Penerapan Teknik Dictogloss pada Keterampilan Menyimak Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI Lintas Minat Mandarin SMAN 2 Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1644-1657Keywords:
Teknik Pembelajaran, Teknik Dictogloss, Keterampilan Menyimak, Bahasa MandarinAbstract
Abstract: The dictogloss technique is a learning technique that can be applied to Mandarin listening skills. This research aims to describe the application of the dictogloss technique for Mandarin listening skill of students in the class XI Lintas Minat Mandarin SMAN 2 Malang and describe the responses of the students towards the dictogloss technique. This research used a qualitative approach and descriptive research type. The data of this research are based on the observation of three observers, and questionnaires were distributed to the students. The study shows that the application of dictogloss technique went smoothly by following the lesson plan. Students can listen to the discourse well, although there are students who face internet network problems when reconstructing discourse with a group. Based on the results of the questionnaire, it can be seen that dictogloss technique is a fun and exciting technique to be implemented in the learning of Mandarin listening skill. The application of dictogloss techniques can also train their Mandarin listening skill. In addition, students are able to learn to cooperate with groups in reconstructing discourse.
Keywords: learning technique; dictogloss technique; listening skill; Mandarin language
Abstrak: Teknik dictogloss adalah suatu teknik pembelajaran yang dapat diterapkan pada keterampilan menyimak bahasa Mandarin. Terdapat empat tahap dalam penerapan teknik dictogloss yakni persiapan, dikte, rekonstruksi, dan analisis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknik dictogloss pada keterampilan menyimak bahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat Mandarin SMAN 2 Malang dan mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan teknik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian bersumber dari hasil observasi yang dilakukan tiga observer dan angket yang dibagikan kepada siswa. Hasil observasi menunjukkan, penerapan teknik dictogloss berlangsung lancar dengan mengikuti rencana pelaksanaan pembelajaran. Siswa mampu menyimak wacana dengan baik, meskipun terdapat siswa yang mengalami masalah jaringan internet saat melakukan rekonstruksi wacana dengan kelompok. Berdasarkan hasil angket, dapat diketahui bahwa teknik dictogloss menarik dan menyenangkan untuk diterapkan pada pembelajaran menyimak bahasa Mandarin. Melalui teknik dictogloss, siswa tidak hanya dapat melatih keterampilan menyimak bahasa Mandarin, tetapi juga bisa membuat siswa bekerjasama dengan kelompok dalam merekonstruksi wacana.
Kata kunci: teknik pembelajaran; teknik dictogloss; keterampilan menyimak; bahasa Mandarin
References
Adawiyah, R. (2016). Peran pembelajaran keterampilan berbahasa reseptif dalam upaya peningkatan keterampilan berbahasa produktif. Media Bina Ilmiah, 10(1), 29–32.
Asih. (2016). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ayuningtias, N., Pujiono, M., Nasution, V. A., & Nasution, E. H. (2019). The learning of Mandarin to early childhood at Ar-Rahmah Islamic Education School. Logista Jurnal, 3(2), 105–113. Retrieved from https://talenta.usu.ac.id/abdimas/article/view/4141
Aziez, F. (2015). Pengajaran bahasa komunikatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Baslini, & Hadiwinarto. (2020). Evaluasi penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar (studi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas XII di SMA Negeri 2 Lahat). Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 155–160.
Elisabeth. (2019). 印尼大学汉语教学方法调查分析 —— 以彼德拉大学中文 系为例. Century, 07(02), 13–28. https://doi.org/10.9744/century.7.2.
Gilakjani, A. P., & Sabouri, N. B. (2016). Learners’ listening comprehension difficulties in English Language learning: A literature review. English Language Teaching, 9(6), 123–133. doi: https://doi.org/10.5539/elt.v9n6p123
Goh, C. C. M., & Aryadoust, V. (2016). Learner listening: New insights and directions from empirical studies. International Journal of Listening, 30(1–2), 1–7. doi: https://doi.org/10.1080/10904018.2016.1138689
Hanik, U. (2017). Penerapan strategi Dictogloss untuk meningkatkan kemampuan menceritakan kembali peristiwa sejarah bagi siswa Sekolah Dasar. Widyagogik, 5(1), 11–30.
Hermawan, I. (2019). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif, kualitatif dan mixed methods. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Heryana, A. (2018). Informan dan pemilihan informan dalam penelitian kualitatif (Teaching material, Universitas Esa Unggul, Jakarta).
Hidayah, A. A. F., Adawiyah, R. Al, & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Sosial: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(September), 53–56. Retrieved from https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19
Iskandarwassid, & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Jayadipura, Y. (2018). Inhouse training untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(2), 260–268. doi: https://doi.org/10.24252/idaarah.v2i2.6808
Moleong, L. J. (2015). Metode penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ningrum, M. F. C. P., Slameto, & Widyanti, E. (2018). Upaya meningkatkan keterampilan kerjasama siswa pada bidang studi IPA melalui penerapan model group investigation bagi siswa kelas 5 SDN Kumpulrejo 2. Wahana Kreativitas Pendidik, I(3), 7–13. Retrieved from https://ejurnalkotamadiun.org/index.php/WKP/article/view/127
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Kurikulum 2013 pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Retrieved from https://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_24_16.pdf
Pingak, J. D. (2020). Meningkatkan kemampuan listening pada materi Airport Announcement dengan teknik Dictoglos siswa kelas XI IPA SMAN 1 Lobalain semester I tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Mitra Pendidikan, 4(8), 569–582. Retrieved from http://www.e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/737/473
Putri, D. (2018). Penerapan metode game “Bisik Berantai” dalam meningkatkan keterampilan menyimak pada siswa Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Basic Education, 1, 215–219. Retrieved from https://e-jurnal.stkiprokania.ac.id/index.php/IJOBE/article/view/209
Rahayu, S., Rasna, I. W., & Artawan, G. (2013). Penerapan model pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran menulis pada siswa kelas XII SMKN 1 Denpasar. Jurnal Pendidikan Bahasa, 2, 1–13. Retrieved from https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_bahasa/article/view/583
Rukmana, E. I. (2020). Penggunaan teknik Dictogloss untuk keterampilan menyimak pada mata kuliah Comprehension Orale Elementaire (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Semarang). Retrieved from http://lib.unnes.ac.id/36181/
Sakinah, Arianti, R., & Putri, D. (2021). Peningkatan keterampilan menulis teks prosedur kompleks melalui model take and give pada siswa kelas X TKJ SMK Pemdes Ujungbatu. Jurnal AKRAB JUARA, 6(1), 190–202. Retrieved from https://akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1363
Sukmadinata, N. S. (2013). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wibowo, H. (2020). Model dan teknik pembelajaran bahasa Indonesia. Depok: Puri Cipta Media.
Wibowo, M. A. W. (2012). Penerapan teknik Dictogloss untuk meningkatkan keterampilan menyimak bahasa Arab di Madrasah Aliyah Negeri. Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 1(1). doi: https://doi.org/10.15294/la.v1i1.285
Yulianti, S. D., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pendidikan karakter kerja sama dalam pembelajaran siswa Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 33–38. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p033%0A%0A
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Widya Qolizah, Lilis Afifah, Karina Fefi Laksana Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.