Perancangan Buku Infografis sebagai Media Informasi tentang Penyakit-Penyakit Kronis bagi Remaja
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p794-807Keywords:
penyakit kronis, infografis, desain karakter, ilustrasiAbstract
Abstract: Chronic disease is a scourge that everyone fears. These diseases are formed during adolescence and will attack in old age. This situation is due to the lack of health information media that teenagers can easily understand. Infographics are short, dense, and clear information media and are very easy to digest and understand. In addition, infographics are suitable media to convey medical information quickly and attractively. In addition, infographics are equipped with attractive visuals. Therefore, this article aims to describe the design of an infographic book as a medium of information about chronic diseases for adolescents. The method used in this design is to process secondary data in the form of written data and visual data obtained from sources on the internet, as for making illustrations using the semiotic method. This design resulted in 13 infographics which were collected into a digital book and available in various formats. This infographic book is also equipped with audio that can be accessed easily.
Keywords: chronic disease, infographics, character design, illustration
Abstrak: Penyakit kronis adalah sebuah momok yang ditakuti oleh semua orang. Pada kenyataannya, penyakit jenis tersebut terbentuk pada saat usia remaja dan akan menyerang pada saat tua. Munculnya penyakit tersebut seringkali disebabkan karena kurangnya media informasi kesehatan yang bisa dengan mudah dipahami oleh kalangan remaja. Infografis adalah salah satu media informasi yang singkat, padat, dan jelas, dan mudah untuk dicerna dan dipahami. Selain itu, infografis juga dilengkapi dengan visual yang menarik dan dinilai dapat menjadi media yang tepat untuk menyampaikan informasi medis. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan perancangan buku infografis sebagai media informasi tentang penyakit-penyakit kronis bagi remaja. Metode yang digunakan pada perancangan ini adalah dengan mengolah data sekunder yang berupa data tertulis dan data visual yang didapatkan dari sumber-sumber yang ada di internet. Adapun dalam pembuatan ilustrasinya digunakan metode semiotik. Perancangan ini menghasilkan 13 infografis yang dikumpulkan menjadi sebuah buku digital dan tersedia dalam berbagai format. Buku infografis ini juga dilengkapi dengan audio yang bisa diakses dengan mudah.
Kata kunci: penyakit kronis, infografis, desain karakter, ilustrasi
References
Anggarini, A., Bangun, D. A. N., & Saripudin, I. (2020). Alternatif model penyusunan mood board sebagai metode berpikir kreatif dalam pengembangan konsep visual. Journal Printing and Packaging Technology, 1(1). Retrieved from http://jurnal.pnj.ac.id/index.php/ppt/article/view/2455
Australian Institute of Health and Welfare. (n.d.). Chronic disease overview. Retrieved from https://www.aihw.gov.au/reports-data/health-conditions-disability-deaths/chronic-disease/overview
Centers for Disease Control and Prevention. (2021). About chronic diseases. Retrieved from https://www.cdc.gov/chronicdisease/about/index.html
Ja’far, A. (2014). TA: Penciptaan buku ilustrasi permainan tradisional sebagai upaya melestarikan warisan budaya lokal (Undergraduate Thesis, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya, Surabaya, Indonesia). Retrieved from http://repository.dinamika.ac.id/id/eprint/4180/
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (n.d.). Publikasi data dan informasi. Retrieved September 28, 2020, from https://www.kemkes.go.id/folder/view/01/structure-web-content-publikasi-data.html
Kurniasih, N. (2017, November 13). Infografis. INA-Rxiv. https://doi.org/10.31227/osf.io/5jh43
Listya, A. (2019). Konsep dan penggunaan warna dalam infografis. Jurnal Desain, 6(01), 10–19.
Mustinda, L. (2020, December 3). Ini urutan penyakit mematikan versi WHO. Detik Health. Retrieved from https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5279822/ini-urutan-penyakit-mematikan-versi-who
Nieminen, M. (2017). Psychology in character design: Creation of a character design tool. (Undergraduate thesis, South-Eastern Finland University of Applied Sciences).
Nurani, A., & Ramadhani, N. (2014). Perancangan buku interaktif jarimatika penjumlahan dan pengurangan sebagai alternatif pembelajaran matematika untuk anak usia 5-7 tahun. Jurnal Sains dan Seni ITS, 3(1), F13–F17.
Nurhidayat, S. (2015). Faktor risiko penyakit kardiovaskuler pada remaja di Ponorogo. Jurnal Dunia Keperawatan, II(2), 40–47.
Nurjanah, A., Sidhartani, S., & Pratama, D. (2018). Perancangan karakter visual siti walidah sebagai pahlawan perempuan Indonesia dalam film animasi. Visual Heritage: Jurnal Kreasi Seni Dan Budaya, 1(01), 16–19.
Paranggeni, R. D. (2020). Perancangan buku infografis going and living small. (Undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta).. Retrieved from http://lib.isi.ac.id
Putri, D. A. (2018). Perancangan buku infografis mengenai sinestesia. (Undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/3802/
Rizal, M. Z. (2017). Perancangan buku infografis sejarah dan ornamen simbolik pada Masjid Kajen. (Undergraduate thesis, Institut Seni Indonesia Yogyakarta). Retrieved from http://digilib.isi.ac.id/2160/
Rosdiana, A. I., Raharjo, B. B., & Indarjo, S. (2017). Implementasi program pengelolaan penyakit kronis (Prolanis). HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development), 1(3), 140–150.
Sari, D. M., (2018, March 25). Industri komik indonesia dan sebuah optimisme. Kumparan. Retrieved from https://kumparan.com/dieny-maya-sari/industri-komik-indonesia-dan-sebuah-optimisme
Scully, J. L. (2004). What is a disease? EMBO Reports, 5(7), 650–653. https://doi.org/10.1038/sj.embor.7400195
Sya’dian, T. (2019). Analisis semiotika pada film Laskar Pelangi. PROPORSI : Jurnal Desain, Multimedia dan Industri Kreatif, 1(1), 51–63. https://doi.org/10.22303/proporsi.1.1.2015.51-63
Wibawa, M. (2021). Penciptaan infografis transformasi visual garuda di media sosial. JADECS (Journal of Art, Design, Art Education & Cultural Studies), 5(2), 60–66.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.