Peranan Guru Bahasa Indonesia dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Lingkungan Sekolah

Authors

  • Eva Rosidina Dewi PPG Universitas Negeri Malang
  • Didin Widyartono Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p987-994

Keywords:

peranan guru, guru bahasa Indonesia, profil pelajar Pancasila, pendidikan, kompetensi dasar

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peran guru Bahasa Indonesia dalam menanamkan dan memperkuat Profil Pelajar Pancasila di sekolah. Guru Bahasa Indonesia memainkan peran strategis dalam proses ini dengan menekankan aspek pengetahuan dan keterampilan berbahasa peserta didik, termasuk membaca, menulis, menyimak, dan berbicara. Untuk memajukan Profil Pelajar Pancasila, guru harus menjadi teladan yang baik bagi peserta didiknya. Mengingat peran kunci ini, guru diharapkan menjalankan tugasnya dengan tingkat profesionalisme yang tinggi dan menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Peran guru tidak hanya terbatas pada penyampaian materi pelajaran, tetapi juga mencakup mentransfer nilai-nilai luhur kepada peserta didik. Selain mengajarkan ilmu pengetahuan, guru memiliki tanggung jawab penting lainnya, yakni menjadi panutan dan pembimbing yang senantiasa mengarahkan serta memberikan tuntunan dalam proses belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain studi kepustakaan, yang mengkaji secara mendalam literatur-literatur relevan untuk mendeskripsikan dan mengeksplorasi fungsi serta kontribusi guru Bahasa Indonesia dalam mengintegrasikan dan memperkuat Profil Pelajar Pancasila melalui pembelajaran di lingkungan sekolah. Pengintegrasian Profil Pelajar Pancasila dalam pembelajaran dapat dilakukan melalui materi yang disampaikan oleh guru Bahasa Indonesia, seperti kompetensi dasar yang terkait dengan sifat-sifat seperti berakhlak mulia, mandiri, berpikir kritis, bergotong royong, kreatif, dan berkebinekaan.

References

Aminullah, A. (2018). Implementasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 3(1), 620-628.

Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61-72.

Fauzi, F. Y., Arianto, I., & Solihatin, E. (2013). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik. Jurnal PPKn UNJ Online, 1(2), 1-15.

Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan nilai-nilai profil pelajar Pancasila melalui pembelajaran kontekstual di Sekolah Dasar. Proceeding Umsurabaya.

Julianto, I. R., & Umami, A. S. (2023). Peranan guru dalam pengimplementasian profil pelajar Pancasila dan implikasinya pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Samasta.

Khairiyah, U., Gusmaniarti, G., Asmara, B., Suryanti, S., Wiryanto, W., & Sulistiyono, S. (2023). Fenomena penerapan kurikulum merdeka dalam pembentukan karakter profil pelajar Pancasila siswa sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 172-178.

Kholifah, A. N., Dhani, A. P., Fritambiradi, D. D., & Ayundasari, L. (2024). Nilai-Nilai Kebhinekaan Masyarakat Demak pada Abad 15–16 M untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 299–308. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p299-308

Nashir, A., & Pratama, S. (2022). Peran guru ISMUBA dalam pembinaan akhlak pada elemen profil pelajar Pancasila implementasi Kurikulum Merdeka. HIKMAH: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 80-90.

Nurdin, S., & Andriantoni. (2019). Profesi keguruan. Rajawali Pers.

Qulsum, D. U. (2022). Peran guru penggerak dalam penguatan profil pelajar Pancasila sebagai ketahanan pendidikan karakter abad 21. Jurnal Ketahanan Nasional, 28(3), 315-330.

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar Pancasila dalam implementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613-3625.

Rahayu, E. D., & Arimbawa, A. A. G. R. (2024). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Reog Bulkiyo dalam Pendidikan Karakter sesuai Profil Pelajar Pancasila . JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(5), 478–485. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p478-485

Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam mewujudkan profil pelajar Pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177-187.

Rosmana, P. S., Iskandar, S., Fauziah, H., Azzifah, N., & Khamelia, W. (2022). Kebebasan dalam kurikulum prototype. As-Sabiqun, 4(1), 115-131.

Rudiawan, R., & Asmaroini, A. P. (2022). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam penguatan profil pelajar Pancasila di sekolah. Edupedia, 6(1), 55-63.

Safitri, D., & Zainuddin, M. (2024). Pengembangan Video Animasi Ciri Gotong Royong pada Profil Pelajar Pancasila. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(3), 314–321. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p314-321

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran guru sebagai aplikator profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4).

Sofiuddin, A., & Saputra, M. (2024). Profil Guru Pancasila Ditinjau dari Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p92-100

Sugiyono. (2017). Qualitative and quantitative research methods R&D. Alfabeta.

Suyono, & Hariyanto. (2014). Belajar dan pembelajaran teori dan konsep dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Widiastuti, H., & Wibowo, A. (2023). Peran guru dalam penguatan profil pelajar Pancasila di SD Negeri Kasihan. Inveta Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 152.

Zulkarnain, D. (2019). Peran guru dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada peserta didik kelas X Menengah Atas Negeri 1 Palangkaraya. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1).

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Dewi, E. R. ., & Widyartono, D. . (2024). Peranan Guru Bahasa Indonesia dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Lingkungan Sekolah. Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 987–994. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p987-994

Issue

Section

Articles