar komik terhadap peserta didik di kelas VIII-H MTs Negeri Batu, guru sebagai fokus pembelajaran, peserta didik pasif, dan peserta didik kurang motivasi berkarya menggambar komik. Hasil belajar belum memenuhi KKM yang sudah ditetapkan, sehingga peneliti bersama dengan guru berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan tersebut dengan menerapkan metode Examples Non Examples se-bagai alternatif untuk pembelajaran menggambar komik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkat-kan capaian hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menggambar komik dengan bantuan fabel dan penerapan metode Examples Non Examples. Metode yang digunakan dalam Penelitian Tin-dakan Kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan McTaggart dengan dua siklus, di mana setiap siklusnya terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, posttes, dan dokumentasi. Hasil penelitian berupa hasil belajar ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Evaluasi pembelajaran menggambar komik dilakukan dengan menggunakan posttes dan produk akhir.
Kata kunci: menggambar komik; hasil belajar; metode Examples Non Examples
Improving Learning Outcomes in Drawing Comics Based on Fables Using the Examples Non-Examples Method in Class VIII at Public Islamic Junior High School
This study aims to improve the learning outcomes in drawing comics among students of Class VIII-H at MTs Negeri Batu through the implementation of the Examples Non-Examples method, focusing on fable-based content. The research addresses the challenges of passive student engagement and a lack of motivation in artistic creation. The current learning outcomes fall short of the established KKM (Minimum Completion Criteria). To address these issues, a collaborative effort between researchers and teachers was undertaken. The Examples Non-Examples method was employed as an alternative approach to teaching comic drawing. The study follows the Classroom Action Research (PTK) frame-work developed by Kemmis and McTaggart, encompassing two cycles consisting of four stages: planning, action, observation, and reflection. The data collection techniques employed include obser-vation, interviews, post-tests, and documentation. The study evaluates the learning outcomes in the cognitive, affective, and psychomotor domains. The post-tests and final comic products are utilized to assess the effectiveness of the learning process. By implementing the Examples Non-Examples method, this study aims to enhance students' achievement in learning to draw comics, using fable-inspired content.
Keywords: drawing comics; learning outcomes; Examples Non Examples method
References
Agustini, D. T. B. (2015). Pengaruh Penggunaan Metode Example Non Example Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Sejarah Uang pada Peserta Didik Kelas III Tahun Ajaran 2014/2015. SIMKI: Sistem Informasi Manajemen Karya Ilmiah Universitas Nusantara PGRI Kediri, 1–9.
Astriani, R. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example Berbantu Media Gaser Terhadap Keterampilan Menulis Deskripsi Siswa Kelas IV SDN Ngesrep 01. Jurnal Pendas Mahakam, 2(1), 91–99.
Astuti, T. I., Idrus, I., & Yennita. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Biologi Siswa SMP. Dilabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 5–9.
Dwiastuti, W. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Example Non Example dalam Upaya Peningkatan Prestasi belajar Seni Budaya yang Memuat Pembuatan Karya dengan Motif Flora pada Bahan Tekstil pada Siswa Kelas VII-A Semester 2 SMP Negeri 2 Campurdarat Tulungagung Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, 2(1), 190–201.
Fitriani, F. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Open Ended (Oe) dan Example Non Example Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan di Smk Swasta Jambi Medan Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern, 10(2), 1–13.
Hosni, P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Cerita Fabel Berbasis Contextual Teaching and Learning di Kelas VII MTs Pancasila [Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu]. http://repository.iainbengkulu.ac.id/9081/1/POPI%20 HOSNI.pdf
Kesumadewi, V. (2021). Keajaiban Dongeng Teori dan Praktek Mendongeng (Pertama). Cipta Media Nusantara.
Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1), 90–98. https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i1.25
Lestari, P. I., & Afifah, L. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Echt Spass dengan Tema Schule untuk Pembelajaran Bahasa Jerman Kelas X. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(11), 1532–1546. https://doi.org/10.17977/um064v1i112021p1532-1546
Linda, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Teknik Student Team Achievement Division (STAD) dipadukan dengan Contoh Non Contoh dengan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IIS 3 SMA Negeri 6 Malang [Doctoral Dissertation, Universitas Negeri Malang]. http://repository.um.ac.id/39422/
Magang, G. L. (2022). Penerapan Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya Materi Tari Tradisional Siswa Kelas III SD Gmit Air Mama Kabupaten Alor NTT [Doctoral Dissertation, Universitas Bosowa]. https://repository.unibos.ac.id/xmlui/handle/123456789/2192
Molstad, C. E., & Karseth, B. (2016). National Curricula in Norway and Finland: The Role of Learning Outcomes. European Educational Research Journal, 15(3), 329–344. https://doi.org/10.1177/1474904116639311
Muakhirin, B. (2014). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Pendekatan Pembelajaran Inkuiri pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 1, 51–57.
Muhammad, S., Bohari, B., & Suwarni, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah dengan Menggunakan Model Pembelajaran Prosedur Pengembangan Sistem Instruksional (PPSI) pada Siswa Kelas XI A di Madrasah Aliyah Swasta Al-Jihad Pontianak [Doctoral Dissertation, IKIP PGRI Pontianak]. http://digilib.ikippgriptk.ac.id/id/eprint/529
Munir, M. M. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Menggambar Komik Siswa Kelas VIII SI SMP Negeri 2 Taman Sidoarjo. RACANA: Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 2. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/racana/article/view/5205
Noviansah, A. (2020). Objek Assessment, Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(2), 136–139.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171
Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. MAGISTRA: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 6, 9.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (Pertama). Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=djX4DwAAQBAJ&lpg=PP1&ots=HZ-G2uCcE6&dq=ptk%20dari&lr&hl=id&pg=PR4#v=onepage&q&f=false
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. https://jdih.kemdikbud.go.id
Pono, F. R., & Alexander, F. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110–126. https://doi.org/10.37364/jireh.v1i2.21
Purnomo, E., Haerudin, D., Rohmanto, B., & Juih, J. (2017). Seni Budaya SMP/MTs Kelas VIII (Revisi 2017). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud. http://repositori.kemdikbud.go.id/id/eprint/5255
Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.
Sarumpaet, R. K. T., & Eyre, R. (2016). Berpikir Tentang Pembangunan Karakter Anak: Bacaan Anak Indonesia? Seminar Karakter Anak, 1–169.
Shaffira, N. (2022). Pengaruh Teknik Pembelajaran Examples Non Examples Berbasis Zoom Meeting Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Survey pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Sumatra 40 Bandung) [Doctoral Dissertation, Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/55614/
Sholikhah, A. (2016). Statistik Deskriptif Penelitian Kualitatif. Komunika: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 10(2), 342–362.
Suharyoso, K. (2020). Kreasi Komik Putar Bertema Probolinggoan dalam Menggambar Komik di SMPN 2 Gending Kabupaten Probolinggo. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 9(2), 236. https://doi.org/10.24114/gr.v9i2.19555
Supatmo, S. (2021). Meneguhkan Literasi Multikultural Melalui Pendidikan Seni: Perspektif dan Urgensi Pembelajaran Seni Budaya Abad 21 di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 4. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/818
Wahyuni, N. P. S., Widiastuti, N. L. G. K., & Santika, I. G. N. (2022). Implementasi Metode Examples Non Examples dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9 (1), 50–61.
Widari, V. F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya (Tari Rentak Bulian) dalam Metode Examples Non Examples di Kelas VIII E SMP Negeri 2 Rengat [Doctoral Dissertation, Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/7640/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nikita Putri, Hariyanto, Denik Ristya Rini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.