Penerapan Tutor Sebaya dan Model Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p263-272Keywords:
tutor sebaya, model snowball throwing, kemampuan berpikir kritis, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan tutor sebaya dan model snowball throwing dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IX-F SMP Negeri 7 Malang yang memiliki kecerdasan kinestetik dan visual pada pembelajaran IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui penerapan tutor sebaya dan model snowball throwing dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis, partisipasi, dan keaktifan peserta didik dari siklus I ke siklus II. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengajar di kelas IX-F SMP Negeri 7 Malang.
Kata kunci: tutor sebaya, model snowball throwing, kemampuan berpikir kritis, Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Implementing Peer Tutor and Snowball Throwing Model to Improve Critical Thinking Ability of Junior High School
Students
This study aims to analyze the effectiveness of the application of peer tutors and snowball throwing models in improving critical thinking skills of students in class IX-F SMP Negeri 7 Malang who have kinesthetic and visual intelligence in social studies learning. The research method used is Classroom Action Research (CAR) through the application of peer tutors and snowball throwing models with a qualitative descriptive approach. The results showed a significant increase in critical thinking skills, participation, and activeness of students from cycle I to cycle II. Thus, this approach proved effective in improving the quality of learning and teaching in class IX-F SMP Negeri 7 Malang.
Keyword: peer tutor, snowball throwing model, critical thinking skills, Classroom Action Research (CAR)
References
Ahmadi, H. A., & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amelia, L. (2015). Stimulasi kecerdasan visual spasial dan kecerdasan kinestetik anak usia dini melalui metode kindegarten watching siaga bencana gempabumi di paud terpadu permata hati banda aceh. Visipena, 6(2), 26-39.
Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara.
Darma, I. P., & Rusyidi, B. (2015). Pelaksanaan sekolah inklusi di Indonesia. Prosiding penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, 2(2).
Fazzilah, E., Effendi, K. N. S., & Marlina, R. (2020). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pisa konten uncertainty dan data. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1034-1043.
Febriani, M. (2021). IPS dalam pendekatan konstruktivisme (studi kasus budaya melayu jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66.
Gardner, H. (1983). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. New York: Basic Books.
Gardner, H. (2003). Multiple intelligences: Kecerdasan majemuk teori dalam praktik. Batam, Indonesia: In-teraksara.
Kadir, A. (2015). Penyelenggaraan sekolah inklusi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(1), 1-22.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The action research planner: Doing critical participatory action research. Singapura: Springer Science & Business Media.
Komalasari, K. (2010). Pembelajaran kontekstual: Konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama.
Moleong, L. J. (2011). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moore, B. N., & Parker, R. (2009). Critical thinking. Jakarta: Global Books Indonesia.
Nursalam, & Pariani, S. (2001). Metodologi riset keperawatan: Pendekatan praktis. Jakarta: CV. Sagung Seto.
Nurvitarini, D. M., & Karkono, K. (2024). Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Teks Multimoda dalam Mening-katkan Perkembangan Sosial-Emosional Peserta Didik. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 165–271. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p165-271
Rahmania, L. A. (2021). Optimalisasi Gerakan Literasi Sekolah dalam Persiapan Asesmen Nasional. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(4), 450–461. https://doi.org/10.17977/um064v1i42021p450-461
Rosa, F. O. (2017). Eksplorasi kemampuan kognitif siswa terhadap kemampuan memprediksi, mengobserva-si dan menjelaskan ditinjau dari gender. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Metro, 111-118.
Slavin, R. E. (2011). Pembelajaran kooperatif: Teori, penelitian, dan praktik. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Sulistiani, E., & Masrukan, M. (2017, February). Pentingnya berpikir kritis dalam pembelajaran matematika untuk menghadapi tantangan MEA. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 605-612).