Pengaruh TikTok terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran Seni Budaya Di SMP Negeri 16 Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1602-1612Keywords:
Media Sosial, TikTok, Kreativitas, Seni BudayaAbstract
Abstract: Creativity is important in a learning process. Learning Arts and Culture in the sub-field of music is a course that requires creativity, both in theory and in practice. Creativity helps students solve problems, assess, update, and create works. Using TikTok as a learning medium is deemed necessary to stimulate and increase creativity because it displays creative and imaginative videos and coexists with students' lives. The study is aimed to determine the effect of TikTok on the creativity of class VIII students in Arts and Culture subjects at SMP Negeri 16 Malang. This study uses a quasi-experimental method and has a population of all class VIII students with class VIII A and VIII B as samples. The results of the tests given to both classes showed that students in the experimental class scored higher than the control class, many of which scored below the passing grade. The average score obtained from the questionnaire in the experimental class was 85,15152, higher than the control class which obtained an average score of 77,1333. The results of the hypothesis test showed the t value of 0.000<0.05, so Ha is accepted, and Ho is rejected. The linear regression test performed showed a significance value of 0.037<0.05, which means that TikTok has a significant positive effect on student creativity in Arts and Culture subjects.
Keywords: social media; TikTok; creativity; arts and culture
Abstrak: Kreativitas berperan penting dalam proses pembelajaran. Pembelajaran Seni Budaya sub bidang seni musik merupakan pelajaran yang memerlukan kreativitas dalam teori maupun praktik. Kreativitas membuat siswa mampu memecahkan masalah, menilai, membaharui, dan menciptakan karya. Pengintegrasian TikTok sebagai media pembelajaran dirasa penting untuk merangsang dan meningkatkan kreativitas karena merupakan media yang berdampingan dengan kehidupan siswa dengan menampilkan video kreatif dan imajinatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh TikTok terhadap kreativitas siswa kelas VIII pada mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 16 Malang. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental dan memiliki populasi yaitu semua siswa kelas VIII dengan kelas VIII A dan VIII B sebagai sampel. Hasil tes yang diberikan kepada kedua kelas mendapatkan hasil bahwa siswa pada kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang mendapat nilai lebih banyak di bawah KKM. Hasil rata-rata skor yang diperoleh dari angket pada kelas eksperimen sebesar 85.15152 lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memperoleh rata-rata skor 77.1333. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t 0,000<0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Uji regresi linear yang dilakukan menunjukkan nilai signifikansi 0,037<0,05 yang memiliki arti bahwa media sosial TikTok mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap kreativitas siswa pada mata pelajaran Seni Budaya.
Kata kunci: media sosial; TikTok; kreativitas; seni budaya
References
Campbell, D. (2012). Mengembangkan kreativitas (adapted by A.M Mangunhardjana). Jakarta: Kanisius.
Erikasari. (2019). Peranan motivasi, kreativitas dalam proses belajar dan pembelajaran. E-Tech: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2).
Fanaqi, C. (2021). TikTok sebagai media kreativitas di masa pandemi COVID-19. Jurnal Dakwah, 22(1), 105–130. Retrieved from https://ejournal.uin-suka.ac.id/dakwah/jurnaldakwah/article/view/1978
Fatmawiyati, J. (2018). Telaah kreativitas (Unpublished master’s article, Universitas Airlangga, Surabya, Indonesia). Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/328217424_TELAAH_-KREATIVITAS
Ferniansyah, A., Nursanti, S., & Nayiroh, L. (2021). Pengaruh media sosial Tiktok terhadap kreativitas berpikir generasi z. Syntax Literate, 6(9).
Kidi. (2018). Teknologi dan aktivitas dalam kehidupan manusia (sebuah tinjauan). Retrieved from https://bpsdmd.ntbprov.go.id/wp-content/uploads/2018/05/Teknologi-dan-aktivitas-dalam-kehidupan-manusia.pdf
Lestari, I. & Zakiah, L. (2019). Kreativitas dalam konteks pembelajaran. Bogor: Erzatama Karya Abadi.
Mardhiyana, D., & Sejati, E. O. W. (2016). Mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan rasa ingin tahu melalui model pembelajaran berbasis masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21686
Marini, R. (2019). Pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Lab. Lampung Tengah (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Bandar Lampung, Indonesia). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/8430/
Munandar, U. (2009). Pengembangan kreativitas anak berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.
Nasrullah, R. (2015). Media sosial perspektif komunikasi, budaya dan sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 13(1), 80–86. doi: https://doi.org/10.24036/tip.v13i1.277
Prehatiningsih, A., Palupi, W., & Syamsuddin, M. M. (2018). Pengaruh permainan musikal terhadap kreativitas musik anak usia 5-6 tahun. Kumara Cendikia, 6(4), 282–289.
Prianbodo, B. (2018). Pengaruh “Tiktok” terhadap kreativitas remaja Surabaya (Unpublished undergraduate thesis, Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi almamater Wartawan Surabaya, Surabaya, Indonesia). 1–83.
Qodir, A. (2017). Teori belajar humanistik dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pedagogik, 4(2), 188–202. Retrieved from https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/view/17
Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran sains dengan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 106–110.
Rahmawati, I. (2017). Pengaruh media sosial Tik Tok terhadap prestasi belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Panjangrejo Kabupaten Bantul. Pedagogos, 3(2).
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Taubah, M. (2020). Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 57–66. doi: https://doi.org/10.35891/mu’allim.v2i1.2201
Usmadi, U. (2020). Pengujian persyaratan analisis (uji homogenitas dan uji normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. doi: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Valiant, V. (2020). Pengelolaan konten Tiktok sebagai media informasi (studi deskriptif kualitatif mengenai pengelolaan konten tiktok pada akun @ iben_ma) (Unpublished undergraduate article, Universitas Persada Indonesia Y.A.I., Jakarta, Indonesia).
Warpindyastuti, L. D., & Sulistyawati, M. E. S. (2018). Pemanfaatan teknologi internet menggunakan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi dan promosi pada MIN 18 Jakarta. Widya Cipta, 2(1), 91–95. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta/article/view/2971
Wicaksono, H. Y. (2009). Kreativitas dalam pembelajaran musik. Cakrawala Pendidikan, 1(2019), 1–12. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/42
Wulandari, D., Rahayuningtyas, W., & Widyawati, I. W. (2021). Pengaruh model project base learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi bermain alat musik sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 320–330. doi: https://doi.org/10.17977¬/um064v1i32021p320-330
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Restin Saputri Ue Raja, Tri Wahyuningtyas, Ika Wahyu Widyawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.