Penggunaan Aplikasi Canva pada Guru Sekolah Dasar sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran yang Kreatif

Authors

  • Alfin Dwicahyani PPG Universitas Negeri Malang
  • Arif Kiyat Bhaktiyana PPG Universitas Negeri Malang
  • Didi Suhendra PPG Universitas Negeri Malang
  • Krisantus Pius Usifa PPG Universitas Negeri Malang
  • Neni Wahyuningtyas Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p218-225

Keywords:

Canva, media pembelajaran, kreativitas guru

Abstract

Peserta didik akan lebih mudah mengingat dan memahami pelajaran yang disampaikan guru ketika mereka menggunakan media pembelajaran yang menarik seperti tayangan atau tampilan yang dihasilkan dari media pembelajaran. Canva adalah alat desain grafis yang memfasilitasi pembuatan berbagai konten artistik online. materi pelatihan canva sebagai inovasi dalam pembuatan media pembelajaran yang kreatif dipilih oleh peneliti sebagai langkah mewujudkan mutu pendidikan yang berkualitas dan sesuai dengan zaman yang serba teknologi ini. Sehingga tujuan adanya pelatihan ini adalah sebagai upaya menciptakan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif melalui bantuan aplikasi canva pada guru SDN 1 Banjarejo Malang.. Metode yang digunakan yaitu melalui ceramah, simulasi dan demonstrasi dalam bentuk penyuluhan dan pelatihan. Pelatihan dilakukan dengan memberikan materi  kepada seluruh peserta serta dengan demonstrasi mengenai pembuatan modul ajar, Power Point, Video animasi, brosur, pamflet PPDB dan lain sebagainya.Berdasarkan hasil pelatihan Canva yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelatihan mengenai penggunaan aplikasi Canva memberikan dampak yang signifikan terhadap pemahaman dan kreativitas para guru.

Kata kunci: Canva; media pembelajaran; kreativitas

The Usage of Canva Application for Elementary School Teachers to Create Creative Learning Media

Students will more easily remember and understand the lessons delivered by the teacher when they use interesting learning media such as broadcasts or displays produced from learning media. Canva is a graphic design tool that facilitates the creation of various artistic content online. Canva training materials as an innovation in creating creative learning media were chosen by researchers as a step to realizing quality education that is in line with this technological era. So, the aim of this training is as an effort to create creative and innovative learning media with the help of the Canva application for teachers at SDN 1 Banjarejo Malang. The method used is through lectures, simulations and demonstrations in the form of counseling and training. The training was carried out by providing material to all participants as well as demonstrations regarding the creation of teaching modules, Power Points, animated videos, brochures, PPDB pamphlets and so on. Based on the results of the Canva training that has been carried out, it can be concluded that the training regarding the use of the Canva application has had a significant impact on the understanding and creativity of teachers.

Keywords: Canva; instructional media; creativity

References

Efendy, M., & Rini, A. P. (2021). Hubungan antara persepsi peserta didik tentang kreativitas guru dalam mengajar dengan minat belajar peserta didik. Jurnal Psikologi Konseling (Vol. 18, Issue 1).

Irsan, I., Pertiwi, A., & Fina, R. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran inovatif menggunakan canva. Jurnal Adidas, 2(6), 1412–1417.

Mahardika, A. I., Wiranda, N., & Pramita, M. (2021). Pembuatan media pembelajaran menarik menggunakan canva untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 4(3), 275–281.

Mustikawati, Y., Syarifah, E., & Wuryani, W. (2020). Peran guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran kesantunan berbahasa di media sosial. Abdimas Siliwangi, 3(2), 361–370.

Oktiani, I. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232. https://doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Partasiwi, N., Safitri, D., & Syaadah, R. S. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Canva untuk Guru-Guru Sekolah Menengah Pertama di Kota Bekasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Riset Pendidikan, 2(2), 152–156.

Pratiwi, R., Amilia, W., Luthfiani, L., & Masnur, A. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran dengan Canva Bagi Guru SMAN 1 X Koto Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 25831–25838.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Rusdiana, R. Y., Putri, W. K., & Sari, V. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran menggunakan canva bagi guru SMPN 1 Tegalampel Bondowoso. Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(3), 209–213.

Setiawan, B. A., & Jatmiko Wati, T. E. (2021). Pelatihan pengembangan bahan ajar handout berbasis aplikasi canva bagi guru di SMA Baitul Arqom. Abdi Indonesia, 1(1), 1–8.

Suharyanto, E., Tristianto, C., & Persada, G. N. (2022). Cara Desain Poster Promosi Dari Aplikasi “Canva” Pada SMP Pgri 1 Ciputat. Jurnal Abdimas Indonesia, 2(2), 171–177.

Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. JPMTT (Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi Terbarukan), 1(1), 29–34.

Supriyadi, S., Christian, A., Suryani, I., & Rusdi, I. (2022). Pelatihan Canva Dalam Pembuatan Konten Promosi Media Sosial TikTok Pada Fatayat NU. Jurnal Altifani Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 566-572.

Tangsi, T., Satriadi, S., & Muhaemin, M. (2016). Pembuatan Materi Pembelajaran dengan Aplikasi Canva Bagi Guru SDN Pao-Pao Kab Gowa. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1129–1134.

Downloads

Published

05/31/2024

How to Cite

Dwicahyani, A. ., Bhaktiyana, A. K. ., Suhendra, D. ., Usifa, K. P. ., & Wahyuningtyas, N. . (2024). Penggunaan Aplikasi Canva pada Guru Sekolah Dasar sebagai Upaya Menciptakan Media Pembelajaran yang Kreatif. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 218–225. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p218-225

Issue

Section

Articles