Pengaruh Penggunaan Media Maze terhadap Kerja Sama Tim dan Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p846-857Keywords:
media Maze, kerja sama tim, kosakata bahasa ArabAbstract
Faktor yang melatarbelakangi penelitian ini adalah siswa kelas V di MIN 2 Kota Pasuruan memiliki keterbatasan akses terhadap sumber belajar, keterbatasan pengetahuan mereka tentang kata-kata bahasa Arab, dan kurangnya kemampuan kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interaksi siswa kelas V MIN 2 di Kota Pasuruan dengan media Maze dan kosakata bahasa Arab mereka. Sebanyak 29 siswa kelas V dari MIN 2 Kota Pasuruan dijadikan sebagai partisipan penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian praeksperimen dengan rancangan one group pretest-posttest design. Observasi, wawancara, tes, dan kuesioner adalah beberapa teknik pengumpulan data yang digunakan. Alat penelitian meliputi angket, tes tertulis, aturan observasi, dan prosedur wawancara. Kuesioner dengan indikator tanggung jawab, kontribusi, dan instruksi digunakan untuk mengevaluasi kerja sama tim. Sementara itu, pretest dan posttest digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Arab siswa. Setelah perlakuan, temuan penelitian menunjukkan T1 sebesar 58 persen dan T2 sebesar 69 persen. Sebaliknya, kerja sama tim, seperti yang diungkapkan oleh jawaban kuesioner, mendapat skor 91 persen dalam kategori baik menurut tanggapan survei. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Maze pada siswa kelas V MIN 2 Kota Pasuruan terhadap kerja sama tim dan kemampuan kosakata bahasa Arab terbukti berpengaruh positif.
Kata kunci: media Maze, kerja sama tim, kosakata bahasa Arab
The Influence of Using Maze Media on Teamwork and Arabic Vocabulary Ability of Class V Student’s State Islamic Elementary School
Background factors for this study are the class V pupils in MIN (State Islamic Elementary School) 2 Pasuruan City's limited access to learning resources, their limited knowledge of Arabic words, and their lack of teamwork abilities. This study aims to determine labyrinth media affects group work and Arabic language skills in Class V MIN 2 Pasuruan City. The study involved 29 students in class V. A one-group pretest-posttest experimental pre-experimental research design was used in this investigation. Tests, interviews, and observation are the methods used to acquire data. The research tools included questionnaires, written tests, observation rules, and interview procedures. In the meantime, the pretest and posttest were used to gauge students' Arabic language abilities. Questionnaires with indicators of responsibility, contribution, and instructions were used to evaluate teamwork. After therapy, the study's findings showed a T1 of 58 percent and a T2 of 69 percent. However, 91 percent of respondents rated teamwork as excellent in the questionnaire results, which are known. Thus, it can be said that the employment of labyrinth media to instruct students in Pasuruan City's class V MIN 2 was successful about collaboration and Arabic vocabulary skills has had a favorable impact.
Keywords: Maze media, teamwork, arabic vocabulary
References
Arifin, Z. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jurnal Al-Hikmah, 1(1).
Arindhita, A. R. (2020). Pengaruh Komunikasi, Kerja sama Tim Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt. Pg Candi Baru Sidoarjo. Journal De Physique(Main Title). Http://Eprints.Ubhara.Ac.Id/796/
Azizah, H. N. (2020). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab Melalui Penggunaan Media Word Wall. Alsuniyat, 1(1), 1–16. Https://Doi.Org/10.17509/Alsuniyat.V1i1.24212
Fajriah, Zahratun. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas I Mi Nurul Hakimkediri Lombok Barat Tahun 2015). Jurnal Pendidikan Usia Dini , 9(1), 107–126. Https://Doi.Org/10.21009/Jpud.091.
Hasballah, J., Fitriani, D., & Sariani, R. (2021). Pengembangan Media Maze Hijaiyyah Untuk Menstimulasi Minat Membaca Iqra’ Pada Anak Usia Dini.
Ibrahim, F. E., Djuhartono, T., & Sodik, N. (2021). Pengaruh Kerja sama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Di Pt Lion Superindo. Jurnal Arastirma, 1(2), 316. Https://Doi.Org/10.32493/Arastirma.V1i2.12369
Iswanto, R. (2017). Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Pemanfaatan Teknologi. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 1(2), 139. Https://Doi.Org/10.29240/Jba.V1i2.286
Letsoin, V. R., & Ratnasari, S. L. (2020). Pengaruh Keterlibatan Karyawan, Loyalitas Kerja Dan Kerja sama Tim Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi, 9(1), 17–34. Https://Doi.Org/10.33373/Dms.V9i1.2316
Lida Holida Mahmud, Mia Perlina, Tryana, Iyehezkiel, & Djasminar Anwar. (2020). Bercerita : Upaya Meningkatkan Kecerdasan Berbahasa Anak Usia Dini. Prosiding Senantias, 1(1), 953–962.
Mafudah, A. L. (2016). Pengaruh Pemahaman Kurikulum, Motivasi Kerja, Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Smk. Economic Education Analysis Journal, 5(2), 519–531. Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Sju/Index.Php/Eeaj
Mutholib, A. (2015). Lu’batul Qâmûs: Cara Unik Memperkaya Mufradât. Arabia, 7(1), 65–87. Http://Digilib.Iain-Palangkaraya.Ac.Id/529/2/Bab Ii.Pdf
Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Team Gims Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Romawi Bagi Siswa Tunarungu Kelas Iv Sdlb. Jurnal Asesmen Dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jet/Article/View/21734
Oktavia, M., & Prasasty, A. T. (2019). Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan. Uji Normalitas Gain Untuk Pemantapan Dan Modul Dengan One Group Pre And Post Test, November, 596–601. Https://Doi.Org/10.30998/Simponi.V0i0.439
Ramadhani, C., & Zulminiati, Z. (2021). Efektivitas Permainan Big Maze Terhadap Kemampuan Anak Mengenal Angka Usia 5-6 Tahun Di Taman Kanak-Kanak An-Nur. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(2), 90–95. Https://Doi.Org/10.17509/Edukids.V18i2.33955
Romdani, A.-M., & Andriyani, L. (2021). 730 | Konferensi Nasional Bahasa Arab (Konasbara) Vii 2021. 730–742.
Siti, F. (2022). Pengaruh Kerja sama Tim, Komunikasi, Lingkungan Kerja, Dan Kompensasi Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pasca Merger Bank Syariah Indonesia ( Studi Kasus Pt Bank Syariah Indonesia Tbk Kcp Banyuwangi Kertosari).
Sugiyono, A. (2001). Metodologi Ekonomi Positivisme *). January 2001, 1–10. Https://Doi.Org/10.13140/2.1.4065.9841
Walimatul Fara, E., Kholisin, K., & Maziyah, L. (2021). Developing Lectora Based-Mind Mapping Interactive Media For Learning Arabic Nouns And Verbs/ اإلعالم وسائل تطوير إلى المستندة الذهنية الخرائط على القائمة التفاعلية Lectora واألفعال األسماء لتعليم. Ijaz Arabi Journal Of Arabic Learning, 4(3), 649–666. Https://Doi.Org/10.18860/Ijazarabi.V4i3.13332
Yulianto, A. (2020). Pengujian Psikometri Skala Guttman Untuk Mengukur. Jurnal Psikologi : Media Ilmiah Psikologi, 18(2009), 38–48.
Yuni, N. F., & Fatmawati, F. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Magnetik Maze Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Bagi Anak Kesulitan Belajar Membaca. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 9(2)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Afifah Mutiara Tasya, Muhammad Alfan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.