Pengembangan Media Audiovisual Digital Klicks Deutsch Berbasis Articulate Storyline pada Materi Rund ums Essen dalam Pembelajaran Bahasa Jerman
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p707-723Keywords:
media pembelajaran digital, Klicks Deutsch, Rund ums Essen, GermanAbstract
Media merupakan instrumen penting dalam pelaksanaan pembelajaran masa kini. Inovasi media sangat dibutuhkan untuk mendukung keefektifan pembelajaran sehingga suatu tujuan pembelajaran menjadi lebih mudah tercapai. Namun, faktanya tidak sedikit sekolah di Indonesia yang masih ke-kurangan dalam hal inovasi media pembelajaran, khususnya media pembelajaran yang berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Klicks Deutsch, yaitu sebuah media audio-visual digital bagi pembelajaran bahasa Jerman. Klicks Deutsch dibuat menggunakan aplikasi pembuat media interaktif bernama Articulate Storyline. Materi yang disajikan dalam media ini ada-lah seputar makanan (Rund ums Essen) pada Kurikulum 2013 untuk Kompetensi Dasar 3.2 dan 4.2. Adapun penelitian ini berjenis Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar angket. Klicks Deutsch yang telah tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media kemudian diujicobakan kepada 26 siswa kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang. Hasil penilaian menunjukkan bahwa media Klicks Deutsch berada pada kualifikasi sangat valid atau sangat layak diterapkan sebagai media pembelajaran digital bahasa Jerman, khususnya untuk materi Rund ums Essen. Hal tersebut dibuktikan dengan persentase hasil penilaian sejumlah 85 persen oleh ahli materi, 95,6 persen oleh ahli media, dan 91,4 persen oleh siswa sebagai pengguna.
Kata kunci: media pembelajaran; Klicks Deutsch; Rund ums Essen; bahasa Jerman
The Development of Digital Audiovisual Media Klicks Deutsch Based on Articulate Storyline on Rund ums Essen Material in Learning German
Media is an essential instrument to implement today's learning. Media innovation is reguined to support the achievement of a learning goal. But in fact, there are still many schools in Indonesia, which is lacked in terms of learning media innovation, especially digital-based learning media. This research aimed to develop Klicks Deutsch, a digital audiovisual media for learning German. Klicks Deutsch was created using an interactive media creator application called Articulate Storyline. The material presented in this media is Rund ums Essen (about food) for Basic Competency 3.2 and 4.2 in curriculum 2013. Moreover, this research was a Research and Development (R&D) type using the ADDIE development model which consists of five phases, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. The data were collected using questionnaires. After being validated by the experts, Klicks Deutsch was then implemented on 26 students of grade XI Language at SMAN 8 Malang. Finally, the results of the assessments show that Klicks Deutsch has reached a quite valid qualification. In other words, this media is liable to be used as a media for German learning, since it gained 85 percent score from material expert, 95.6 percent from media expert and 91.4 percent from student as users.
Kata kunci: learning media; Klicks Deutsch; Rund ums Essen; German language
References
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Alfin, J. (2018). Membangun Budaya Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Pentas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2), 60-66. Retrieved from http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/pentas/article/view/1846/1211
Andira, A., Hasmawati, H., & Mantasiah R, M. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Jerman. Journal of Language, Literature, And Linguistics Interference, 1(2), 128-133. Retrieved from http://eprints.unm.ac.id/20185/1/Interference%20Journal%20of%20Language%2C%20Literature%2C%20and%20Linguistics.pdf
Angreany, F., & Saud, S. (2017). Keefektifan Media Pembelajaran Flashcard dalam Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Bahasa Jerman Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Makassar. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 1(2), 138-146. Retrieved from bit.ly/3Z4IMDj
Ardiningsih, D. (2019). Pengembangan Game Kuis Interaktif Sebagai Instrumen Evaluasi Formatif pada Mata Kuliah Teori Musik. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(1), 92-103. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v6i1.17725.
Audrey. 13 Januari 2023. Komunikasi Personal.
Boas. 2022. Komunikasi Personal.
Branch, M. R. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. University of Georgia.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Chiasson, A. (2015). Articulate storyline essentials. Packt Publishing Ltd.
