Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Membuat Patung Berbahan Clay Kelas IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p360-377

Keywords:

Pengembangan, Media Pembelajaran, PowerPoint, Patung

Abstract

Abstract: Based on preliminary research at SMP Negeri 11 Malang, it was found that because of covid-19 pandemic, art teachers needed learning media that could be accessed by students both at school and at home. It is intended that students can more easily understand how to make a statue made of Clay correctly whenever they are. The research objective to be achieved in this research is to develop PowerPoint learning media to make Clay sculptures for class IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang. The development model used in this research is ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate). The test subjects in this study were students of IX I Semester 1. The selection of small group response test subjects was carried out by incidental sampling technique. The type of data in this study is a mixture of qualitative and quantitative data generated from questionnaires for media experts, material experts and students. Questionnaire with a Likert scale score of 1-4 then converted to quantitative so that the final results of the data are in the form of scores and percentages. The scores are described using graphs and converted into qualitative descriptive. The results of the validation test got valid results and the percentage of media validity was 98.75% and the percentage of material validity was 100%, and the percentage of student responses was 93.27%. From the validation results, it can be concluded that PowerPoint media is suitable for use with the advantages of the material presented in accordance with competence and interesting and functional media but has a lack of audio that seems monotonous. Suggestions for further researchers and developers to properly select and cut the audio used as the background and add other sound elements so that the audio does not seem monotonous.

Keywords: development; learning media; PowerPoint; sculpture

Abstrak: Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 11 Malang, ditemukan bahwa guru seni budaya membutuhkan media pembelajaran yang dapat diakses oleh siswa baik di sekolah maupun di rumah masing-masing karena adanya pandemi covid-19. Hal tersebut bertujuan agar siswa dapat lebih mudah mengerti bagaimana cara membuat patung berbahan Clay dengan benar dimanapun. Tujuan penelitian yang ingin dicapai pada penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran PowerPoint membuat patung berbahan Clay kelas IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implement and Evaluate). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah siswa IX I Semester 1. Pemilihan subjek uji respons kelompok kecil dilakukan dengan teknik sampling insidental. Jenis data pada penelitian ini berupa data campuran kualitatif dan kuantitatif yang dihasilkan dari angket untuk ahli media, ahli materi dan siswa. Angket/ kuesioner dengan skala likert skor 1-4 kemudian konversi menjadi kuantitatif agar hasil akhir dari data tersebut dalam bentuk skor dan persentase dan dijabarkan menggunakan grafik dan dikonversikan menjadi deskriptif kualitatif. Hasil dari uji validasi mendapat hasil valid dan dengan persentase validitas media sebesar 98.75% dan persentase validitas materi sebesar 100%, dan persentase respons siswa sebesar 93.27%. Dari hasil validasi dapat disimpulkan bahwa media PowerPoint layak digunakan dengan kelebihan materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kompetensi dan media yang menarik serta fungsional namun memiliki kekurangan pada audio yang terkesan monoton. Saran untuk peneliti dan pengembang selanjutnya agar tepat memilih dan memotong audio yang digunakan sebagai latar belakang dan menambahkan elemen suara lainnya agar audio tidak terkesan monoton.

Kata kunci: pengembangan; media pembelajaran; PowerPoint; patung

References

Angko, N., & Mustaji. (2013). Pengembangan bahan ajar dengan model ADDIE untuk mata pelajaran Matematika kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Kwangsan, 1(1), 1–15. doi: https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n1.p1--15

Arikunto, S. (2011). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik (Revision ed. V). Jakarta: Rineka Cipta.

Budiaji, W. (2013). Skala pengukuran dan jumlah respon Skala Likert (The measurement scale and the number of responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan, 2(2), 127–133. Retrieved from https://weksi-budiaji.github.io/publikasi/2013-12-01-skala-likert/

Bustam, M. R. (2020). Eksplorasi fitur default pada Microsoft Office Powerpoint (Teaching resource, Universitas Komputer Indonesia, Bandung). Retrieved from https://repository.unikom.ac.id/65857/

Dopo, F. (2019). Rehabilitasi dan revitalisasi kompetensi pendidik seni pada sekolah umum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 5(1), 55–64. Retrieved from https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/44

