Pengaruh Metode Latihan Drill terhadap Kemampuan Membaca Mahasiswa Angkatan 2018 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1188-1200Keywords:
metode drill, kemampuan membaca, bahasa MandarinAbstract
Abstract: Reading ability is one of the essential language skills to learn. The rationale for developing reading ability is because reading constitutes the first step to understanding a lesson. One of the ways to improve reading skills is the drill method. Through the drill method, teachers can instil regular and disciplined students study habits. Applying the drill method in the learning process needs discipline, and teachers play an essential role in its implementation. In other words, the drilling method will not run successfully without teachers' roles. This research aims to describe the impact of the drill approach on students' reading abilities. The research respondents were 38 students of the 2018 Mandarin Language Education Study Program batch, Universitas Negeri Malang. The data is obtained from the pretest-post-test result. Hypothesis testing in this study used an independent sample test. The criteria for testing the hypothesis of the two tests are t-statistic > t-table or if the Sig. (2-tailed) value is less than 0.05; then, there is a significant difference. Or an alternative hypothesis Ha is accepted. The paired samples t-test show that the post-test variance's significance value was 0.18 greater than the pre-test variance value. The significant value of the post-test variance was 0.18 larger than the pre-test variance value, according to the paired samples t-test. According to the data, the possibility of the drill method influencing the pre-test and post-test results is less than 5%. The findings concluded that the drill method might increase students' reading skills.
Keywords: drill method, reading ability, Mandarin language.
Abstrak: Keterampilan membaca memegang peranan yang penting dalam peningkatan keterampilan kebahasaan. Alasan mengapa pendidik dirasa perlu untuk mengembangkan kemampuan membaca karena membaca merupakan langkah awal untuk memahami suatu pelajaran. Teknik metode drill menjadi bentuk upaya kecil dalam perkembangan kemampuan membaca peserta didik. Metode ini dapat melatih ketangkasan peserta didik untuk menghubungkan sebab-akibat karena aktivitas metode ini yang selalu diulang hingga menyebabkan kemampuan peserta didik semakin meningkat. Keberhasilan penerapan metode drill juga menuntut peran pendidik dalam mendisiplinkan peserta didik karena metode drill tidak akan berjalan sukses tanpa peran pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode drill terhadap kemampuan membaca mahasiswa. 38 mahasiswa pada program pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Universitas Negeri Malang menjadi responden dalam penelitian ini. Data didapatkan dari hasil pre-test post-test. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan independent sample test. Kriteria pengujian hipotesis dari kedua pengujian adalah t-statistik > t-tabel atau jika nilai Sig. (2-tailed) kurang dari 0,05, maka terdapat perbedaan yang signifikan atau hipotesis alternatif (Ha) diterima. Uji-t sampel berpasangan menunjukkan bahwa nilai signifikansi varians post-test memiliki nilai 0,18 lebih besar dari nilai varians pre-test. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa probabilitas kurang dari 5%, yang berarti bahwa metode drill mempengaruhi hasil pre-test dan post-test. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa metode drill dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa pada tingkat studi Pendidikan Bahasa Mandarin 2018.
Kata Kunci: metode drill, kemampuan membaca, bahasa Mandarin
References
Al Habsy, M.I.F., Burhanuddin, & Sukmawaty. (2020). Kemampuan membaca memahami teks dialog bahasa Mandarin siswa kelas XII SMA Insan Cendekia Syech Yusuf Gowa. Phonologie: Journal of Language and Literature, 1(1), 28–34. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/phonologie/article/view/16523
Anshori, M.S.I. (2016). Metode drill auditori taktil terhadap kemampuan melafalkan huruf-huruf Al-Quran siswa tunanetra kelas VII SMPLB-A. Jurnal Pendidikan Khusus, 8(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/38/article/view/15681
Ardiyani, D.K., & Kurniawan, D. (2020). Policy and curriculum of Study Program of German Language Education at the State University of Malang in welcoming the needs of German language teachers in Indonesia in the era of industrial revolution 4.0. KnE Social Sciences. doi: https://doi.org/10.18502/kss.v4i4.6465
Astuningtias, K.I., & Appulembang, O.D. (2017). Penerapan metode drill untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas IX materi Statistika di SMP Kristen Rantepao [The implementation of the drill method to improve cognitive learning outcomes of grade 9 students studying Statistics at a Christian Junior High School in Rantepao]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 1(1), 53–59. doi: http://dx.doi.org/10.19166/johme.v1i1.718
