Perancangan Game 3D sebagai Pengenalan Lingkungan Kampus Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i102021p1341-1357Abstract
Abstract: The State University of Malang as one of the largest universities in the city of Malang has various faculties, departments and study programs. The number of study programs is certainly supported by the many facilities owned to support academic and non-academic activities. This article aims to create interactive media that can be used to introduce the environment and facilities owned by the Malang State University campus to students and the wider community. Especially with the current Covid-19 pandemic, this media is the most appropriate media both in terms of environmental recognition and in terms of promotion. This design is carried out using a procedural method, which uses the steps that must be followed and completed to produce a product. The stages start from concept creation, pre-production, production, and post-production. This design produces media in the form of 3D games with a file size of 174 mb with two modes, namely Road Tour and Time Race, which aims to introduce the environment on the Malang State University campus starting from the environmental atmosphere, buildings and existing facilities. The results of the alpha test show that the game can run quite well even though there are still shortcomings in certain aspects, and the results of the beta test show that when the game is run on a computer with general specifications, provided that the game is set to quality very low, the game is able to run very well.
Keywords: UM campus, facilities, 3D Game
Abstrak: Universitas Negeri Malang sebagai salah satu perguruan tinggi terbesar di kota Malang memiliki berbagai macam fakultas, jurusan dan program studi. Banyaknya program studi tentu didukung oleh banyaknya fasilitas yang dimiliki untuk menunjang kegiatan akademik dan non akademik. Artikel ini bertujuan untuk membuat media interaktif yang dapat digunakan untuk mengenalkan lingkungan dan fasilitas yang dimiliki oleh kampus Universitas Negeri Malang kepada para pelajar dan masyarakat luas. Apalagi dengan adanya pandemi Covid -19 yang sedang terjadi saat ini, media ini merupakan media yang paling tepat baik dari segi pengenalan lingkungan maupun dari segi promosi. Perancangan ini dilakukan menggunakan metode prosedural, dimana menggunakan tahap-tahap yang harus diikuti dan diselesaikan untuk menghasilkan sebuah hasil produk. Tahapan dimulai dari pembuatan konsep, pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Perancangan ini menghasilkan media berupa Game 3D dengan ukuran file sebesar 174 mb dengan dua mode yaitu Road Tour dan Time Race, yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan yang berada di kampus Universitas Negeri Malang mulai dari suasana lingkungan, bangunan dan fasilitas fasilitas yang ada. Hasil pengujian tes alpha menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan cukup baik meskipun masih ada kekurangan di beberapa aspek tertentu, dan hasil dari pengujian tes beta menunjukkan bahwa ketika game dijalankan di komputer berspesifikasi umum dengan ketentuan menggunakan pengaturan quality very low game mampu berjalan dengan sangat baik.
Kata kunci: kampus UM, fasilitas, Game 3D
References
genre game online yang perlu anda ketahui. (2019, June 24). Okezone Techno. Retrieved from https://techno.okezone.com/read/2019/06/24/326/2070092/8-genre-game-online-yang-perlu-anda-ketahui
Agustin, R. D. (2017). Kerangka analisis komponen konsep dan desain game. Jitter, 3(2), 10. doi: https://doi.org/10.33197/jitter.vol3.iss2.2017.125
Azmy, A. (2015). Pengembangan kompetensi sumber daya manusia untuk mencapai career ready professional di Universitas Tanri Abeng. Binus Business Review, 6(2), 220–232. doi: https://doi.org/10.21512/bbr.v6i2.971
Gunawan, I., Sari, D. A. A., Agustian, S., Marwiyah, S., Bagaskara, N. D., Sa’diyyah, M., . . .Sari, D. A. A. (2017). Prestasi belajar mahasiswa fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 2(2), 171–177. doi: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p171
Luhulima, D. A., Degeng, N. S., & Ulfa, S. (2018). Pengembangan video pembelajaran karakter mengampuni berbasis animasi untuk anak Sekolah Minggu. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran): Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(2), 110–120. Retrieved from: http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2376
Niiranen, S. (2019). Supporting the development of students’ technological understanding in craft and technology education via the learning-by-doing approach. International Journal of Technology and Design Education, 31, 1–13. doi: https://doi.org/10.1007/s10798-019-09546-0
Pramono, A., Pujiyanto, P., Puspasari, B. D., & Dhanti, N. S. (2021). Character thematic education game “AK@R” of society themes for children with Malang-Indonesian visualize. International Journal of Instruction, 14(2), 179–196. doi: https://doi.org/10.29333/iji.2021.14211a
Pratama, L. D., Lestari, W., & Bahauddin, A. (2019). Game Edukasi: Apakah membuat belajar lebih menarik? At-Ta’lim: Jurnal Pendidikan, 5(1), 39–50. doi: https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.64
Putri, P. H., Suyanto, M., & Fatta, H. A. (2015). Perancangan Game Design Document Serious Game permainan tradisional Engklek Sleman Yogyakarta. Proceedings of Seminar Nasional Informatika 1(1). Retrieved from http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/SNIf/article/view/232
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan game edukasi pengenalan nama hewan dan habitatnya dalam 3 bahasa sebagai media pembelajaran berbasis multimedia. Jurnal Algoritma, 13(1), 184–190. doi: https://doi.org/10.33364/algoritma/v.13-1.184
Roettl, J., & Terlutter, R. (2018). The same video game in 2D, 3D or virtual reality–How does technology impact game evaluation and brand placements? PloS One, 13(7), e0200724. doi: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0200724
Suryadi, A. (2017). Perancangan aplikasi game edukasi menggunakan model waterfall. Jurnal Petik, 3(1), 8–13. doi: 10.31980/jpetik.v3i1.352
Universitas Negeri Malang. (2020). Prospektus 2020. Malang: UM Press.
Vitianingsih, A. V. (2016). Game edukasi sebagai media pembelajaran pendidikan anak usia dini. Inform, 1(1), 25–32. doi: https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.220
Wardhana, M. I. (2013). Menjadi desainer dan pengembang game. Malang: Surya Pena Gemilang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 alif darmawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.