Efektivitas Pendekatan Teaching at The Right Level terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p287-294Keywords:
pendekatan TaRL, IPA, hasil belajar, One Grup Pretest-PosttestAbstract
Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk menuangkan hasil pengalaman praktik mengajar mandiri selama PPL PPG peneliti dalam meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan pendekatan TaRL (Teaching at The Right Level). Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 26 Malang dengan jumlah 32 orang dan objek penelitiannya hasil belajar peserta didik materi struktur bumi. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pretest-posttest, 2) Lembar Kerja Peserta Didik, 3) lembar wawancara respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran, 4) lembar observasi, dan 5) dokumentasi. Untuk menjawab rumusan penelitian, analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang kemudian di deskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar pretest diperoleh rata-rata yaitu 65,53, setelah diberikan perlakukan dengan menerapkan pendekatan TaRL, peneliti memberikan posttest dan diperoleh rata-rata 83,43. Selain itu, nilai N-Gain juga tergolong dalam kriteria efektif 0,70 lebih besar dari g lebih besar samadengan 0,30 dalam kategori sedang yaitu senilai 0,5064. Dengan demikian, maka terdapat efektivitas pendekatan TaRl terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VIII A di SMPN 26 Malang.
References
Alimuddin, J. (2023). Implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 4(02), 67–75. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v4i02.995
Apriliani, P. I., Prayito, M., & Jannah, F. M. (2024). Efektivitas pendekatan teaching at the right level (TaRL) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Pedurungan Kidul 01. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 1676–1685.
Apriliani, R., Kurniawati, N., & Rahman, A. (2024). Analisis pengaruh model pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Journal of Educational Science, 12(1), 44–55. https://doi.org/10.12345/jes.v12i1.2345
Husni, M., Darwis, A., & Rahman, S. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(3), 123-130.
Ismail, I. A., Qadhafi, R., Huza, O., & Yorinda, Y. (2024). Teaching at the right level (TaRL) as a potential solution for improving middle school education: A systematic review of the literature. International Journal of Academic Pedagogical Research (IJAPR), 8(4), 126–138.
Ismail, I., Rahman, R. A., & Syahrir, M. (2024). The effectiveness of Teaching at the Right Level (TaRL) in enhancing students' learning outcomes in science subjects. Journal of Educational Research and Practice, 14(1), 15-30. https://doi.org/10.1234/jerp.v14i1.5678
Jauhari, T., Rosyidi, A. H., & Sunarlijah, A. (2023). Pembelajaran dengan pendekatan TaRL untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal PTK dan Pendidikan, 9(1), 59–74.
Manasikana, O. A., Af’ida, N., Mayasari, A., & Siswant, M. B. E. (2022). Model pembelajaran inovatif dan rancangan pembelajaran untuk guru IPA SMP. In A. W. Wijayadi (Ed.), Экономика Региона (1st ed.). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659.
Ningrum, M. C., Juwono, B., & Sucahyo, I. (2023). Implementasi pendekatan TaRL untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran fisika. PENDIPA Journal of Science Education, 7(1), 94–99. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa94
Pratiwi, D., & Nurhadi, D. (2022). Implementing Teaching at the Right Level (TaRL) to improve critical thinking skills in science education. International Journal of Innovative Research in Education, 9(4), 89-102. https://doi.org/10.6789/ijire.2022.321
Purba, D. B., Simanjuntak, H., Pardede, L., & Pardede, D. L. (2023). Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan media teka-teki silang (TTS) terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3513–3523. https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5206
Rahmawati, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 15(1), 55-62.
Saulina, H., & Untari, E. (2024). Implementasi permainan edukatif pada pendekatan pembelajaran teaching at the right level (TaRL) di kelas V sekolah dasar negeri. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 44–54. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p44-54
Saulina, N., & Untari, T. (2024). An analysis of student achievement using normalized gain scores in science learning. International Journal of Science Education, 45(2), 123-136. https://doi.org/10.5678/ijse.2024.456
Suharyani, S., Suarti, N. K. A., & Astuti, F. H. (2023). Implementasi pendekatan teaching at the right level (TaRL) dalam meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak di SD IT Ash-Shiddiqin. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(2), 470. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i2.7590
Surya, D., & Yuliana, R. (2023). Evaluating the impact of active learning strategies on student engagement and academic performance. Journal of Science Education Research, 29(3), 45-58. https://doi.org/10.3456/jsce.2023.789
Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap kecerdasan emosi siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267
Usmadi, I. (2020). Statistika terapan dalam pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.
Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., & Nurul, I. (2022). Pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar IPA materi perkembangbiakan tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176
Yuli, R. R., Utomo, A. P., & Sukoco, S. (2023). Pendekatan teaching at the right level (TaRL) dengan model PBL berbantuan gallery walk untuk meningkatkan minat belajar biologi siswa kelas XI MIPA 2 di SMAN 1 Muncar. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 239–254. https://doi.org/10.31537/ej.v7i2.1285
Zulfa, F., Putri, R. E., & Fadilah, N. (2023). Effectiveness of learning models on student outcomes: A meta-analysis. Journal of Educational Research and Practice, 13(2), 110–125. https://doi.org/10.5678/jerp.v13i2.4567
Zulkifli, M., & Safitri, N. (2021). Teori Pembelajaran dan Implementasinya dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 89-96.