Pengaruh Model Project Base Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari

Authors

  • Dwi Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Wida Rahayuningtyas Universitas Negeri Malang
  • Ika Wahyu Widyawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330

Keywords:

Model Project Base Learning, kemampuan berpikir kreatif

Abstract

Abstract: Creative thinking is the ability used to solve a problem with ideas that are owned by an individual. Learning the Art of Music is learning that requires creativity and creative thinking in the learning process, especially in the practice of playing musical instruments. To develop creative thinking skills in playing musical instruments, it is necessary to apply a Project Base Learning Model that can encourage students to express their ideas and creativity in solving problems. This study aims to determine the effect of Project Base Learning Model on students' creative thinking skills in playing simple musical instruments at SMP Negeri 3 Singosari. This research is a Quasi Experiment. The population in this study were all grade VII students of SMP Negeri 3 Singosari with a sample of class VII H and VII I SMPN 3 Singosari who were taken randomly. The hypothesis test results obtained a statistical value t count of -3,775 or 3,775. This value is more than the t table, so the null hypothesis is rejected. The average difference between the experimental and control groups was 0.184 with an average gain score of the experimental group being higher than the control group. These results indicate that the class average score using the project base learning  model is higher than the class that does not use the project base learning model.

Keywords: Model Project Base Learning, creative thinking ability

Abstrak: Berpikir kreatif adalah kemampuan yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah dengan ide-ide yang dimiliki oleh seorang individu. Pembelajaran Seni Musik merupakan pembelajaran yang membutuhkan kreativitas dan berpikir kreatif dalam proses pembelajarannya terutama pada praktik bermain alat musik. Untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dalam bermain alat musik, perlu diterapkan Model Project Base Learning yang dapat mendorong siswa untuk mengekspresikan ide-ide dan kreativitas mereka dalam menyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Project Base Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dalam bermain alat musik sederhana SMP Negeri 3 Singosari. Penelitian ini adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Singosari dengan sampel kelas VII H dan VII I SMPN 3 Singosari yang diambil secara acak. Hasil uji hipotesis didapatkan nilai statistik t hitung sebesar -3,775 atau 3,775. Nilai tersebut lebih dari t table, sehingga hipotesis nol ditolak. Perbedaan rata-rata antara kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,184 dengan rata-rata gain score kelompok eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hasil tersebut menyatakan bahwa nilai rata-rata kelas yang menggunakan model project base learning lebih tinggi daripada kelas yang tidak menggunakan model project base leraning.

Kata kunci: Model Project Base Learning, kemampuan berpikir kreatif

References

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2010). A taxonomy for learning, teaching, and assesing: A revision of Bloom’s taxonomy of educational objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Armayanti, R. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1), 11-21

Barret, M. (2003) ‘Musical children, musical lives, musical worlds’, in Wright, S. (Ed.), Children, Meaning-Making and the Arts (63–85). Frenchs Forest, NSW: Pearson Prentice Hall

Daulae, T.H. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif. Forum Paedagogik, 6(2). 131-149

Hanafy, M.S. (2014). Konsep belajar dan pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1), 66-79

Heldanita. (2018). Pengembangan kreativitas melalui eksplorasi. Golden Age: Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 3(1), 53-63

Hosnan. (2014). Pendekatan saintifik dan kontekstual dalam pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia

Jakni. (2016.) Metodologi penelitian eksperimen bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta

Lau, W.C.M. & Grieshaber, S. (2010). Musical free play: A case for invented musical notation in a Hong Kong kindergarten. British Journal of Music Education, 27(2), 127-140

Mullis, I.V.S., Martin, M.O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMS 2011 international result in mathematics. Amsterdam: International Association for Evaluation of Education Achievement.

Noviyana, H. (2017). Pengaruh model project base learning terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. e-DuMath: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 110¯117

Prehatiningsih, A., Palupi, W., & Syamsudin, M.M. (2018). Pengaruh permainan musikal terhadap kreativitas musik anak usia 5-6 tahun. Jurnal UNS, 6(4), 282-289

Rahman, R. (2012). Hubungan antara self-concept terhadap matematika dengan kemampuan berpikir kreatif matematika siswa. Infinity: Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1(1), 19-30

Rupalestari, D., & Prabawanto, S. (2020). Students’ creative thinking skill and its influential factors in quadrilateral topic viewed by students’ cognitive. Journal of Physics: Conference Series, 1521(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1521/3/032054

Sudijono, A. (2015). Pengantar evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Herlanti, Y. (2014). Buku saku (tanya jawab seputar penelitian pendidikan sains). Jakarta: Universitas Syarif Hidayatulah

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Wulandari, D. ., Rahayuningtyas, W. ., & Widyawati, I. W. . (2021). Pengaruh Model Project Base Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif pada Materi Bermain Alat Musik Sederhana di SMP Negeri 3 Singosari. Journal of Language Literature and Arts, 1(3), 320–330. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p320-330

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>