Penggunaan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Interaktif Bahasa Jerman untuk Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1221-1237Keywords:
Google Sites, Media, Bahasa JermanAbstract
Abstract: This research aimed to describe the usage of Google Sites as an interactive media for German language learning of grade X students of SMA Laboratorium UM in hybrid learning mode and to find out students' responses to the use of the applied media. The method used by the researcher was descriptive qualitative, while the research data were gathered from the observation conducted by three observers and questionnaire for 30 students of class X across German language interests. The results depict that the hybrid German learning process using Google Sites went properly. The interactive learning media could be used easily during learning. Students at school and at home were able to access the learning materials, games, practice questions, assessment results, and attendance list easily by opening the Google Sites link and selecting the appropriate web page attached to the media. According to students, these sites can be operated conveniently using cellphones, tablets or laptops that are connected to the internet. In addition, the display of the media is also attractive and feasible because the subject matter is presented with colorful pictures, audio, and video. Therefore, students are more enthusiastic and motivated to learn German by using Google Sites.
Keywords: Google Sites; media; German language
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan Google Sites sebagai media pembelajaran interaktif bahasa Jerman untuk siswa kelas X SMA Laboratorium UM pada moda pembelajaran hybrid dan mengetahui respons siswa terhadap penggunaan media tersebut. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian bersumber dari hasil observasi yang dilakukan tiga observer dan angket yang dibagikan kepada 30 siswa kelas X lintas minat bahasa Jerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran bahasa Jerman secara hybrid dengan menggunakan Google Sites berjalan dengan baik. Media pembelajaran interaktif tersebut dapat digunakan dengan mudah pada saat pembelajaran. Siswa yang di sekolah dan di rumah dapat mengakses materi pembelajaran, permainan, latihan soal, hasil penilaian tugas, dan juga presensi kehadiran hanya dengan membuka link Google Sites dan kemudian memilih halaman web yang dituju. Menurut siswa, media pembelajaran itu dapat diakses dengan mudah menggunakan HP, tablet maupun laptop yang terkoneksi dengan internet. Selain itu, tampilan media tersebut juga menarik dan praktis karena materi pelajaran disajikan dengan gambar, audio, video, dan tulisan berwarna. Siswa juga lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar bahasa Jerman dengan menggunakan Google Sites.
Kata kunci: Google Sites; media; bahasa Jerman
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan media pembelajaran Google Site dalam pembelajaran bahasa Inggris kelas V SD. Educate Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. doi: https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alhikmah/article/view/3905
Bhagaskar, A. E., Firdausi, A. K., & Syaifuddin, M. (2021). Penerapan media Webquest berbasis Google Sites dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 di MI Bilingual Roudlotul Jannah Sidoarjo. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 5(2), 104–119. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.21067/jbpd.v5i2.5541
Chu, S. K. W. (2013). Verwendung von Wikis zum kollaborativen Lernen in Grundschulen. In M. Notari & B. D. Honegger (Eds.), Der Wiki-Weg des Lernens: Gestaltung und Beurteilung von Lernprozessen mit digitalen Kollaborationswerkzeugen (1st ed., pp. 151–162). Bern: Hep Verlag. Retrieved from http://hdl.handle.net/10722/160615
Engels, B., & Schüler, R. M. (2020). Bildung digital? Wie Jugendliche lernen und Schulen lehren. IW-Trends - Vierteljahresschrift Zur Empirischen Wirtschaftsforschung, 47(2), 89–106. doi: https://doi.org/10.2373/1864-810X.20-02-05
Hasna, A. F., Nurohman, S., & Maryanto, A. (2021). The development of interactive learning media on android platform assisted by Google Sites. Journal of Science Education Research, 5(2), 10–15. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/ttsujtoslbgqnfo4pwyaq2ajby/access/wayback/https://journal.uny.ac.id/index.php/jser/article/download/44288/pdf
Islamiah, I. N. (2021). Efektivitas penggunaan media pembelajaran Google Site dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTSN 4 Jombang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya). Retrieved from http://digilib.uinsby.ac.id/46854/
Jubaidah, S., & Zulkarnain, M. R. (2020). Penggunaan Google Sites Pada Pembelajaran Matematika Materi Pola Bilangan SMP Kelas VIII SMPN 1 Astambul. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(2), 68–73. doi: https://doi.org/10.33654/jpl.v15i2.1183
Kalyan, K. N. (2020). Creating a library portal by using Google sites. Journal of Advances in Library and Information Science, 9(2), 46–52. Retrieved from http://jalis.in/pdf/9-2/Kumbhar.pdf
Mukti, W. M., Nugraheny, Y. B. P., & Anggraeni, Z. D. (2020). Media pembelajaran Fisika berbasis web menggunakan Google Sites pada materi listrik statis. Webinar Pendidikan Fisika, 5(1), 2527–5917. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/21703
Nalasari, K. A., Suarni, N. K., & Wibawa, I. M. C. (2021). Pengembangan bahan ajar berbasis web Google Sites pada tema 9 subtema pemanfaatan kekayaan alam di Indonesia untuk kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 11(2), 135–146. doi: https://doi.org/10.23887/jurnal_tp.v11i2.658
Nugroho, M. K. C., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada mata pelajaran Sosiologi kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora, 12(2), 59–70. doi: https://doi.org/10.26418/j-psh.v12i2.48934
Nursyaidah. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi belajar peserta didik. Forum Pedagogik, 70–79. Retrieved from http://194.31.53.129/index.php/JP/article/view/446
Patilima, H. (2016). Metode penelitian kualitatif (5th ed.). Bandung: Alfabeta.
Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Sari, R. L. P. (2012). Pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Web terhadap motivasi belajar mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2), 99–109. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/jk/article/view/2236
Rahayu, T., Mayasari, T., & Huriawati, F. (2019). Pengembangan media website hybrid learning berbasis kemampuan literasi digital dalam pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 130–142. doi: https://doi.org/10.24127/jpf.v7i1.1567
Rosiyana. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran Google Sites dalam pembelajaran bahasa Indonesia jarak jauh siswa kelas VII SMP Islam Asy-Syuhada Kota Bogor. Jurnal Ilmiah Korpus, 5(2), 217–226. doi: https://doi.org/10.33369/jik.v5i2.13903
Salim, H., & Haidir. (2019). Penelitian pendidikan: Metode, pendekatan, dan jenis (1st ed.; I. S. Azhar, Ed.). Jakarta: Kencana. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=2fq1DwAAQBAJ
Suryanto, D. A. (2018). Analisis perbandingan antara Blogger dan Google Site (Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta). Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/60091
Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan multimedia interaktif dengan education game pada pembelajaran IPA terpadu tema cahaya untuk siswa SMP/MTs. Unnes Science Education Journal, 2(1), 230–238. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej/article/view/1829
Sutrisno, Widayanto, A., & Syahiri, M. R. (2020). Aplikasi sistem informasi pemendek URL (SI SOUP) berbasis web. Indonesian Journal on Software Engineering, 6(1), 94–106. Retrieved from https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ijse/article/view/8099
Tanty, N. M. A. (2021). Pengembangan e-modul Schulleben melalui Google Sites untuk pembelajaran bahasa Jerman secara daring (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/143302/
Triyono, M. G., & Dermawan, D. A. (2021). Analisis efektivitas penggunaan model pembelajaran hybrid learning di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal IT-EDU, 5(2), 646–656. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41428
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Baka Pranatha Ginting, Lilis Afifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.