Pengembangan Media Video Xianwen Berbasis Instagram untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p541-556

Keywords:

pengembangan media, Xianwen , Instagram, kosakata

Abstract

Penelitian berikut bertujuan dalam pengembangan media video Xianwen yang berdasarkan Ins-tagram. Kosakata yang terdapat dalam video Xianwen sesuai dengan Kompetensi Dasar (KD) 3.4 Kelas XII atau setara dengan HSK 3. Media Xianwen memiliki beberapa spesifikasi berikut: (1) produk berbasis media sosial Instagram secara online dan gratis; (2) memberikan tampilan dengan desain menarik; (3) dilengkapi voice over berupa pelafalan kosakata bahasa Mandarin agar siswa lebih mudah mengingat kosakata dalam video; dan (4) dilengkapi contoh kalimat dalam bahasa Mandarin dan terjemahan dalam bahasa Indonesia. Media Xianwen yang dikembangkan berbentuk video reels yang diposting di Instagram yang memiliki rasio 16:9. Penggunaan model ADDIE yang memiliki lima proses yaitu: (1) proses analisis; (2) proses desain; (3) proses pengembangan; (4) proses implem­entasi; dan (5) evaluasi. Penggunaan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan instrumen lembar angket. Ahli materi dan ahli media memvalidasi Media Xianwen. Pengambilan data dalam tahap implementasi berdasarkan penilaian dari guru. Berdasar­kan hasil validasi, media Xianwen berbasis Instagram dinyatakan layak digunakan sebagai platform pembelajaran bahasa Mandarin.

Kata kunci: pengembangan; video media; Xianwen; Instagram; kosakata

The Development of Xianwen Video Media Based on Instagram to Train Vocabulary Mastery in Chinese Language

This research aims to develop Xianwen video media based Instagram. The vocabulary used is contained in KD 3.4 for 12th Grade equivalent to HSK 3. Xianwen’s media is characterized by several features: (1) the product uses Instagram, which is online and free to acces; (2) an attractive design; (3) a Chinese voicer-over to help students recall vocabulary form the video; and (4) a sentence model in Chinese and Indonesian translation. Xianwen’s media used in reels video Instagram has a video format of 16:9. The model of ADDIE are using in this research with five steps, namely: (1) analysis process; (2) design process; (3) development process; (4) implementation process; and (5) eva-luation. The data which used for research results is qualitative and quantitative data using ques-tionnaires and responses or suggestions. The experts of material and media have validated the Xianwen’s media. Retrieval data are using the questionnaire sheet of the teacher’s assessment. According to the validation of media based Instagram of Xianwen, it is declared suitable for use as a learning Chinese vocabulary platform.

Keyword: development; media video; Xianwen; Instagram; vocabularies

References

Arsyad, Azhar., (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Abrilia, N. D., (2020). Pengaruh Persepsi Kemudahan dan Fitur Layanan Terhadap Minat Menggunakan E-Wallet pada Aplikasi Dana di Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 1006-1012

Chua HW, Tan TG, Lin Chia Ying, (2015). A Review of Challenges in Learning Chinese Characters Among Non- Native Learners in Malaysia. Indian Journal of Arts, 2015, 5(16), 93-100.

Christiana, E., (2014). Kreatif dalam Pembelajaran Bahasa Mandarin. Seminar Nasional Bahasa Mandarin 2014, Surabaya – Indonesia

Fitri, A., (2015). Pengaruh Bahasa Ibu Terhadap Penggunaan Bahasa Asing: Kesalahan Transfer Secara Pragmatics. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris FBS Universitas Negeri Padang

Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Drill and Practice Meningkatkan Kecakapan Bahasa Jepang Ungkapan Sehari-Hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187-198. https://doi.org/10.17977//um038v3i22020p187

Handayani, F., (2015). Instagram as a Teaching Tool? Really? Proceedings of the Fourth International Seminar on English Language and Teaching (ISELT-4), 4(1): 320-327, http://ejournal.unp.ac.id/index.php/selt/article/view/6942

Hidayati, R. N., (2021). Implementasi Model Assure dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di MI Nurul Hidayah. PARAMUROBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 131-148

Izza, U. J., Ardiyani, D. K., & Putri, A. E. F., (2021). Pengembangan Media 一起学习中文 Berbasis Aplikasi Tiktok pada Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin HSK 2 SMA 2 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1658-1674. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1658-1674

Kaawoan, G. S. (2020). Pengembangan Media E-Gramatika Berbasis Media Sosial Instagram untuk Pembelajaran Gramatika Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMAN 2 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Kirst, M. W., (2016). Instagram as an Educational Tool for College Students. (Online), https://collegepuzzle.stanford.edu/instagram-as-an-educational-tool-for-college-students/

Mardiningrum, S. R. (2020). Pengembangan Media [xuécí] Berbasis Android untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Nasution, A. K. P, (2020). Integrasi Media Sosial dalam Pembelajaran Generasi Z. https://doi.org/10.24036/tip.v13i1

Pelangi, Garris., (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo UNPAM. 8(2). http://openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354/5361

Pujiati, H., Zahra, Tamela E., (2019). The Use Instagram to Increase Students’ Motivation And Students’ Competence in Learning English. (Online), https://doi.org/10.2991/icesshum-19.2019.103

Purmadi, Ary, dkk., (2021). Pemanfaatan Aplikasi VN untuk Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Telepon Pintar kepada Guru PAUD. Jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol 1, No 1. 2021

Purnama, S., (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan (Pengenalan untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19-32. https://doi.org/10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Riduwan, (2012). Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: ALFABETA

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 48-56. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Tadros, M., (2011). A Social Media Approach to Higher Education. Cutting-Edge Technologies in Higher Education, 83-105. doi:10.1108/s2044-9968 (2011) 0000001007

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Vokasional Teknik Elektronik dan Informatika. 7(2).

Tarigan, H.G., (2011). Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Ventivani, A. (2022). Pelatihan Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kinemaster bagi Guru Bahasa Mandarin. Indonesian Journal of Education and Community Services, 2(2), 237-244.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Retnayu, Y. A., Retnantiti, S. ., & Sakti, K. F. L. . (2023). Pengembangan Media Video Xianwen Berbasis Instagram untuk Melatih Penguasaan Kosakata Bahasa Mandarin . Journal of Language Literature and Arts, 3(4), 541–556. https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p541-556

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>