Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek: Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p681-690Keywords:
PBL, proses pembelajaran, pendampingan, ice breaking, PTKAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa di SDN Bareng 1, Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek penelitian mencakup seluruh siswa dan guru yang terlibat dalam pembelajaran, serta kepala sekolah yang memberikan masukan melalui wawancara. Kegiatan praktik pembelajaran terbimbing dilakukan oleh mahasiswa praktikan dengan subjek siswa kelas 3A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa meningkat, yang berdampak pada peningkatan hasil belajar dari siklus I hingga siklus II. Peningkatan ini terjadi karena penerapan model Project-Based Learning (PBL), di mana siswa mengerjakan lembar kerja, menyusun, dan menyelesaikan tugas proyek secara berkelompok. Melalui PBL, siswa lebih aktif berdiskusi, berkolaborasi, dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa secara signifikan. Dengan mendorong keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, PjBL menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan bermakna. Oleh karena itu, model ini direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi dan pencapaian akademik siswa di sekolah dasar.
References
Ariandi, Y. (2017, February). Analisis kemampuan pemecahan masalah berdasarkan aktivitas belajar pada model pembelajaran PBL. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 579–585.
Arief A, M., Joharmawan, R., & Yulistiadi, G. (2025). Pengaruh model pembelajaran Project-Based Learning (PjBL) terhadap peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 189–196. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p189-196
Arikunto, S. (2014). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.
Dewantari, A. S., & Nuris, D. M. (2025). Efektivitas model Project-Based Learning dalam implementasi TaRL pada pembelajaran berdiferensiasi siswa kelas VII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 302–308. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p302-308
Kriswanto, D., & Wahyuningsih, S. (2025). Implementasi pendekatan culturally responsive teaching terhadap hasil belajar siswa di kelas VII SMP Islam Terpadu. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 374–382. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p374-382
Mahanal, S. (2009). Pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan sains. Universitas Negeri Malang Press.
Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan kelas biasa: Teori dan praktik berbagai model dan metode pembelajaran menerapkan inovasi pembelajaran di kelas-kelas inspiratif. CV Kekata Group.
Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain pembelajaran inovatif: Dari teori ke praktik.
Murfiah, U., & Nurdin, D. (2017). Pembelajaran terpadu: Teori dan praktik terbaik di sekolah.
Nur Afifah, F., Rahayuningtyas, W., & Hartono. (2023). Peningkatan motivasi dan hasil belajar ansambel musik dengan model Project-Based Learning (PjBL). Journal of Language Literature and Arts, 3(7), 1081–1092. https://doi.org/10.17977/um064v3i72023p1081-1092
Rahmawati, V., & Widyartono, D. (2025). E-modul berdiferensiasi renjana menulis puisi berbasis Project-Based Learning. Journal of Language Literature and Arts, 5(2), 178–190. https://doi.org/10.17977/um064v5i22025p178-190
Rerung, N., Sinon, I. L., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem-based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47–55.
Rofiqoh, H. Y. A. N., & Winahyu, S. E. (2024). Implementasi model pembelajaran Project-Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas 1 SD. Journal of Language Literature and Arts, 5(1), 63–73. https://doi.org/10.17977/um064v5i12025p63-73
Suciani, T., Lasmanawati, E., & Rahmawati, Y. (2018). Pemahaman model pembelajaran sebagai kesiapan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa program studi pendidikan tata boga. Media Pendidikan, Gizi, dan Kuliner, 7(1).
Sudrajat, A. (2008). Implementasi penelitian tindakan kelas dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran. Jurnal Pendidikan Inovatif, 5(1), 12–25.
Sumarmi. (2012). Model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan keterampilan abad 21. Graha Ilmu.
Supardan, H. D. (2016). Teori dan praktik pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Edunomic: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(1).
Susanti, S. (2020). Praktik pembelajaran sejarah pada masa pembelajaran jarak jauh (PJJ). Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 102–106.
Susilo, H. (2022). Lesson study berbasis sekolah: (Guru konservatif menuju guru inovatif). Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Turgut, H. (2008). Prospective science teachers’ conceptualizations about Project-Based Learning. International Journal of Instruction, 11(1), 61–78.
Wena, M. (2011). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer. Bumi Aksara.
Yulianti, E., & Gunawan, I. (2019). Model pembelajaran problem-based learning (PBL): Efeknya terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 399–408.
Yulianto, A., & Khafid, M. (2016). Pengaruh praktik pengalaman lapangan (PPL), minat menjadi guru, dan prestasi belajar terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru yang profesional. Economic Education Analysis Journal, 5(1).