Pengembangan Pop Up Book Permainan Tradisional Egrang untuk Mengembangkan Karakter Anak di Kampung Budaya Tanoker Kabupaten Jember

Authors

  • Alifya Devita Novanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Iriaji Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p391-406

Keywords:

permainan tradisional egrang, Tanoker, Pop up book, budaya lokal

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat telah secara signifikan mengubah lanskap permainan tradisional, menyebabkan penurunan minat terhadap warisan budaya yang berharga. Namun, dalam konteks ini, permainan egrang, salah satu warisan berharga dari budaya lokal, terabaikan dalam upaya memperkenalkannya kepada generasi muda. Untuk mengatasi hal ini, penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis potensi dan tantangan yang dihadapi, serta mengumpulkan data yang diperlukan untuk merancang media Pop Up Book yang menggambarkan permainan egrang sebagai alat edukasi yang mengangkat kekayaan budaya lokal, (2) mengembangkan media tersebut melalui proses validasi oleh para ahli dan pengujian kelayakan produk. Penelitian ini mengadopsi pendekatan Research & Development Borg and Gall yang telah dimodifikasi, dan melibatkan anak-anak dari kampung budaya Tanoker di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, sebagai subjek penelitian. Metode pengumpulan data melibatkan wawancara, observasi, dan penyebaran angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan Pop Up Book permainan egrang menjadi sebuah alat pembelajaran yang efektif dan merangsang minat anak-anak di Kecamatan Ledokombo terhadap budaya lokal, (2) produk tersebut dinilai valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

References

Damayanti, E., & Kusyairy, U. (2022). Penerapan Permainan Tradisional Jekka Ka ’ daro dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 8(2), 90–101.

Danar. (2020). Pengertian seni. Cryptowi, 1–58. https://belajargiat.id/seni/%0Ahttps://www.cryptowi.com/pengertian-seni/

Desi, R. (2020). Pengembangan pop-up book sebagai media pembelajaran pada materi struktur atom di sma inshafuddin banda aceh.

Fauni, A. M. (2020). Pengaruh Permainan Bakiak Terhadap Perkembangan Sosial Anak Kelompok B (Usia 5-6 Tahun) Di Tk Nusa Indah Palembang. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.31851/pernik.v2i2.4179

G, E. (n.d.). Tugas_Filsafat_Prelium.

Haris, A. A. ., & Maziyah, L. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Buku Pop Up untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(6), 822–837. https://doi.org/10.17977/um064v2i62022p822-837

humas. (2021). No Title. https://www.uny.ac.id/id/berita/pop-book-mudahkan-siswa-belajar-ekosistem

Ii, B. A. B., & Teori, A. K. (2021). Pengembangan Pop Up Book Pancasila Berbasis Nilai-nilai Sosial dalam Kehidupan Sehari-hari Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar, Husliyana Mei Zahrah 2021. 9–28.

Ikawati, A. (2018). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pembelajaran Produktif di SMKN 3 Makasar. Eprints Universitas Negeri Makassar, 1–15.

Iriaji. (2011). konsep dan strategi pembelajaran seni budaya (pertama). pustaka kaiswaran.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(02), 82. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i02.546

lisa sidyawati. (2022). pengembangan interaktif 3D Pop Up Book sebagai media edukasi tanggap bencana untuk anak usia dini.

Mahardika, R. (2021). Pengembangan Ilustrasi Pada Buku Pelajaran Lingkungan dan Budaya Jakarta Tingkat Sekolah Dasar. Ikra-Ith Humaniora : Jurnal Sosial Dan Humaniora, 6(2), 66–74.

Mahdi Raka Adrian. (2019). “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Kearifan Lokal Kampung Belajar Tanoker di Ledokombo, Kabupaten Jember”.

Maryanti, E., Egok, A. S., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Board Games Berbasis Permainan Tradisional Egrang Batok untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4212–4226. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1486

Nasution, F. A., & Ananda, L. J. (2020). Pengembangan Media Komik Bergambar Pada Tema 6 Energi Dan Perubahannya Di Kelas III SD Negeri 117863 Rimbaya. Jurnal Sekolah, 4(4).

Padjadjaran, U. (2016). Modul Pelatihan dan Pengembangan Website. Direktorat Pelaksanaan Dan Sistem Informasi, 1–34. http://hosting.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2016/12/Modul-Pelatihan-Pengembangan-Website.pdf

Pradini, N. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Bugih 1 Pamekasan. Research Journal, 9(1), 1–12.

Prastiwi, K. I. D., & Nugrahanta, G. A. (2023). Pengembangan Buku Panduan Pendidikan Karakter Optimis Berbasis Permainan Tradisional Untuk Anak Usia 10-12 Tahun. 8(2), 179–188.

Prayitno, P. (2021). Tolok Ukur Penilaian Ekspresi Gambar Anak Usia Dini Usia 4-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 88–96. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.39155

Rahmawati, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book pada Materi Perubahan Wujud Benda untuk Siswa SDLB Tunarungu Kelas IV. 20–23.

Rosdiana, R., Astini, B. N., & Rachmayani, I. (2022). Dampak Penggunaan LKA Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Al Banna Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2371–2378. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.968

Rupa, P. S., Bahasa, F., Seni, D., Surabaya, U. N., Patria, A. S., & Pd, M. (2018). Perancangan Flap Book Sebagai Sarana Pengenalan Permainan Tradisional Indonesia Untuk Anak Usia 7-10 Tahun Citra Rahmawati. Jurnal Seni Rupa, 06(01), 816–822.

Sisilia Velayati. (2014). Komunitas Tanoker Ledokombo: Pendorong Perubahan Sosial Pedesaan Melalui Pendekatan Budaya di Kecamatan Ledokombo, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Solfiah, Y., Hukmi, H., & Febrialismanto, F. (2021). Games Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2146–2158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.910

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. 1, 35–49.

Sumarwahyudi. (2019). metodologi penelitian seni referensi untuk skripsi.

Supriyanto, S. (2021). Pengembangan Media Permainan Tradisional Dakon Berbasis Teori Bruner. Joyful Learning Journal, 10(2), 61–65. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i2.51266

Tanoker. (2019). https://tanoker.org/kampung-wisata-belajar-ledokombo/

Umam, N. K., Bakhtiar, A. M., & Iskandar, H. (2019). Pengembangan Pop Up Book Bahasa Indonesia Berbasis Budaya Slempitan. 1(2), 1–11.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Novanti, A. D. ., & Iriaji, I. (2024). Pengembangan Pop Up Book Permainan Tradisional Egrang untuk Mengembangkan Karakter Anak di Kampung Budaya Tanoker Kabupaten Jember. Journal of Language Literature and Arts, 4(4), 391–406. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p391-406

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)