Fahyuni, E. F. (2017). Teknologi, Informasi, dan Komunikasi. UMSIDA Press.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104-117. Retrieved from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf
Fauziah, A. N. & Rosyidah. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android “Passiv Raum“ untuk Materi Passivsatz pada Mata Kuliah Struktur und Wortschatz II. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(2), 220-235. DOI: https://doi.org/10.17977/um064v3i22023p220-235.
Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). Development of Learning Media Based on Articulate Storyline. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2), 80-85. DOI: https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54
Hartono, U., Amarullah, R. Q., & Mulyadi, E. (2022). Hakikat Belajar Menurut UNESCO Serta Relevansinya pada Saat Ini. Khidmatussifa: Journal of Islamic Studies, 1(2), 22-30. DOI: https://doi.org/10.56146/khidmatussifa.v1i2.65
Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahasa Ajar. Bumi Aksara.
Leztiyani, I. (2021). Optimalisasi Penggunaan Articulate Storyline 3 dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(01), 24-35. DOI: https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.63
Mariyah, Y. S., Budiman, A., Rohayani, H., & Audina, W. D. (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Pemanfaatan Media Audio Visual: Studi Eksperimen Dalam Pembelajaran Tari. Journal of Education, Humaniora and Social Science. 4(2), 959-967. DOI: 10.34007/jehss.v4i2.778.
Mulyatiningsih, E. (2016). Pengembangan Model Pembelajaran. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392
Nissa, dkk. (2021). Development of Learning Media OBAR Using Android-Based Articulate Storyline for Teaching Algebra in Junior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1720, 1-7. DOI: 10.1088/1742-6596/1720/1/012011.
Novianti, D. A. (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implementasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 3(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jpak/article/view/13193/12115
Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1).
DOI: https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706
Octavia, A. D., Surjanti, J., & Suratman, B. (2021). Pengembangan Media M-Learning Berbasis Aplikasi Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2380-2391. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.797
Priscilla, C., & Yudhyarta, D. Y. (2021). Implementasi PILAR-PILAR PENDIdikan UNESCO. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 2(1), 64-76. DOI: https://doi.org/10.46963/asatiza.v2i1.258
Rohmah, F. N., & Bukhori, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Korespondensi Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3. Economic & Education Journal, 2(2), 169-182. Retrieved from bit.ly/40riE6z
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Surana, S., & Agustin, A. M. (2021). Variasi Basa dalam Sosial Media Twitter Akun @Piyeyobu Oktober 2020-Januari 2021 (Kajian Sosiolinguistik). Job (Jurnal Online Baradha), 17(1). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/baradha/article/view/38348/33805
Vidinda, S. C. (2021). Pengembangan E-Ukbm Schmeckt Lecker Bagi Siswa Kelas XI SMANegeri 8 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: FS UM.
Wahyuni, S., Ridlo, Z. R., & Rina, D. N. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP pada Materi Tata Surya. Jipi (Jurnal Ipa & Pembelajaran Ipa), 6(2), 99-110. DOI: https://doi.org/10.24815/jipi.v6i2.24624
Wahyuningtyas, N. C. (2022). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook dengan Tema Familie untuk Peserta Didik Kelas 11 SMA. Journal Deutsch als Fremdsprache In Indonesian. 6(1), 138-152. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/27658/9821
Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 23–27. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.77
Widodo, P. (2011). Germanistik dan Profesionalitas Guru Bahasa Jerman. Makalah Disajikan Dalam Pidato Pengukuhan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta. Retrieved from http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/prof-dr-pratomo-widodo-mpd/germanistik-dan-profesionalitas-guru-bahasa-jerman.pdf
Yuliantari, N. W. D. (2015). Empat Pilar Pendidikan dalam Menciptakan Mutu Pendidikan yang Berbudaya. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 16-24. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.46
Zahir, A., Nur, H., Jusrianto, J., Hidayat, W., & Parubang, D. (2021). Evaluasi Hasil Belajar Elektronika Digital Melalui Tes Formatif, Sumatif, dan Remedial. Jurnal Literasi Digital, 1(2), 122-129. DOI: https://doi.org/10.54065/jld.1.2.2021.13.
Zulaicha, E. 10 Oktober 2022. Komunikasi Personal.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Baiq Tsania Avi Salwa Issabella, Lilis Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.