Perancangan Desain Web sebagai Media Interaktif Nusantara Wedding Expo
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p137-150Keywords:
desain web, media interaktif, pameran pernikahanAbstract
Abstract: Nusantara Wedding Expo is one of the businesses that has been affected by the Minister of Health regulation during the COVID-19 pandemic. So that the exhibition can be held safely, interactive media is required to connect wedding businesses with the bride and groom. Therefore, a website is chosen as the media for the virtual exhibition, as it can provide what the user needs and can be accessed easily. The purpose of this design is to create web-based media that can be used as a tool for the virtual exhibition of the Nusantara Wedding Expo. This design uses Suyanto’s design method, with the stages of formulating the background, formulating problems, collecting data from library data to field data, analyzing data, making syntheses, determining site goals, making work schedules, sitemap, sketches to producing the final design. The result of this design is interactive media in the form of a website. This website has a dimension of 1366 x 768 px with some supporting media such as video tutorials on how to use the website and a banner on digital media.
Keywords: web design; interactive media; wedding expo
Abstrak: Nusantara Wedding Expo adalah salah satu bisnis yang terdampak oleh peraturan dari Menteri Kesehatan tentang PSBB di tengah pandemi COVID-19. Supaya pameran tetap dapat diselenggarakan secara aman, penyelenggara Nusantara Wedding Expo memerlukan sebuah media interaktif untuk menghubungkan bisnis pernikahan dan para calon pengantin. Maka dari itu situs web dipilih agar dapat memenuhi kebutuhan pengunjung serta dapat diakses dengan mudah dan aman. Dari tujuan tersebut, perancangan ini berfungsi untuk membuat media berbentuk situs web yang dapat digunakan sebagai sarana pameran virtual Nusantara Wedding Expo. Perancangan ini menggunakan metode perancangan Suyanto, dengan tahapan berupa merumuskan latar belakang, merumuskan masalah, mengumpulkan data dari data pustaka dan data lapangan, menganalisis data, membuat sintesis, menentukan tujuan situs, membuat jadwal kerja, sitemap, sketsa hingga menghasilkan desain final. Hasil dari perancangan ini adalah media interaktif berupa situs web untuk pameran virtual Nusantara Wedding Expo. Situs web ini berdimensi 1366 x 768 px dan dilengkapi dengan media pendukung berupa video tutorial cara penggunaan situs web serta banner pada media digital.
Kata kunci: desain web, media interaktif, pameran pernikahan
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Banindro, B.S. (2018). Kapita selekta. Yogyakarta: Dwi-Quantum.
Beaird, J. (2010). The principles of beautiful web design. Canada: SitePoint Pty Ltd.
Biarezky, B. (2019.) “Bridestory Menghadirkan Prediksi Tren 2019 dan Ulasan Data Pernikahan 2018 - Bridestory Blog.” Bridestory. (https://www.bridestory.com/id/blog/bridestory-presents-2019-wedding-trend-forecast-and-2018-wedding-insights).
Biarezky, B. (2020). “Biar Cinta Bercerita: A New Normal Wedding Report 2020 - Bridestory Blog.” Bridestory. (https://www.bridestory.com/id/blog/biar-cinta-bercerita-a-new-normal-wedding-report-2020).
Cenadi, C.S. (1999). “Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual.” (https://www.researchgate.net/publication/43330420_ELEMENLEMEN_DALAM_DESAIN_KOMUNIKASI_VISUAL).
Darmawan, D. (2013). Desain dan pemrograman website. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fitriah, M. (2018). Komunikasi pemasaran melalui desain visual. Yogyakarta: Deepublish.
Hermanto, Y. A. L., Pahlevi, A.S., & Sutrisno, A.A. (2019). Identifikasi ilustrasi-tipografi graphic vernacular sebagai sistem tanda dan identitas Warung Tenda di Kota Malang.” Jadecs.
Hermanto, Y. A. L., Pahlevi, A.S., Sutrisno, A.A., & Ibrahim, N.B. (2021). Mega shifts in the business pivot in visual communication design subsector during the COVID-19 pandemic. KnE Social Sciences. doi: 10.18502/kss.v5i3.8562.
Ibrahim, A. (2008). Cara praktis membuat website dinamis menggunakan XAMPP. Yogyakarta: Neotekno.
Nazir, M. (1998). Metode penelitian. Jakarta: PT. Ghalia Indonesia.
Suhendra, F.I., & Wardhani, I.J.T. (2015). Manajemen event pameran pernikahan tradisional lintas warna. Universitas Islam Bandung.
Suyanto, A.H. (2007). Step by step: Web design theory and practices. Yogyakarta: Andi Offset.
Tague, N.R. (2005). The quality toolbox, American society for quality. Milwaukee: Quality Press.” (https://kupdf.net/download/e1224the-quality-toolbox-decry_5afadccee2b6f5781c4175a0_pdf%20diakses%2010%20Januari%202021).
Utomo, W.P. (2019). Memahami perilaku millennial Indonesia. (https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-millennial-report-2019-by-idn-times.pdf).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.