Strategi Pembelajaran Biola di Citra School of Music
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i82024p822-832Keywords:
strategi pembelajaran, biola, metode, Citra School of Music, pendidikan nonformalAbstract
Perkembangan terjadi akibat adanya pemikiran baru oleh generasi muda yang berjiwa seni tanpa mengubah tradisi yang sudah ada. Festival Nasional Reyog Ponorogo mengalami perkembangan setiap tahunnya, mencakup gerak, penari, tata rias, busana, properti tari, tata lampu, sistem suara, dan tempat pertunjukan. Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan perkembangan Festival Nasional Reyog Ponorogo secara sistematis, faktual, akurat, dan sesuai fakta. Penulisan penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan hasil berupa deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi langsung dengan narasumber, yaitu: Marji (seniman reyog dan komposer), Afif Kurniawan (koreografer), Rizal Pahlevi (koreografer muda), Ikke Fislela M.J. (penari), dan Mila Pranesti (penari). Hasil penelitian meliputi: 1) sejarah Reyog Ponorogo; 2) perkembangan Festival Nasional Reyog Ponorogo; 3) Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun 2016-2019 periode pertama (sebelum COVID-19); 4) Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun 2020-2021 periode kedua (masa COVID-19); 5) Festival Nasional Reyog Ponorogo tahun 2022 periode ketiga (sesudah COVID-19); dan 6) faktor yang mempengaruhi perkembangan kemasan pertunjukan. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah mendeskripsikan secara lebih mendalam dan rinci, agar dapat memperkaya referensi bacaan bagi peneliti di masa depan.
References
Azizah, N. R. L. (2017). Pembelajaran biola pada ekstrakurikuler orkestra di SMP Negeri 6 Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik UNESA, 5(1), 1-16.
Banoe, P. (2003). Kamus musik. Kanisius.
Christina, R. (2017). Bentuk pembelajaran biola pada kelompok biola 2 di Ansambel Vox Dei Surabaya. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 5(1).
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Dewi, N. M. P., Ardini, N. W., & Wiyati, W. S. (2023). Pembelajaran biola pada repertoar Minuet 2 karya Js Bach di Amabile Music Studio. Melodious: Journal of Music, 2(2), 59-65.
Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (Eds.). (2018). The SAGE handbook of qualitative research (5th ed.). SAGE Publications.
Hamdayama, J. (2016). Metodologi pengajaran. Bumi Aksara.
Ishak. (2013). Perencanaan pengajaran. STAIN Manado Press.
Jihad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi pembelajaran. Multi Pressindo.
Majid, A. (2016). Strategi pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Marzuki, M. S. (2009). Pendidikan nonformal bukan residu (M.G. Waseso). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Marzuki, M. S. (2010). Dimensi-dimensi pendidikan nonformal (M.G. Waseso). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Martopo, H. (2005). Metode pembelajaran biola ditinjau dari perspektif quantum. Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni, Pascasarjana ISI Yogyakarta.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi). PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 127-138. Retrieved from https://jurnal.kominfo.go.id
Mulyono, P. V., Hagijanto, A. D., & Maer, B. D. A. (2018). Perancangan buku pembelajaran biola untuk anak usia 5-8 tahun. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333-350. Retrieved from http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.
Prabasari, Y. G. D., & Wafa, M. U. (2018). Strategi pembelajaran biola pada anak di Beethoven Musik Course. Jurnal Seni Musik, 7(1), 48-56.
Qasim, M. (2016). Perencanaan pengajaran dalam kegiatan pembelajaran. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484-491. Retrieved from http://journal.uin-alaudin.ac.id
Rahmat, P. (2009). Penelitian kualitatif. Equilibrium, 5(9), 1-8. Retrieved from yusuf.staff.ub.ac.id
Rusman. (2013). Model-model pembelajaran. Rajawali Pers.
Sanjaya, W. (2008). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
Somantri, G. (2005). Memahami metode kualitatif. Makara Sosial Humaniora, 9(2), 57-67. Retrieved from https://media.neliti.com
Stake, R. E. (2010). Qualitative research: Studying how things work. Guilford Press.
Sudjana. (2004). Pendidikan nonformal. Falah Production.
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif dan kualitatif dilengkapi R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tim Penyusun. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Tim Penyusun. (2017). Pedoman penulisan karya ilmiah. Universitas Negeri Malang.
Widhyatama, S. (2012). Sejarah musik dan apresiasi seni. PT Balai Pustaka (Persero).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Daniel Mintorejo, Tutut Pristiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.