Penggunaan Media Pembelajaran Tebak Kata untuk Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-LMT SMA Negeri 5 Malang

Authors

  • Ananda Rezqi Universitas Negeri Malang
  • Deddy Kurniawan Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-8723-2730
  • Karina Fefi Laksana Sakti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1725-1736

Keywords:

media tebak kata, keterampilan membaca bahasa Mandarin, siswa SMA

Abstract

Abstract: The word guessing learning media is a quiz game media that involves all students in the class and requires steps in its use. When using the media, students were asked to work in pairs, one student gives clues and the other one guesses the word. This study aims to (1) describe students' activities in using the word guessing learning media for Chinese language skill of class XI-LMT students at SMA Negeri 5 Malang (2) describe students’ responses on the use of word guessing learning media for Chinese reading skill of class XI-LMT students at SMA Negeri 5 Malang. This research uses a qualitative descriptive research type. The 23 students of class XI-LMT are the data source. The research instrument was obtained from the observation sheets and questionnaire sheets during the learning process. Researchers play full roles as data collectors and analyze the research data. The results showed that the use of word guessing learning media for Chinese reading skill ran smoothly and conductively. Students used the media following the work steps. When learning to use the word guessing media, students seemed more enthusiastic. They found the media easy to use, except for 3 students who found it difficult.

Keywords: word guessing; reading skill; Mandarin

Abstrak: Media pembelajaran tebak kata merupakan sebuah media permainan kuis yang melibatkan seluruh siswa di kelas dan memerlukan langkah-langkah dalam penggunaannya. Pada peng­gunaan media tebak kata, siswa diminta untuk bekerja secara berpasangan. Penelitian ini me­miliki tujuan yaitu (1) mendeskripsikan aktivitas siswa dalam penggunaan media pembelajaran tebak kata untuk keterampilan bahasa Mandarin siswa kelas XI-LMT SMA Negeri 5 Malang (2) mendeskripsikan respons siswa terhadap penggunaan media pembelajaran tebak kata untuk keterampilan membaca bahasa Mandarin siswa kelas XI-LMT SMA Negeri 5 Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Siswa kelas XI-LMT sejumlah 23 siswa menjadi sumber data dalam penelitian ini. Instrumen penelitian diperoleh dari hasil lembar observasi dan lembar angket selama proses pembelajaran berlangsung. Peneliti berperan penuh sebagai pengumpul data dan menganalisis data penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran tebak kata untuk keterampilan membaca bahasa Mandarin berjalan lancar dan kondusif, siswa menggunakan media sesuai dengan langkah-langkah kerja. Siswa tampak lebih tertarik dan bersemangat pada saat pembelajaran menggunakan media tebak kata, sebagian besar siswa merasa mudah untuk menggunakan media tebak kata, tetapi tiga siswa merasa kesulitan.

Kata kunci: tebak kata; keterampilan membaca; bahasa Mandarin

References

Anthonieta, R. O., Ardiyani, D. K., & Ventivani, A. (2022). Penerapan Game Online Tebak Gambar Gartic.io pada Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(9), 1318–1327. https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1318-1327

Aryani, Y. V., Afifah, L, & Putri, A. E. F. (2022). Media “Karho” untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMK Tumapel Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(2), 228–239. https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p228-239

Diana, E. F. (2016) Penerapan permainan tebak kata untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah kelas X MM 3 SMKN 12 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Ekawati, S. (2015). Penggunaan media Kimspiel dalam pembelajaran kosakata dan tata bahasa Jerman pada siswa kelas X di SMA Laboratorium UM (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. Retrieved from https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf

Ferianti, F., & Hamzah, A. (2017). Model pembelajaran cooperative learning tipe tebak kata terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 134–143. doi: https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., . . . & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis. Retrieved from https://kitamenulis.id/2020/07/28/media-pembelajaran/

Haryanti, S. (2011). Penerapan sistem pembelajaran bahasa Mandarin di beberapa sekolah di Indonesia. Lingua Cultura, 5(2), 136–143. doi: https://dx.doi.org/10.21512/lc.v5i2.384

Laily, N. (2015). Penggunaan Media Kartu Wort-Sport-Domino" Fit Und Clever" dalam Pembelajaran Nomenkompusitum bahasa Jerman Siswa Kelas XI Bahasa SMA Islam Kepanjen (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas media pembelajaran terhadap hasil belajar Kimia siswa SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1), 49–58. doi: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v6i1.3173

Maria, M. (2017). Pembelajaran bahasa Mandarin di sekolah pendekatan dan metode alternatif. Jurnal Cakrawala Mandarin, 1(1), 1–10. doi: http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v1i1.25

Maufur, S., & Lisnawati, S. (2017). Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia siswa kelas III MI Al-Washliyah Perbutulan Kabupaten Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(2), 189–200. doi: http://dx.doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v4i2.1888

Moleong, L. J. (2021). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mufida, R. Z., & Kurniawan, D. (2018). The development of Role Playing Game (RPG) “In Meinem Traum” as a learning media for German reading skill in eleventh grade of SMA. Journal DaFIna: Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 2(1), 174–181. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/3407

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. doi: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Permendikbud Tahun 2016 No. 22. (2016). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Priyonggo, F. V., & Qosyim, A. (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash untuk materi sistem gerak pada manusia kelas VIII. PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains, 6(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/23383

Pujiati, S. (2019). Penggunaan model tebak kata untuk meningkatkan hasil belajar PKn tema lingkungan kelas III SD Negeri 2 Sidomulyo (Unpublished undergraduate thesis, IAIN Metro, Metro, Lampung). Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/218/

Putra, B. I. S. (2021). Penerapan permainan Make a Match pada keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 8 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Rimeldi, C. N. (2021). Penggunaan aplikasi Rosetta Stone sebagai media pembelajaran daring bahasa Jerman Siswa kelas X IBB SMA Laboratorium UM (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Sari, K. W., Saputro, S., & Hastuti, B. (2014). Pengembangan game edukasi Kimia berbasis Role Playing Game (RPG) pada materi struktur atom sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Purworejo. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 96–104. Retrieved from https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/3717

Surti, W., & Jailani, M. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pemberian tugas dan media kartu tebak kata pada peserta didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas tahun ajaran 2016/2017 oleh. Pedagogik Jurnal Pendidikan, 12(2), 14–27. doi: https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.853

Wijoyo, T. (2016). Pengembangan media pembelajaran e-learning berbasis aplikasi Lectora Inspire untuk keterampilan membaca bahasa Arab siswa MTs kelas VIII. Lisanul Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching, 5(1). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/laa/article/view/10432

Yuliati, E. (2018). Pengaruh tebak kata terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin peserta didik kelas X LMT-mandarin SMAN 2 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Rezqi, A. ., Kurniawan, D. ., & Sakti , K. F. L. . (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Tebak Kata untuk Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI-LMT SMA Negeri 5 Malang. Journal of Language Literature and Arts, 2(12), 1725–1736. https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1725-1736

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>