Faizah, D. (2018). Perbandingan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dengan prezi terhadap hasil belajar sejarah Indonesia siswa kelas X MAN 2 Pasuruan (Thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Fuady, R., & Mutalib, A. A. (2018). Audio-visual media in learning. Journal of K6, Education, and Management, 1(2), 1–6. doi:10.11594/jk6em.01.02.01

Hasan, I. (2004). Analisis data penelitian dengan statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Iswahyudi. (2013). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint tentang cara pembentukan keramik gerabah untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMP (Thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Kaka, P. W. (2017). Analisis terhadap kesantunan tindak tutur direktif guru dalam pembelajaran di SD Inpres Bajawa VI kecamatan Bajawa kabupaten Ngada. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 4(1), 114–127. Retrieved from http://www.citrabakti.ac.id/ejournal/index.php/jipcb/article/view/87

Kustiawan, U. (2013). Sumber dan media pembelajaran anak usia dini. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). An-Nida': Jurnal Pemikiran Islam, 37(1), 27–35. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/view/310

Maimunah. (2016). Metode penggunaan media pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). doi: 10.28944/afkar.v5i1.107

Malik, M. S. (2020). Analisis HOTS, 4C, literasi, dan pendidikan karakter dalam Seni Budaya dan Prakarya MI/SD Kurikulum 2013. Elementary Islamic Teacher Journal, 8(1), 59–82. doi:http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v8i1.6727

Masruhani, S. N. (2016). Pola interaksi guru dan siswa pada pendidikan Islam klasik. Jurnal Qathruna, 3(2), 143–160. Retrieved from http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/qathruna/article/view/24

Musfiqon. (2012). Pengembangan media belajar dan sumber belajar. Jakarta: Prestasi Pustakakarya.

Muzani, J. S. (2011). Pengembangan bahan ajar mata kuliah Inovasi Pendidikan dengan model ADDIE (Master's thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Nurdiani, N. (2014). Teknik sampling Snowball dalam penelitian lapangan. Comtech: Computer, Mathematics And Engineering Applications, 5(2), 1110–1118. doi: 10.21512/comtech.v5i2.2427

Nurseto, T. (2011). Membuat media pembelajaran yang menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. doi:10.21831/jep.v8i1.706

Pargito. (2010). Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan (Master's thesis, Universitas Lampung, Bandar Lampung).

Pramono, A., Pujiyanto, P., & Arimbawa, A. R. (2019). Desain tematik game edukasi untuk peningkatan nilai kepedulian dan ketekunan pada karakter anak dengan model asinkron. JADECS: Jurnal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies, 4(1), 48–55. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um037v4i12019p48-55

Pranata, M. (2004). Efek redundansi: Desain pesan multimedia dan teori pemrosesan informasi. Nirmana, 6(2), 171–182. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/dkv/article/view/16340

Pranata, M. (2005). Efek tampilan visual seduktif desain pesan multimedia. Nirmana, 7(2), 118–125. Retrieved from https://ojs.petra.ac.id/ojsnew/index.php/dkv/article/view/16517

Ratnawulan, E., & Rusdiana, H. A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Rohani. (2019). Diktat media pembelajaran (Teaching resource, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/8503/

Sari, A. K., & Winda, T. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466. doi: https://doi.org/10.52060/mp.v4i2.179

Setiawan, A. (2012). Pengembangan media pembelajaran pembuatan patung cetak berbahan gips berbasis PowerPoint Interaktif untuk menunjang pembelajaran Seni Budaya di tingkat SMA (Thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Sudiantini, D., & Shinta, N. D. (2018). Pengaruh media pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kreatif dan penalaran matematis siswa. JPPM: Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 177–186. doi: http://dx.doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2996

Suroso, Harimurti, & Harsono, M. (2008). Alternatif perkuatan tanah lempung lunak (soft clay), menggunakan cerucuk dengan variasi panjang dan diameter cerucuk. Jurnal Rekayasa Sipil, 2(1), 47–61. Retrieved from https://www.rekayasasipil.ub.ac.id/index.php/rs/article/view/116

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Proceedings of Seminar Nasional Riset Inovatif IV, 208–216. Retrieved from https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/352

Downloads

Published

2022-03-25

How to Cite

Habibah, W. R. P. ., Ratnawati, I. ., & Sutrisno, A. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Membuat Patung Berbahan Clay Kelas IX Semester 1 SMP Negeri 11 Malang. Journal of Language Literature and Arts, 2(3), 360–377. https://doi.org/10.17977/um064v2i32022p360-377

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>