Penerapan Metode Mind Mapping melalui Aplikasi LessonsUp untuk Keterampilan Menulis Karangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i92022p1289-1304Keywords:
penerapan, metode mind mapping, aplikasi, Keterampilan menulisAbstract
Abstract: Mind mapping is a learning method that can be applied to practice the writing skill in Mandarin language learning. This research aimed to describe the implementation of the mind mapping method by LessonUp application in essay writing skill of students’ Mandarin Education Program State Universitas Negeri Malang and to describe the students’ responses towards the implementation of the applied method through the learning platform. This study used a qualitative approach with descriptive analysis. The research’s data were taken through observation sheets answered by three observers and questionnaire sheets filled out by 22 students of the 2020 Mandarin Education Program. Finally, the results show that the implementation of the mind mapping method by LessonUp application in learning to write Chinese essays went smoothly. Students can develop Mandarin essays according to the mind map well. Furthermore, the result of the questionnaire depicts that the mind mapping method through the application is interesting and attractive to be applied in a Mandarin writing course. Through this method, students' writing skills would be improved.
Keywords: implementation; mind mapping method; application; writing skill
Abstrak: Mind mapping merupakan sebuah metode pembelajaran yang dapat diterapkan untuk melatih kemampuan menulis pada pembelajaran bahasa Mandarin. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode mind mapping melalui aplikasi LessonUp dalam keterampilan menulis karangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang dan mendeskripsikan respons mahasiswa terhadap penerapan metode mind mapping melalui platform pembelajaran tersebut. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Data penelitian diambil melalui lembar observasi yang dilakukan oleh tiga observer dan lembar angket yang telah diisi oleh 22 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping melalui aplikasi LessonUp pada pembelajaran menulis karangan bahasa Mandarin berjalan dengan lancar. Mahasiswa mampu mengembangkan karangan bahasa Mandarin sesuai mind map dengan baik. Hasil angket mengungkapkan bahwa metode mind mapping melalui aplikasi tersebut menarik dan menyenangkan untuk diterapkan pada pembelajaran menulis bahasa Mandarin. Melalui metode tersebut, keterampilan menulis karangan mahasiswa dapat meningkat.
Kata kunci: penerapan; metode mind mapping; aplikasi; keterampilan menulis
References
Adri, A. H. (2020). Menggunakan mind-map sebagai media pembelajaran bahasa Inggris secara daring. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/342763729
Arsaya, V. R., & Mintowati. (2018). Keefektifan media gambar animasi terhadap penguasaan kata kerja bahasa Mandarin siswa kelas X1 SMK Negeri 1 Mojoagung tahun ajaran 2017/2018. Mandarin Unesa, 1(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/24736
Ganovia, P., Sherly, & Herman. (2022). Efektivitas hybrid learning dalam proses pembelajaran untuk siswa kelas XI SMA Kalam Kudus Pematangsiantar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 1478–1481. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3141
Gustina, N. (2018). Implementasi metode mind mapping dalam pembelajaran aspek writing dapat menarik minat siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris pada siswa kelas IX. Jurnal PPKn Dan Hukum, 13(2), 125–134. Retrieved from https://pbpp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPB/article/view/7152
Istofaina, T. (2016). Pembelajaran mengonversi teks eksplanasi ke dalam bentuk teks deskripsi berdasarkan fenomena lingkungan dengan menggunakan metode analogy and case study pada siswa kelas XI SMK Negeri 15 Bandung tahun pelajaran 2015/2016 (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Pasundan, Bandung). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/10152
Khotimah, K. (2016). Keefektifan penggunaan media pop-up terhadap penguasaan kosakata bahasa Mandarin untuk menyusun kalimat sederhana siswa kelas XI Bahasa 1 SMA Al Islam Krian Sidoarjo. Mandarin Unesa, 1(1), 1–5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16107
LessonUp. (n.d.). Retrieved April 15, 2022, from https://www.lessonup.com/site/en
Makrifah, I. A. (2019). Penggunaan teknik mind mapping untuk meningkatkan kemampuan menulis paragraf berbahasa Inggris (studi pada mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Nahdlatul Ulama Blitar). Brilliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(2), 151–158. doi: https://doi.org/10.28926/briliant.v4i2.286
Melinda. (2021, Aug 19). LessonUp Reviews. Retrieved April 15, 2022, from https://www.g2.com/products/lessonup/reviews
Milenia, P. F., Sutiyarti, U., & Rini, W. (2022). Analisis penggunaan pembelajaran bahasa Jepang secara daring dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Batu. Jurnal Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha, 8(1), 37–44. doi: https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jpbj.v8i1.40873
Munadzdzofah, O., & Sudomo, A. (2016). Kesalahan gramatika terhadap mata kuliah Korespondensi Niaga Bahasa Inggris. Administrasi Kantor, 4(1), 172–197. Retrieved from http://www.ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/20
Phanata, S., & Suci, I. R. (2022). Efektivitas metode mind mapping dalam pembelajaran bahasa Mandarin bagi siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(2), 130–137. doi: https://doi.org/10.36279/apsmi.v5i2.136
Sari, Y. P. (2017). Penerapan metode mind mapping dalam keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 6 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/12447/
Subroto, D. R., & Subandi. (2019). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe concept sentence dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa Mandarin siswa kelas X SMK PGRI 13 Surabaya. Mandarin Unesa, 2(1), 1–8. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/28021
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syuhaimi, R. (2018). Implementasi metode mind mapping untuk meningkatkan kompetensi writing. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(3), 394–404. doi: https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v2i2.147
Vanola, D. (2016). Hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis karangan sederhana dalam bahasa Mandarin pada siswa kelas XI Bahasa MA Raudlatul Muta’allimin Babat Lamongan. Mandarin Unesa, 1(1), 1–6. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/16042
Wahyuni, A. S. (2021). Penerapan model hybrid learning dalam PTM terbatas untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Educational Development, 2(3), 472–481. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.5681376
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dyna Mellania, Karina Fefi Laksana Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.