Pengembangan E-book Bahasa Mandarin “学汉语” Berbasis Kvisoft Flipbook Maker untuk Siswa Kelas XI SMA Islam
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1696-1708Keywords:
ebook, chinese, kvisoft flipbook makerAbstract
Abstract: This research and development aimed to produce a product, namely an e-book in Mandarin according to the needs of the 11th-grade students of Islamic Senior High School in Kepanjen Malang. The product was developed using the Kvisoft flipbook maker application. The research and development process used a model from Sugiyono which has been modified into seven stages, namely: 1) potential and problems; 2) data collection; 3) product design; 4) design validation; 5) design revision; 6) product testing; and 7) product revision. The e-book contains the starting page, table of contents (theme of each chapter, learning objectives and apperception), materials, practice questions, and closing pages. The developed e-book is categorized as valid with a score of 88 percent from the material expert and as very valid with a score of 88.8 percent from the field material expert, and categorized as valid with a score of 84.7 percent from the media expert. The e-book is also categorized as good through product trials with a percentage of 80.2 percent. Based on trials, it was revealed that the Mandarin e-book product 学汉语 has matched the learning needs of the 11th-grade students of Islamic High School Kepanjen Malang.
Keywords: e-book; Chinese; Kvisoft flipbook maker
Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yaitu e-book bahasa Mandarin sesuai kebutuhan bahan ajar kelas XI Semester 2 SMA Islam Kepanjen Malang. E-book bahasa Mandarin dikembangkan menggunakan bantuan aplikasi yaitu Kvisoft flipbook maker. Proses penelitian dan pengembangan menggunakan model dari Sugiyono yang sudah dimodifikasi menjadi tujuh tahapan yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; dan 7) revisi produk. E-book berisi halaman awal, daftar isi (tema setiap bab, tujuan pembelajaran dan apersepsi), materi, latihan soal, dan halaman penutup. E-book yang dihasilkan dikategorikan valid dengan nilai sebesar 88 persen dari ahli materi, sangat valid dengan nilai sebesar 88,8 persen dari ahli materi lapangan, dan valid dengan nilai sebesar 84,7 persen dari ahli media. E-book 学汉语 uga dikategorikan baik melalui uji coba produk dengan persentase sebesar 80,2 persen. Berdasarkan uji coba di lapangan menunjukkan bahwa produk e-book bahasa Mandarin 学汉语 yang telah dikembangkan sesuai kebutuhan pembelajaran di kelas bahasa Mandarin SMA Islam Kepanjen Malang.
Kata kunci: e-book; bahasa Mandarin; Kvisoft flipbook maker
References
Ainin, M. (2013). Penelitian pengembangan dalam pembelajaran bahasa Arab. Okara, II(8), 95–110. Retrieved from http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/okara/article/view/449
Annisa, N., Saragih, A. H., & Mursid, R. (2019). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 5(2), 210–221. doi: https://doi.org/10.24114/jtikp.v5i2.12599
Arsanti, M. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah penulisan kreatif bermuatan nilai-nilai pendidikan karakter religius bagi mahasiswa prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 1(2), 71–90. doi: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Darmawan, D. (2012). Pendidikan teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dita, A. (2019). Pengembangan kompilasi cerita rakyat Lampung bermuatan karakter berbasis aplikasi (Unpublished undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung, Bandar Lampung). Retrieved from http://repository.radenintan.ac.id/7173/
Divayana, D. G. H., Suyasa, P. W. A., & Adiarta, A. (2018). Pelatihan pembuatan buku digital berbasis Kvisoft Flipbook Maker bagi para guru di SMK TI Udayana. Abdimas Dewantara, 1(2), 31–44. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/abdimasdewantara/article/view/2869
Evrianti, & Kurniah, N. (2021). Pengembangan e-book bahasa Inggris untuk siswa SMA. DIADIK: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(2), 204–212. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/article/view/18519
Febri, W. (2021). Asistensi mengajar. 1–52.
Gunawan, F., Soepriyanto, Y., & Wedi, A. (2020). Pengembangan multimedia drill and practice meningkatkan kecakapan bahasa Jepang ungkapan sehari-hari. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(2), 187–198. doi: https://doi.org/10.17977/um038v3i22020p187
Haryanti, S. (2011). Penerapan sistem pembelajaran bahasa Mandarin di beberapa sekolah di Indonesia. Lingua Cultura, 5(2), 136–143. doi: https://doi.org/10.21512/lc.v5i2.384
Huda, N., Al Fariz, T. Z., & Handayani, E. U. (2021). Pengembangan e-book bahasa Arab dengan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada siswa kelas XI Keagamaan MAN 1 Sleman. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 4(3). doi: https://doi.org/10.18860/ijazarabi.v4i3.12101
Juwati, Abid, S., Rohman, A., & Indani, T. R. (2021). Pengembangan bahan ajar mata kuliah teori sastra menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker di STKIP-PGRI Lubuklinggau. Diklastri, 1(2), 85–91. Retrieved from https://jurnal.stkippgritrenggalek.ac.id/index.php/diklastri/article/view/200
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/ Madrasah Aliyah (SMA/MA) - Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Mandarin. Retrieved from https://docs.google.com/document/d/1QKaRPrfIpzapCzYsV-6AznwJ978hi_KS-gR8KoPwIm8/edit?usp=sharing
Nafisah, A. N., Ainin, M., & Tohe, A. (2021). Pengembangan kartu permainan Talk or Dare untuk pembelajaran kemahiran berbicara bahasa Arab siswa kelas V. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 763–774. doi: https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p763-774
Putri, W. N., & Billah, A. (2019). Pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berwawasan sains berbasis mobile Android. LISANIA: Journal of Arabic Education and Literature, 3(2), 163–179. doi: https://doi.org/10.18326/lisania.v3i2.163-179
Rahmasari, E. A., & Yogananti, A. F. (2021). Kajian usability aplikasi canva (studi kasus pengguna mahasiswa desain). ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(1), 165–178. doi: https://doi.org/10.33633/andharupa.v7i01.4292
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan bahan ajar menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker materi himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. doi: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Ventivani, A., Ul, L., Rjeky M., O., & Mellania, D. (2022). Development of Chinese digital teaching material for 10th-grade topic Self-Introduction based on Flipbook. Proceedings of the International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC 2021), 612, 16–21. doi: https://doi.org/10.2991/assehr.k.211212.004
Yaumi, M. (2012). Pengembangan bahan ajar English for Specific Purpose berbasis TIK. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 15(2), 144–160. doi: https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n2a2
Ying, Y., Suprayogi, M. N., & Hurriyati, E. A. (2013). Motivasi belajar bahasa Mandarin sebagai bahasa kedua. Humaniora, 4(2), 1345–1355. doi: https://doi.org/10.21512/humaniora.v4i2.3579
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Tri Endri Utami, Sawitri Retnantiti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.