Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Berpikir Komputasional
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p463-471Keywords:
media pembelajaran, Android, informatika, berpikir komputasional, Unity3DAbstract
Masalah dalam pembelajaran informatika sering kali disebabkan oleh rendahnya minat dan keterlibatan peserta didik, yang mengakibatkan pemahaman materi yang terbatas. Optimalisasi penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran berpotensi meningkatkan keterlibatan peserta didik secara efektif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis Android yang mendukung materi berpikir komputasional dalam mata pelajaran informatika untuk kelas X. Media pembelajaran ini diharapkan dapat memfasilitasi pembelajaran mandiri serta meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik. Studi ini didasarkan pada observasi di SMK Negeri 9 Malang, yang menunjukkan bahwa proses pembelajaran konvensional cenderung pasif dan kurang menarik bagi peserta didik. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan perangkat Unity3D dan mengikuti model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji kelayakan melibatkan ahli materi dan media serta pengguna, dengan penilaian mencakup aspek kepraktisan, keterbacaan, dan dampak terhadap motivasi belajar. Hasil akhir penelitian ini adalah aplikasi pembelajaran Android yang efektif dalam meningkatkan minat dan pemahaman peserta didik terhadap konsep berpikir komputasional, sehingga dapat menjadi solusi pembelajaran inovatif yang relevan bagi pendidikan berbasis teknologi.
References
Arkadiantika, I., Ramansyah, W., Effindi, M. A., & Dellia, P. (2020). Pengembangan media pembelajaran virtual reality pada materi pengenalan termination dan splicing fiber optic. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 8(1), 29. https://doi.org/10.24269/dpp.v0i0.2298
Harjanto, A., Rustandi, A., & Caroline, J. A. (2023). Implementasi model pengembangan 4D dalam mengembangkan media pembelajaran berbasis online pada mata pelajaran pemrograman web di SMK Negeri 7 Samarinda. Jurnal SIMADA (Sistem Informasi dan Manajemen Basis Data), 5(2), 1–12. https://doi.org/10.30873/simada.v5i2.3412
Istiqlal, M. (2017). Pengembangan multimedia interaktif dalam pembelajaran matematika. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1480
Johan, J. R., Iriani, T., & Maulana, A. (2023). Penerapan model Four-D dalam pengembangan media video keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Jurnal Pendidikan West Science Universitas Negeri Jakarta, 1(6).
Niska, R., Okra, R., Musril, H. A., & Derta, S. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android menggunakan metode 4-D pada mata pelajaran TIK kelas VIII di SMPN 1 Rao Selatan. Media Jurnal Informatika, 15(2), 192. https://doi.org/10.35194/mji.v15i2.3589
Novita, R., & Harahap, S. Z. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran sistem komputer di SMK. Jurnal Informatika, 8(1), 36–44. https://doi.org/10.36987/informatika.v8i1.1532
Pebriyanti, I., Divayana, D. G. H., & Kesiman, M. W. A. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran informatika kelas VII di SMP Negeri 1 Seririt. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 10(1), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v10i1.31110
Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Putra, I. M. A. R., Kesiman, M. W. A., & Darmawiguna, I. G. M. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Android pada mata pelajaran sistem komputer di kelas X SMKN 1 Manggis. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 12(1).
Rahmi, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif lectora inspire mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik. JEVTE: Journal of Electrical Vocational Teacher Education, 1(2), 114. https://doi.org/10.24114/jevte.v1i2.29382
Satria, E., Efendi, G., Makmur, Z., Sofarina, S., & Daswarman, D. (2023). Pengembangan media interaktif pemograman berpikir komputasional. Journal on Teacher Education, 4(3), 660–671. https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12554
Satria, E., Har, E., Yuza, A., Gusmaweti, G., & Anwar, V. N. (2024). Pengembangan media pembelajaran interaktif magnet (MANIAKNET) untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah berpikir komputasional dan berpikir kreatif dengan blok programming. IKRA-ITH Informatika: Jurnal Komputer dan Informatika, 8(2), 209–221. https://doi.org/10.37817/ikraith-informatika.v8i2.3045
Stevani, N., & Widyastuti, R. (2023). Pengembangan media pembelajaran interaktif materi berpikir komputasional kelas X di SMA Negeri 2 Solok. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(2).
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074