Tari Remo Putri pada Ludruk Lerok Anyar Karya Marsam Hidayat
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p630-646Keywords:
Ludruk, Pertunjukan, Struktur Koreografi, Tari RemoAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang Tari Remo Putri yang membuka pertunjukan Ludruk Lerok Anyar. Tari Remo Putri karya Marsam ini memiliki karakter dan keunikan melalui gerak tarinya. Akan tetapi, sangat banyak penonton yang tidak mengetahui hal tersebut sehingga tari ini kurang mendapatkan apresiasi dari masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur koreografi Tari Remo Putri pada Ludruk Lerok Anyar karya Marsam Hidayat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawan-cara, dan dokumentasi. Data tersebut diolah dan divalidasi sehingga mendapatkan data lapangan yang valid. Hasil penelitian ini meliputi (1) asal-usul Tari Remo Putri pada Ludruk Lerok Anyar karya Marsam Hidayat; (2) terdapat 19 ragam gerak dalam tari ini; (3) terdapat motif gerak yang terdiri dari motif dinamis, statis, dan tata urutan gerak; (4) notasi iringan tari; (5) terdapat 2 macam properti; (6) terdapat 9 bagian tata busana; dan (7) tata rias tari ini menggunakan karakter tata rias cantik.
Kata kunci: Ludruk, pertunjukan, struktur koreografi, Tari Remo
Remo Putri Dance in Lerok Anyar Ludruk By Marsam Hidayat
This research examines the Remo Putri Dance which opens the Ludruk Lerok Anyar show. The Remo Putri dance by Marsam has character and uniqueness through its dance moves. However, there are very many audiences who do not know this, so this dance does not get appreciation from the public. The purpose of this study was to describe the choreographic structure of the Remo Putri Dance on Ludruk Lerok Anyar by Marsam Hidayat. The research method was processed qualitatively and obtained through several stages of data collection techniques, namely observation, interviews, and documentation. The data is processed and validated so as to obtain valid field data that can assist the continuation of the research. The results of this study include (1) the origins of the Remo Putri Dance from Marsam Hidayat's Ludruk Lerok Anyar; (2) there are 19 variations of motion in this dance; (3) there are motion motifs consisting of dynamic, static, and sequencing movements; (4) notation of dance accompaniment; (5) there are 2 kinds of properties; (6) there are 9 parts of fashion; and (7) this dance makeup uses beautiful makeup characters.
Keywords: Ludruk, performance, choreographic structure, Remo dance
References
Adiluhung. (2020). Majalah Adiluhung Edisi 24: Wayang, Keris, Batik, dan Kuliner Tradisional. Surakarta: PT Daniasta Perdana.
Agustin, N. D. & Lutfiati, D. (2020). Kajian Bentuk dan Makna Tata Rias Tari Bedhaya Bedhah Madiun di Pura Mangkunegaran Surakarta. E-Journal, 09(1), 84–91. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-rias/article/view/32787
Apriliani, U., & Wilujeng, B. (2020). Bentuk dan Makna pada Tata Rias Busana serta Aksesoris Tari Remo Jombangan. E-Journal, 09(1), 97–106.
Asyari, P., & Sumiati, L. (2020). Struktur Tari Wayang ‘Antareja’ Gaya Sumedang Hasil Transformasi Iyus Rusliana. Jurnal Makalangan, 212, 58–68.
Doriza, S., & Putri, V. U. G. (2014). Pemanfaatan Limbah Botol Plastik Melalui Pelatihan Wirausaha Produk Aksesoris bagi Ibu Rumah Tangga. Sarwahita, 11(2), 99. https://doi.org/10.21009/sarwahita.112.07
Fitri, N. P. (2021). Bentuk dan Eksistensi Ludruk Armada Malang pada Masa Pandemi Covid-19. APRON, 9(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/41603
Gelar, A., & Handayaningrum, W. (2018). Kreasi Bentuk Tari Remo Gandrung pada Ludruk Irama Baru di Balongbendo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Solah, 8(2), 1–13. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/solah/article/view/29378
Hidajat, R. (2013). Kreativitas Koreografi. Malang: Surya Pena Gemilang.
Hidajat, R. (2017a). Beskalan: Asal Usul, Teknik, dan Makna Seni Pertunjukan Tradisional di Malang Jawa Timur. Malang: Universitas Negeri Malang.
Hidajat, R. (2017b). Tari Remo & Tari Beskalan Kajian Strukturalisme Model Levi-Strauss. Terob: Jurnal pengkajian dan penciptaan seni, 7(2). https://jurnalterob.stkw-surabaya.ac.id/index.php/TEROB/article/view/9/3.
Husna, N., Kurnita, T., & Hartati, T. (2018). Fungsi dan Penyajian Tarian Ratoh Duek pada Sanggar Seni Seulaweuet. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik, 3(2), 173–182. https://jim.usk.ac.id/sendratasik/article/download/9648/3927.
Kristiana, D. (2015). Analisis Struktur Gerak Tari Trayutama. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang). Diperoleh dari http://lib.unnes.ac.id/21960/.
Lisbijanto, H. (2013). Ludruk. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Magdalena, H. D., Fianto, A. Y. A., & Hidayat, W. (2015). Penciptaan Buku Ilustrasi Tentang Tari Remo sebagai Upaya Pengenalan Kepada Anak-Anak. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 4(2). http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/983.
Maharani. (2018). Keraton Kadriyah Kota Pontianak.
Miroto, M. (2022). Dramaturgi Tari. Yogyakarta: Badan Penerbitan ISI Yogyakarta.
Purnomo, J. E., & Yandra, Z. (2021). Buku Siswa Seni Budaya SMA/MA Kelas 10. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Sari, A. T. R. & Wahyudi, W. (2017). Rekonstruksi Gerak Pada Tari Remo Tawi Jombang. Joged, 8(2), 577–590. https://doi.org/10.24821/joged.v8i2.1890
Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian: Kualitatif, Kuantitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Suryanto, J. A., & Karnadi, H. (2013). Perancangan Buku Tata Rias, Kostum, dan Gerak Tari Beskalan Putri Malang (Doctoral dissertation, Petra Christian University).
Thowok, D. N. (2012). Stage Make-Up. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sulaiman. (2015). Struktur Gerak Tari Remo Tembel Desa Jatiguwi Kecamatan Sumberpucung Kabupaten Malang (gaya sulikah). (Tesis, Universitas Negeri Malang).
Utami, S., & Malini, I. G. A. (2019). Kajian Busana Tari Rejang Dewa di Desa Pedawa. Jurnal Da Moda, 1(1), 1–5. https://doi.org/10.35886/damoda.v1i1.49
Wahyu, D., & Abdillah, A. (2022). Karakteristik Bentuk Pertunjukan Ludruk Karya Baru Mojokerto. APRON, 10(1). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/apron/article/view/46321.
Winarno, W., & Aryanto, H. (2016). Kostum Visual Tari Remo Sebagai Sumber Inspirasi Belajar Kearifan Lokal. Jurnal Dimensi Seni Rupa Dan Desain, 12(1), 11–22. https://doi.org/10.25105/dim.v12i1.66
Yeniningsih, T. K. (2018). Pendidikan Seni Tari. Banda Aceh: Syah Kuala University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Reza Adinda Hadiantika, Robby Hidajat, Tutut Pristiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.