Budianto, P., & Laurencia, N. (2014). Keterkaitan New HSK dan kurikulum Bahasa Mandarin di Perguruan Tinggi. Lingua Cultura, 8(1), 16–21. doi: https://doi.org/10.21512/lc.v8i1.437
Djamarah, S.B., & Zain, A. (2002). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fariziah, M., (2012). Penggunaan artikel pada majalah Juma dalam pembelajaran keterampilan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Tumpang (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/11850/
Hasibuan, J.J., & Mudjiono. (2000). Proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hidayati, E. (2020). Meningkatkan kemampuan vocabulary bahasa Inggris melalui games kata berantai pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Karangkobar. KOLANO: Journal of Multi-Disciplinary Sciences, 1(1), 96–103. Retrieved from http://e-journal.univ-nuku.ac.id/index.php/kolano/article/view/21
Juniati, E. (2017). Peningkatkan hasil belajar matematika melalui metode drill dan diskusi kelompok pada siswa kelas VI SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 283–291. doi: https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p283-291
Kara, S. (2013). The relationship between text comprehension and second language vocabulary acquisition: Word-focused tasks. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, 4(1), 39–53. Retrieved from http://www.ijonte.org/FileUpload/ks63207/File/04.kara.pdf
Kurniawan, D., & Rosyidah, R. (2013). Lost in translation: Problems in translating Indonesian and English expressions into German. Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 7(2), 10–15. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/LEKSIKA/article/view/115.
Kusumawati, E., & Irwanto, R.A. (2016). Penerapan metode pembelajaran drill untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 49–57. doi: http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2289
Maharani, R. (2017). Penerapan metode drill dan permainan tebak kata dalam pembelajaran kosakata bahasa Mandarin di kelas 5 & 6 SD Tripusaka Surakarta (Undergraduate thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/64988/Penerapan-Metode-Drill-dan-Permainan-Tebak-Kata-dalam-Pembelajaran-Kosakata-Bahasa-Mandarin-di-Kelas-5-6-SD-Tripusaka-Surakarta
Mufida, R.Z., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan Role Playing Game (RPG) “In Meinem Traum” sebagai media pembelajaran untuk keterampilan membaca bahasa Jerman kelas XI SMA. Journal DaFina, 2(1). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/3407
Nababan, M., Nuraeni, A., & Sumardiono. (2012). Pengembangan model penilaian kualitas terjemahan. Kajian Linguistik dan Sastra, 24(1), 39–57. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/2220
Nur‘Azizah, I. (2018). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII MTsN Lampung Timur 2017/2018 (Undergraduate thesis, IAIN Metro, Lampung). Retrieved from http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2403
Putriningtias, A.D., & Kurniawan, D. (2021). The Development of android based game “Weiβt du das?” for learning German vocabulary with Wonhung Themes. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(1), 16–20. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120
Rosyidah, R., Kurniawan, D., & Aini, D. (2017). Akseptabilitas terjemahan dongeng Haensel und Gretel. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 45(1), 64–75. doi: dx.doi.org/10.17977/um015v45i12017p064
Sagala, S. (2007). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: CV Alfabeta.
Silvana, S. (2016). Evaluasi penerapan metode drill pada pelajaran bahasa Tionghoa kelas 2 & 3 di Sekolah Nasional Tiga Bahasa SD Bina Widya Solo (Undergraduate thesis, Universitas Sebelas Maret, Surakarta). Retrieved from https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/55145Evaluasi-Penerapan-Metode-Drill-pada-Pelajaran-Bahasa-Tionghoa-Kelas-2-3-di-Sekolah-Nasional-Tiga-Bahasa-SD-Bina-Widya-Solo
Sugiyono. (2009). Metode penelitian pendidikan “Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D”. Bandung: Alfabeta.
Tambak, S. (2016). Metode drill dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 13(2), 110–127. doi: https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1517
Tarigan, H.G. (2008). Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: PT Angkasa.
Universitas Negeri Malang. (2018). Katalog Jurusan Sastra Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang edisi 2018. Malang: Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Widodo, E. (2019). Pengaruh penggunaan metode drill terhadap kemampuan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Daarul ‘Ulya Metro tahun pelajaran 2018/2019 (Undergraduate thesis, IAIN Metro, Lampung). Retrieved from https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1747/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Dilan Alif Thalita Dzakiyyah, Deddy Kurniawan, Aiga Ventivani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.