Persepsi Guru terhadap Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Khoirrun Nissa PPG Universitas Negeri Malang
  • Faradilah Nurbadriyah PPG Universitas Negeri Malang
  • Sasti Nanda Jayanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Rossa Ayudyah Firdausa PPG Universitas Negeri Malang
  • Halimatus Sa'diyah PPG Universitas Negeri Malang
  • Puguh Darmawan Universitas Negeri Malang
  • Albertina Kusumawardani SDN Sawojajar 6 Kota Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p309-319

Keywords:

asesmen diagnostik, tingkat pemahaman, peserta didik, SDN Sawojajar 6 Kota Malang

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi guru terhadap Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran di SDN Sawojajar 6 Kota Malang. Metode kualitatif digunakan. Data diperoleh melalui wawancara semi berstruktur dengan lembar kisi-kisi instrumen. Analisis deskriptif kualitatif dilakukan terhadap data. Hasil menunjukkan pentingnya perencanaan dan pelaksanaan asesmen diagnostik. Pengetahuan guru tentang peserta didik menjadi dasar rancangan asesmen. Asesmen dilakukan pada awal pembelajaran menggunakan angket dan observasi untuk memetakan kemampuan dan kebutuhan peserta didik. Analisis hasil membantu menyusun pembelajaran sesuai dan memberikan umpan balik. Keberhasilan dipengaruhi oleh kesadaran guru, relevansi konten, kesesuaian dengan perkembangan, dan kejujuran peserta didik. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, asesmen diagnostik mendukung pembelajaran inklusif di sekolah dasar.

Kata kunci: asesmen diagnostik, tingkat pemahaman, peserta didik

Teachers' Perceptions of the Implementation of Diagnostic Assessments in Elementary School Student’s Centered Learning

This research aims to describe teachers' perceptions of Diagnostic Assessment in Learning at SDN Sawojajar 6, Malang City. Qualitative methods were employed. Data were obtained through semi-structured interviews with instrument grids. Qualitative descriptive analysis was conducted on the data. The results indicate the importance of planning and implementing diagnostic assessments. Teachers' knowledge of students forms the basis of assessment design. Assessments are conducted at the beginning of learning using questionnaires and observations to map students' abilities and needs. Analysis of the results helps in designing appropriate learning and providing feedback. Success is influenced by teachers' awareness, content relevance, alignment with development, and students' honesty. Considering these factors, diagnostic assessments support inclusive learning in elementary schools.

Keyword: diagnostic assessment, level of understanding, students

References

Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan lit-erasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Ariesanti, D., Mudiono, A., & Arifin, S. (2023). Analisis implementasi Kurikulum Merdeka dan perencanaan pembelajaran di sekolah dasar. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 1896–1907. https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.995

Arrohman, D. A., & Lestari, T. (2023). Analisis keragaman peserta didik dan implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran fisika. JSER Journal of Science and Education Research, 2(2), 1–11.

Ayuni, M. D., Dwijayanti, I., Roshayanti, F., & Handayaningsih, S. (2023). Analisis karakteristik peserta didik melalui asesmen diagnostik (Studi kasus: kelas 6 SDN Pandean Lamper 04). INNOVATIVE: Journal of So-cial Science Research, 3(2), 3961–3976.

Chairilsyah, D. (2016). Metode dan teknik mengajarkan kejujuran pada anak sejak usia dini. Educhild, 5(1), 9. http://dx.doi.org/10.33578/jpsbe.v5i1.3822

Forniawan, A., & Wati, D. R. (2024). Analisis dan tindak lanjut hasil asesmen diagnostik kognitif mata pelaja-ran ilmu pengetahuan alam dan sosial sekolah dasar. Al Jahiz: Journal of Biology Education Research, 4(2), 164–179. https://doi.org/10.32332/al-jahiz.v4i2.7962

Hibana, N. S., Hani, U., Hayati, S. N., Jannah, M., Sholehah, A. M., Latifa, R., Lestari, Y. A., & Dkk. (2022). Asesmen pembelajaran anak usia dini. Banyumas: CV. Penerbit Rumah Kreatif Wadas Keli.

Insani, F., Nuroso, H., & Purnamasari, I. (2023). Analisis hasil asesmen diagnostik sebagai dasar pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 4450–4458. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.1154

Mn, F. R., Sulistyani, N., Maulyda, M. A., & Deviana, T. (2024). Pendampingan penyusunan instrumen ases-men diagnostik matematika untuk mendesain pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar. JSER Journal of Science and Education Research, 8, 771–779.

Muktamar, A. (2024). Optimalisasi pembelajaran melalui implementasi asesmen pembelajaran pada Kuriku-lum Merdeka.

Nurkamilah, M., Fahmi, N. M., & Aep, S. (2018). Mengembangkan literasi matematika siswa sekolah dasar melalui pembelajaran matematika realistik Indonesia. Jurnal Theorems (The Original Research of Math-ematics), 2(2), 70–79.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media Big Book untuk menumbuhkan minat membaca di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 446–452. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.787

Rachmawati, I. N. (2007). Pengumpulan data dalam penelitian kualitatif: Wawancara. Jurnal Keperawatan Indonesia, 11(1), 35–40.

S, M. Y., Isrokatun, I., & Sunaengsih, C. (2024). Analisis kesiapan guru dalam implementasi asesmen diagnos-tik di SDN Pengampon III Kota Cirebon. JSER Journal of Science and Education Research, 10(1), 251–257.

Sagita Mawaddah, F., & Fakultas Keguruan dan. (2023). Assesmen dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia, 3(1), 8–13.

Suarni. (2023). Implementasi asesmen diagnostik dalam Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI/Fase F di Madrasah Aliyah Negeri Kota Sorong. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(4), 263–270. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i4.188

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2019). Problematika implementasi Kurikulum 2013 di sekolah dasar. Jurnal Ma-najemen dan Supervisi Pendidikan, 3(2), 63–68. https://doi.org/10.17977/um025v3i22019p063

Wulandari, G. A. P. T., Putrayasa, I. B., & Martha, I. N. (2023). Efektivitas asesmen diagnostik dalam pem-belajaran berdiferensiasi pada pelajaran Bahasa Indonesia. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 433–448. https://doi.org/10.14421/njpi.2023.v3i3-5

Yani, D., Muhanal, S., & Mashfufah, A. (2023). Implementasi asesmen diagnostik untuk menentukan profil gaya belajar siswa dalam pembelajaran diferensiasi di sekolah dasar. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pen-didikan JURINOTEP, 1(3), 241–360. https://doi.org/10.46306/jurinotep.v1i3

Downloads

Published

06/26/2024

How to Cite

Nissa, K. ., Nurbadriyah, F. ., Jayanti, S. N. ., Firdausa, R. A. ., Sa’diyah, H. ., Darmawan, P. ., & Kusumawardani, A. . (2024). Persepsi Guru terhadap Implementasi Asesmen Diagnostik dalam Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 309–319. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p309-319

Issue

Section

Articles