Pengembangan Antologi Cerpen Suara Batin Berbasis Nilai-Nilai Pancasila bagi Remaja
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1543-1557Keywords:
nilai-nilai Pancasila; antologi cerpen; 4DAbstract
Abstract: The case of a brawl between two teenager groups in Central Jakarta because they offended each other on social media shows a lack of understanding of the sense of unity. An anthology of Suara Batin short stories acts as a solution in introducing the values of Pancasila to teenagers. The purpose of this research are: 1) to describe the needs analysis on the development of the Suara Batin short story anthology; 2) to describe the process of developing the short story anthology; and 3) to describe the results of validation on the short story anthology. This research method is research and development with a 4D model. The results of this research are: 1) a definition of the need for the development of an anthology of Suara Batin short stories which is sourced from ten online news articles and interviews with a member of the Pemuda Pancasila organization; 2) producing the anthology of Suara Batin short stories; and 3) a short story anthology got percentage scores of 74.98, and 89 based on validation by Indonesian language and literature experts, Pancasila education experts, and design experts. The average validity of the three validations got very decent criteria with a percentage score of 88.
Keywords: Pancasila values; short story anthology; 4D
Abstrak: Kasus tawuran antara dua kelompok remaja di Jakarta Pusat karena saling tersinggung di media sosial menunjukkan kurangnya pemahaman terhadap rasa persatuan. Antologi cerpen berjudul Suara Batin bisa berperan sebagai salah satu solusi dalam mengenalkan nilai-nilai Pancasila kepada remaja. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan terhadap pengembangan antologi cerpen Suara Batin; 2) mendeskripsikan proses pengembangan antologi cerpen Suara Batin; dan 3) mendeskripsikan hasil validasi oleh ahli terhadap karya antologi cerpen Suara Batin. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model 4D. Hasil penelitian ini adalah: 1) definisi kebutuhan terhadap pengembangan antologi cerpen berjudul Suara Batin yang bersumber dari sepuluh artikel berita online dan wawancara kepada salah satu anggota organisasi Pemuda Pancasila; 2) menghasilkan produk antologi cerpen berjudul Suara Batin; dan 3) buku antologi cerpen Suara Batin mendapatkan skor persentase sebesar 74,98, dan 89 berdasarkan validasi oleh ahli di bidang bahasa dan sastra Indonesia, ahli di bidang pendidikan Pancasila, dan ahli di bidang desain. Rata-rata kevalidan dari ketiga validasi tersebut mendapatkan kriteria sangat layak dengan skor persentase sebesar 88.
Kata kunci: nilai-nilai Pancasila; antologi cerpen; 4D
References
Adha, M. M., & Susanto, E. (2020). Kekuatan Nilai-nilai Pancasila dalam Membangun Kepribadian Masyarakat Indonesia. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 121–138. DOI: https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.319.
Agustiani, Riza. (2016). Pengembangan Cerita Pendek (Cerpen) Matematika untuk Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Sama. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 2(2), 161-180. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jpmrafa/article/view/1246.
Alawi, Al Muhlis. (2022). Beredar Video Mesum Sepasang Remaja di Madiun, Polisi Periksa Guru dan Pemeran Perempuan, (Online), (https://surabaya.kompas.com/read/2022/04/12/195636078/beredar-video-mesum-sepasang-remaja-di-madiun-polisi-periksa-guru-dan), diakses 09 Mei 2022.
Andre, Joy. (2022). Diduga Depresi, Seorang Remaja Ditemukan Tewas Gantung Diri di Cikarang, (Online), (https://megapolitan.kompas.com/read/2022/05/09/21045091/diduga-depresi-seorang-remaja-ditemukan-tewas-gantung-diri-di-cikarang?page=all), diakses 09 Mei 2022.
Anggraini, D., Fathari, F., Anggara, J. W., & Ardi Al Amin, M. D. (2020). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Bagi Generasi Milenial. Jurnal Inovasi Ilmu Sosial Dan Politik, 2(1), 11. DOI: https://doi.org/10.33474/jisop.v2i1.4945.
Antara. (2022). Dua Begal yang Tewaskan Wanita di Cikarang Remaja 16 dan 17 Tahun, (Online), (https://metro.tempo.co/read/1575076/dua-begal-yang-tewaskan-wanita-di-cikarang-remaja-16-dan-17-tahun#:~:text=Sabtu%2C%2026%20Maret%202022%2011%3A05%20WIB&text=TEMPO.CO%2C%20Jakarta%20%2D%20Polda,%2C%20dan%20N%2C%2017%20tahun), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Aziz, Fatkhul. (2020). Pengembangan Cerpen Tematik Tema Menyayangi Tumbuhan Dan Hewan Menggunakan Aplikasi Powtoon Berbasis Video. Dimar: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 035-052. Retrieved from http://ejournal.stit-almubarok.ac.id/index.php/DIMAR/article/view/40.
Dharma, Aditya I. M. (2019). Pengembangan Buku Cerita Anak Bergambar dengan Insersi Budaya Lokal Bali Terhadap Minat Baca dan Sikap Siswa Kelas V SD Kurikulum 2013. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 53–63. DOI: https://doi.org/10.23887/jlls.v2i1.17321.
