Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis LKPD Find the Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar

Authors

  • Meita Wulan Sari PPG Universitas Negeri Malang
  • Muhammad Alfan Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0009-0002-0555-1664
  • Muhammad Iqbal Maulana PPG Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1172-1178

Keywords:

berdiferensiasi, find the letter, kemampaun membaca, Lembar Kerja Peserta Didik, One-Shot Case Study

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan membaca peserta didik kelas 2C SDN Percobaan 2 Kota Malang dengan menggunakan LKPD "Find the Letter" berbasis diferensiasi proses. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis deskriptif, yang menganalisis waktu dan nilai kognitif peserta didik pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas 2C SDN Percobaan 2 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek kecepatan, peserta didik menyelesaikan tantangan dengan durasi yang bervariasi, sesuai dengan kategori kemampuan mereka. Berdasarkan analisis kemampuan membaca, didapatkan hasil bahwa 100 persen peserta didik dengan kemampuan tinggi memperoleh nilai kurang dari samadengan 78. Sebanyak 75 persen peserta didik dengan kemampuan sedang memperoleh nilai kurang dari samadengan 78, sementara 25 persen memperoleh nilai kurang dari 78. Di kelompok peserta didik dengan kemampuan rendah, 60 persen memperoleh nilai kurang dari samadengan 78 dan 40 persen memperoleh nilai kurang dari 78. LKPD "Find the Letter" berbasis diferensiasi proses terbukti mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan dan berbeda. Variasi durasi pengerjaan berdasarkan kategori kemampuan mengurangi diskriminasi antara peserta didik dengan kemampuan rendah dan dua kategori lainnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kemampuan membaca peserta didik kelas 2C tergolong baik, karena peserta didik mampu mencapai nilai tinggi dalam kecepatan membaca mereka. Penggunaan LKPD yang menarik juga memotivasi mereka untuk mengerjakan dengan baik. Oleh karena itu, diperlukan penelitian lebih lanjut tentang pengaruh pembelajaran berdiferensiasi aspek proses dalam meningkatkan kemampuan membaca pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

References

Astuti, M. R., & Hartati, D. (2023). Efektivitas LKPD interaktif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(2), 121–134. https://doi.org/10.24036/jpd.v14i2.2023

Fitriani, N., Syafii, W., & Lestari, D. (2023). The impact of differentiated instruction on student engagement and academic performance. Journal of Education and Learning, 12(3), 215–230.

Firiyanti, I., & Anggoro, B. K. (2024). Kemampuan literasi peserta didik tingkat sekolah dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(6), 540–548. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p540-548

Gultom, F. Y., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan flashcard untuk meningkatkan keterampilan literasi pada siswa kelas 1 sekolah dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 288–294. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p288-294

Gultom, T. S., & Mudiono, A. (2024). Penggunaan media LKPD dalam meningkatkan keterampilan membaca pada siswa sekolah dasar. Journal of Education and Literacy, 7(1), 45–58. https://doi.org/10.17977/um027v7i12024p45-58

Hasani, M. I., Damar, A. P., & Nugroho, R. (2024). Implementasi teknologi digital dalam pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Journal of Digital Learning in Education, 6(1), 50–61. https://doi.org/10.17977/um064v6i12024p50-61

Heilman, P. (dalam Sumadoyo, 2023). Pemahaman bacaan dipengaruhi oleh latar belakang konseptual dan perkembangan penguasaan kosakata.

Maeswaty, A. D., Mulyasari, E., & Rahmawati, E. (2023). Pengembangan media pembelajaran flashcard menggunakan aplikasi Canva pada materi membaca permulaan siswa kelas I SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 11–18. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v8i2.63440

Mufidah, I., Suyono, S., & Ekawati, R. (2023). Model discovery learning untuk meningkatkan critical thinking dan literasi membaca dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 1(3), 134–144. https://doi.org/10.17977/um084v1i32023p134-144

Putri, A. A., Kurniawati, E., & Pratama, R. (2023). Penggunaan media interaktif dalam LKPD untuk meningkatkan motivasi membaca siswa sekolah dasar. Journal of Educational Technology and Innovation, 5(2), 98–107. https://doi.org/10.17977/um054v5i22023p98-107

Putri, A. M., & Pratama, Y. (2023). The role of interactive media in enhancing reading skills among elementary students. Journal of Educational Technology and Innovation, 10(1), 45–58.

Putri, S. E., & Kurniawati, E. (2023). Implementasi LKPD interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia: Upaya meningkatkan motivasi membaca siswa kelas rendah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(2), 88–101. https://doi.org/10.17977/um065v9i22023p88-101

Riani, N., Ngatman, & Suryandari, K. C. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas V SD Negeri 6 Jatisari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap Tahun Ajaran 2020/2021. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(2). https://doi.org/10.20961/jkc.v9i2.50922

Rudianto, A., Rahman, F., & Iskandar, Y. (2024). The role of multimedia in improving students’ reading comprehension: An experimental study. International Journal of Educational Technology, 11(2), 150–162.

Sari, R., & Andriani, D. (2022). Media-based differentiated instruction for diverse learners in language education. International Journal of Language and Literacy Education, 9(2), 112–125.

Setiawan, D., & Prasetyo, A. (2024). Pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa sekolah dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 6(1), 65–78. https://doi.org/10.17977/jip.v6i12024p65-78

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (3rd ed.). Alfabeta.

Widyawati, R., & Rachmadyanti, P. (2023). Analisis penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada materi IPS di sekolah dasar. JPGSD, 11(2), 365–379. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52775/42493

Yana, R., Yusnira, Y., & Aprinawati, I. (2023). Peningkatan keterampilan membaca pemahaman dengan menggunakan strategi (QAR) question answer relationship pada siswa di sekolah dasar. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 7(1), 21–31. https://doi.org/10.36379/autentik.v7i1.273

Zuliani, R., Septiliana, C., & Pihimayatillah, W. (2023). Upaya meningkatkan minat baca dan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika kelas II SDN Jurumudi 2 Kota Tangerang. MASALIQ, 3(5), 750–761. https://doi.org/10.58578/masaliq.v3i5.1365

Downloads

Published

2024-10-24

How to Cite

Sari, M. W. ., Alfan, M. ., & Maulana, M. I. . (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Berbasis LKPD Find the Letter untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar. Journal of Language Literature and Arts, 4(11), 1172–1178. https://doi.org/10.17977/um064v4i112024p1172-1178

Issue

Section

Articles