Hubungan Dukungan Sosial dan Efikasi Diri terhadap Motivasi Berprestasi Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065v1i102021p838-846Keywords:
social support, self-efficacy, achievement motivation, dukungan sosial, efikasi diri, motivasi berprestasiAbstract
Abstract: This study aims to determine: (1) the relationship of social support to achievement motivation; (2) The relationship of self-efficacy to achievement motivation; (3) The relationship between social support and self-efficacy on achievement motivation (4) The amount of the independent variable's contribution to the dependent. The design of this research is social support and self-efficacy as independent variables, while achievement motivation is the dependent variable. The research population of SMAN 1 Wates students with a sample of 183 students obtained through simple random sampling technique. The research instrument used consisted of a social support scale, a self-efficacy scale, and an achievement motivation scale. The data analysis technique was in the form of descriptive statistics with the results obtained on the social support variable having a percentage value of 74.3 percent in the high category, while in the medium category it was 25.7 percent. The results of self-efficacy get a score of 83.6 percent in the high category, and 16.4 percent in the medium category. Achievement motivation has a value of 79.8 percent, while in the medium category it is 20.2 percent. Then, the effect of the predictor variable on the criteria is 45.4 percent. Overall, it can be seen that there is a significant and positive relationship between social support and self-efficacy together with achievement motivation.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan dukungan sosial terhadap motivasi berprestasi; (2) Hubungan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi; (3) Hubungan dukungan sosial dan efikasi diri terhadap motivasi berprestasi (4) Besarnya sumbangan variabel independen terhadap dependen. Rancangan penelitian ini yaitu dukungan sosial dan efikasi diri sebagai variabel bebas, sedangkan motivasi berprestasi sebagai variabel terikat. Populasi penelitian siswa SMAN 1 Wates dengan sampel 183 siswa yang diperoleh melalui teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari skala dukungan sosial, skala efikasi diri, dan skala motivasi berprestasi. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dengan hasil yang diperoleh pada variabel dukungan sosial mempunyai persentase nilai 74,3 persen kategori tinggi, sedangkan pada kategori sedang 25,7 persen. Hasil dari Efikasi diri mendapatkan nilai sebesar 83,6 persen kategori tinggi, dan kategori sedang 16,4 persen. Motivasi berprestasi memiliki nilai sebesar 79,8 persen, sedangkan pada kategori sedang 20,2 persen. Kemudian, untuk pengaruh variabel prediktor terhadap kriterium yaitu 45,4 persen. Secara keseluruhan dapat diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara dukungan sosial dan efikasi diri secara bersama-sama terhadap motivasi berprestasi.
References
Budiarto, D. A. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Resiliensi Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja Yang Memiliki Orangtua Tunggal. Doctoral Dissertation: Universitas Islam Sultan Agung.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Geon, S. A. B.(2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Determinasi Diri Siswa Kelas X SMA Charitas. Psiko Edukasi, 14(1), 28-38.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Terjemahan Istiwidayanti & Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Intan,G. (2020). Skor PISA Menurun, Jokowi Soroti Masalah Pendidikan Indonesia. Voaindonesia. (Online), Https://Www.Voaindonesia.Com/A/Skor-Pisa-Menurun-Jokowi-Soroti-Masalah-Pendidikan-Indonesia/5358904.Html.
Kusuma, T. A., Tjalla, A., & Setyowati, E. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dan Motivasi Berprestasi Siswa Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 8 Jakarta Barat. Insight: Jurnal Bimbingan Konseli.
Manuaba, I. B. P. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Dan Efikasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Remaja Awal Dan Tengah Yang Tinggal Di Panti Asuhan Di Bali. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 161-170.
Nadiya, O., Afiati, E., & Nurmala, M. D. (2021). Hubungan Self Efficacy Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Cilegon Dan Implikasi Bagi Program Bimbingan Dan Konseling. Coution: Journal Of Counseling And Education, 2(1), 51-57.
Nate, K. U. (2019). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Sma Perguruan Rakyat 2 Jakarta. Doctoral Dissertation : Universitas Islam Sultan Agung.
Rosa, V. & Efendi, D. A . (2020). Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Suara.Com. (Online), Https://Www.Suara.Com/Health/2020/12 /16/141248/Akibat-Pandemi-40-Persen-Pelajar-Indonesia-Kehilangan-Motivasi-Belajar.
Rustika, I. M. (2012). Efikasi diri: tinjauan teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1-2), 18-25.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence Perkembangan Remaja. Terjemahan Shinto B Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J. W. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Suriansyah, A. (2011). Landasan Pendidikan. Banjarmasin: Comdes.
Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Prenadamedia Group.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.