Ellunar. (2022). 5 Tahap Utama Proses Penerbitan Ellunar, (Online), (https://www.ellunarpublisher.com/p/kirim-naskah.html?m=1), diakses 12 Mei 2022.
Fitriana, Ika (2022). Remaja 15 Tahun di Magelang Bunuh Bayi yang Baru Dilahirkan Setelah Gagal Aborsi, (Online),(https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/071635678/remaja-15-tahun-di-magelang-bunuh-bayi-yang-baru-dilahirkan-setelah-gagal?page=all), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Adil Indonesia Jurnal, 2, 13–23. Retrieved from http://jurnal.unw.ac.id:1254/index.php/AIJ/article/view/370
Heri. (2019). Menggagas Sebuah Cerpen. Semarang: ALPRIN.
Kartikasari, A,. & Suprapto, E. (2018). Kajian Kesusastraan (Sebuah Pengantar). Magetan: CV. Ae Media Grafika.
Kosasih. (2008). Apresiasi Sastra Indonesia. Jakarta: Nobel Edumedia.
Kunlathifah, Ummi. (2017). Pengembangan Media Cerpen dalam Bentuk Mini Book pada Materi Sistem Pencernaan Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Kusuma, Wijaya. (2022). Kelima Penyerang Anak Anggota DPRD Kebumen hingga Tewas Tergabung dalam Geng Sekolah, (Online), (https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/04/11/180501778/kelima-penyerang-anak-anggota-dprd-kebumen-hingga-tewas-tergabung-dalam?page=all), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Majelis Permusyawaratan Rakyat. (1978). Ketetapan MPR RI Nomor II/MPR/1978 Tentang Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila (Ekaprasetya Pancakarsa). TAP MPR No II/MPR/1978, II, 4.
Maulana, Farih. (2019). Tawuran Dipicu Aksi Saling Tantang di IG, Nyawa Pemuda di Jaksel Melayang, (Online),(https://news.detik.com/berita/d-4531333/tawuran-dipicu-aksi-saling-tantang-di-ig-nyawa-pemuda-di-jaksel-melayang), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Muchlis. (2022). Gara-gara Tersinggung, 3 Remaja di Surabaya Keroyok Anak di Bawah Umur hingga Tewas, (Online), (https://surabaya.kompas.com/read/2022/03/29/162630878/gara-gara-tersinggung-3-remaja-di-surabaya-keroyok-anak-di-bawah-umur?page=all), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Nurgiyantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Oktaviana, Eva & Ayuningrum, Syamzah. (2020). Pengembangan Cerita Pendek Menggunakan Media Gambar Grafis untuk Siswa SD. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 4(2), 186-196. DOI: https://doi.org/10.20961/jdc.v4i2.44538.
Pati, Andi Kiki. (2022). Sakit Hati Balihonya Dicopot, Remaja di Konawe Selatan Bakar Kios Neneknya, (Online),(https://regional.kompas.com/read/2022/04/05/075259478/sakit-hati-balihonya-dicopot-remaja-di-konawe-selatan-bakar-kios-neneknya), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Putra, YK Aji. (2022). Kesal Selalu Dimarahi, Remaja di Sumsel Aniaya Bapak Kandung hingga Babak Belur, (Online),(https://regional.kompas.com/read/2022/04/25/171020878/kesal-selalu-dimarahi-remaja-di-sumsel-aniaya-bapak-kandung-hingga-babak), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Ria, Astina., Rusman., & Nazar, Muhammad. (2016). Pengembangan Media Cerpen dalam Pembelajaran Kimia pada Materi Zat Aditif pada Makanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTsN Rukoh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 1(3), 1-8. Retrieved from http://www.jim.unsyiah.ac.id/pendidikan-kimia/article/view/1292.
Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Salmaa. (2021). Pengertian Sinopsis, Unsur-Unsur, dan Skema Pembuatannya, (Online), (https://penerbitdeepublish.com/pengertian-sinopsis/), diakses tanggal 12 Juli 2022.
Sarbaini, & Fahlevi, R. (2018). Pendidikan Pancasila Pendekatan Berbasis Nilai-Nilai. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Siyoto, Sandu & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiarto, Eko. (2014). Mahir Menulis Cerpen: Panduan bagi Pelajar. Yogyakarta: Suaka Media.
Sugiyono, D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahrul, Ninawati. (2017). Sastra Remaja (Teenlit) sebagai Media Alternatif dalam Meningkatkan Budaya Literasi. PARFRASE: Jurnal Kajian Kebahasaan dan Kesastraan, 17(2), 9-19. DOI: https://doi.org/10.30996/parafrase.v17i2.1367.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Wildansyah, Samsuduha. (2019). Janjian Tawuran Via Medsos, Seorang Remaja di Jakpus Tewas Dibacok, (Online), (https://news.detik.com/berita/d-4537818/janjian-tawuran-via-medsos-seorang-remaja-di-jakpus-tewas-dibacok), diakses tanggal 09 Mei 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Nurvita Arini, Cicik Tri Jayanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.