Strategi Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ansambel Musik Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p406-419Keywords:
strategi pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar, Ansambel MusikAbstract
Salah satu faktor keberhasilan dalam pembelajaran di dalam kelas ialah menggunakan strategi pembelajaran yang tepat. Namun, pada kenyataannya penggunaan strategi pembelajaran di SMPN 1 Tanggul masih dirasa belum optimal. Salah satu faktor yang menjadi penyebabnya adalah keterbatasan guru dalam memahami strategi pembelajaran. Oleh sebab itu, peneliti menerapkan strategi pembelajaran kontekstual dalam penelitian ini. Penelitian ini dilaksanakan dengan menerapkan metode penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII B SMPN 1 Tanggul. Penelitian ini membutuhkan waktu dua siklus untuk menyelesaikan masalah pembelajaran yang ditemukan. Pada setiap siklusnya, terdapat beberapa tahapan yang harus dilakukan, yaitu tahap perencanaan, tahapan pelaksanaan, pengamatan, serta refleksi. Pada siklus satu, ditemukan data belajar siswa masih belum menunjukkan pencapaian yang signifikan dan diperlukan adanya perbaikan pada siklus dua. Setelah dilakukan tindakan lanjutan pada siklus dua diperoleh data peningkatan nilai hasil belajar siswa. Sebelumnya, pada siklus satu, diperoleh nilai sebesar 75,37 dan meningkat pada siklus dua menjadi 88,60. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 13,23. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kontekstual berhasil mengatasi masalah pembelajaran di kelas VII B SMPN 1 Tanggul dan terdapat peningkatan hasil belajar Seni Budaya materi ansambel musik.
Kata kunci: strategi pembelajaran; pembelajaran kontekstual; hasil belajar
Contextual Learning Strategies to Improve Student Musical Ensemble Learning Outcomes in Junior High Schools
One of the success factors in learning in the classroom is using the right learning strategy. However, in reality the use of learning strategies at SMPN 1 Tanggul is still not optimal. One of the contributing factors is the teacher's limitations in understanding learning strategies. Therefore, researchers apply contextual learning strategies in this study. This research was carried out by applying the classroom action research method with the research subjects being class VII B students of SMPN 1 Tanggul. This research takes 2 cycles to solve the learning problems found. In each cycle there are several stages that must be carried out including the planning stage, the implementation stage, observation, and reflection. Cycle I found that student learning data still did not show significant achievement and needed improvement in cycle 2. After further action was taken in cycle II, data was obtained on increasing the value of student learning outcomes where previously in cycle I the score was 75.37 and increased in cycle 2 be 88,60. This means that there is an increase in the average value of 13.23. From these results it was concluded that the application of contextual learning strategies succeeded in overcoming learning problems in class VII B of SMPN 1 Tanggul and there was an increase in learning outcomes in arts and culture material for musical ensembles.
Keywords: learning strategies; contextual learning; learning outcomes.
References
Agustin, N. P. I, Wijayanti, P. H., & Muyassaroh, L. U. (2021). Xǐhuān xuéxí hànyǔ: Buku Ajar Bahasa Mandarin Berbasis Pendekatan Kontekstual. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(11), 1586–1606. https://doi.org/10.17977/um064v1i112021p1586-1606
Alisa, Y., Yennita, Y., & Irawati, S. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP menggunakan Model Problem Based Learning. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 113–120. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.113-120
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2015). Penelitian tindakan kelas (edisi revi). PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=-RwmEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=arikunto&ots=TCRm_T8dlY&sig=nsiJGaf-eyeWxkhHZKfux9TYm4w&redir_esc=y#v=onepage&q=arikunto&f=false
Budiana, I., & Dkk. (2022). Strategi Pembelajaran (M. P. Dr. Moh. Badrih, S.Pd. (ed.)). CV Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=xvVcEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR2&dq=strategi+pembelajaran&ots=aO74bduCEJ&sig=JtL6C77z8TnG-bexcAyjRot0aMI&redir_esc=y#v=onepage&q=strategi pembelajaran&f=false
Fauzi, N. H. (2013). Strategi Pembelajaran Kontekstual Pada Proses Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa Smp Negeri 1 Playen Gunungkidul. S1 Thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Fimansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Artikle, vol 3 no 1, 11. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/199
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25. https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Kadir, A. (2013). Konsep Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah. Dinamika Ilmu, 13(1), 17–38. http://journal.iain-samarinda.ac.id/index.php/dinamika_ilmu/article/view/20
Kristi, F. V. (2017). Penerapan Model Jigsaw Dengan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Seni Tari untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa: (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII-A SMP Muhammadiyah 6 Bandung). S1 Thesis, Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/29705/
Lasmanah, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Kooperatif Teknik Think Pair Share (Tps) (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas VII-A SMPN Sukasari Sumedang”. Jurnal Analisa, 2(3), 18. https://doi.org/10.15575/ja.v2i3.1221
Mualimin. (2014). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Praktik. http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Pangastuti, R. K. M. (2018). Penilaian Acuan Norma, Penilaian Acuan Patokan, Kriteria Ketuntasan Minimal Di Madrasah Ibtidaiah An-Nur Plus Junwangi Krian Sidorajo Jawa Timur. Artikle.
Puspitasari, Y., & Nurhayati, S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 93–108. https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.20
Putra, Y. A. (2020). Penerapan Metode Kodaly dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Notasi Lagu di Kelas VIII-A SMP Negeri 1 Wates Kabupaten Kediri. Universitas Negeri Malang.
Rahayuningtyas, W. (2013). Pengemasan Bahan Ajar Tari Topeng Teaching Material Packaging of Malang Mask Dance in Malang Dance Vocation Subject. HARMONIA - Jurnal Pengetahuan dan Pemikiran Seni, 13(1), 29–36.
Rahayuningtyas, W. (2022). The presentation structure of “Lahire Naga Tahun” in Wayang Topeng Malang theatrical dance. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 50(1), 87-97. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um015v50i12022p87
Rahmaini. (2020). Strategi Pembelajaran Kontekstual Masa COVID-19 Berbasis Pendekatan Saintifik Bagi Anak Usia Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Islam.
Sanjaya, R. E. (2017). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga Bilangan Romawi Di Kelas IV Sekolah Dasar. Skripsi, 7–33. http://repository.ump.ac.id/id/eprint/4352
Sarminah, S. (2018). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas VI SD Negeri 004 Tembilahan Kota Kecatamatan Tembilahan. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(2), 293. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i2.5079
Slameto, S. (2015). Implementasi Penelitian Tindakan Kelas. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(3), 47. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i3.p47-58
Sudana, I. D. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. 1(2), 164–173.
Suryani, E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Think Pair Share pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Mataram. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 4(2). https://doi.org/10.33394/jk.v4i2.1122
Tiyas, C. W., Retnantiti, S., & Sakti, K. F. L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual untuk Melatih Keterampilan Menulis Kalimat dalam Bahasa Mandarin bagi Siswa Kelas XI Lintas Minat SMAN 6 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1470–1482. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1470-1482
Triyadi, S. (2015). Efektivitas Penggunaan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Keterampilan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Unsika, 3(2), 188–199. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/215
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ilham Hadi Arbain, Wida Rahayuningtyas, Tutut Pristiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.