Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p481-494Keywords:
Project Method, Writing Skills, Chinese LanguageAbstract
Abstract: The Project Method is a teaching method that focuses on allowing students to use aspects and units found in everyday life as learning materials. The use of the Project Method in Learning Writing Skills at State University of Malang intends to describe the process of using the Project Method to learn Chinese writing skills, as well as student reactions to using the Project Method to learn Chinese writing skills. The Project Method is implemented in the Writing I course by separating the learning activities into three stages, beginning with the initial learning activities, continuing with the core learning activities, and ending with the final learning activities. The learning process at the State University of Malang was accommodating, engaging, systematic, and instructive, according to observations on the use of the Project Method in Learning Writing Skills. According to the "Student Responses to the Application of Project Methods in Learning Writing Abilities" questionnaire data, all students were able to handle various challenges and problems in learning Chinese writing skills.
Keywords: project method, writing skills, Chinese language
Abstrak: Project Method merupakan model pembelajaran yang berfokus pada pemberian kesempatan peserta didik untuk mengimplementasikan elemen dan unit yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan pembelajaran. Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin, dan Respon peserta didik terhadap penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin. Pengimplementasian Project Method dilaksanakan melalui mata kuliah Menulis I dengan membagi aktivitas pembelajaran menjadi 3 (Tiga) tahapan, dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran. Hasil pengamatan terhadap penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang menyatakan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan kondusif, interaktif, sistematis dan informatif. Melalui hasil data angket “Respon Peserta Didik terhadap Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis” menyatakan bahwa seluruh peserta didik mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dan problematika dalam mempelajari keterampilan menulis bahasa Mandarin.
Kata Kunci: project method, keterampilan menulis, bahasa Mandarin
References
Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.
Ahmadi, A., & Prasetya, J. T. (2015). Strategi belajar mengajar untuk Fakultas Tarbiyah. Jakarta: Crown Publishers.
Ardiyanti, I. D. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI IBB 2 SMA Laboratorium UM (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).
Hanifah, F. R. (2016). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Write Around pada matakuliah Aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).
Lestari, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kompetensi dasar melakukan proses fermentasi dan enzimatis pada berbagai olahan ubi jalar (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung). Retrieved from http://repository.upi.edu/20189/
Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nuzula, S. A. F. (2017). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).
Safitri, O. A. C., & Maryani, I. (2020). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangwaru. Paper presented at Undergraduate Conference of Multidisciplinary Sciences 2020, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Sagala, S. (2015). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tatuwo, A. G. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran kamus Hanzi berdasarkan Pianpang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).
Warsono & Hariyanto. (2016). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Wena, M. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Zulkarnain, A. G. Z. (2016). Kesalahan penulisan Hanzi siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo tahun ajaran 2015/2016. Mandarin Unesa, 1(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17947
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Moch. Mansyur Maulana Idris, Edy Hidayat, Karina Fefi Laksana Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.