Penggunaan Media Mentimeter pada Pembelajaran Daring Bahasa Mandarin Kelas XI SMAN 1 Malang

Authors

  • Krismonika Puja Sakti Universitas Negeri Malang
  • Tiksno Widyatmoko Universitas Negeri Malang
  • Octi Rjeky Mardasari Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0003-4369-253X

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p217-227

Keywords:

Mentimeter, online learning, Chinese language

Abstract

Abstract: Chinese language learning which was originally carried out offline has been shifted to an online system due to the Covid-19 pandemic. This situation makes the teachers unable to freely control the students. The activeness of students to get involved and participate is also reduced due to the limited interaction in the online learning process. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the mentimeter learning media on student learning outcomes and to describe the use of mentimeters in online learning of the Chinese across-interests program. This study uses a quantitative approach and also a qualitative descriptive approach. The sources of data used are second grade students of the across-interests program at Senior High School 1 of Malang as many as 22 students. The data obtained in this study were in the form of average scores of pretest and posttest results and the documentation in the form of screenshots from presentations and quizzes. The data analysis was carried out by hypothesis testing using the paired sample t-test. The results showed that the mentimeter media was effectively used in learning Chinese and on average students were able to run the mentimeter and were able to play the quizzes that had been provided for online learning in second grade students of the across-interests program at 1st Senior High School of Malang.

Keywords: mentimeter; online learning; Chinese language

Abstrak: Pembelajaran bahasa Mandarin yang semula dilaksanakan secara luring dialihkan menjadi sistem daring akibat pandemi Covid-19. Hal tersebut membuat guru tidak bisa leluasa dalam mengontrol peserta didik. Keaktifan peserta didik untuk ikut terlibat dan berpartisipasi pun menjadi berkurang karena terbatasnya interaksi dalam pembelajaran daring. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran mentimeter terhadap hasil belajar peserta didik dan mendeskripsikan penggunaan mentimeter pada pembelajaran daring lintas minat bahasa Mandarin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan juga pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah peserta didik kelas XI lintas minat SMA Negeri 1 Malang sebanyak 22 peserta didik. Perolehan data dalam penelitian ini berupa rata-rata skor hasil tes pretest dan posttest serta dokumentasi yang berupa hasil tangkapan layar dari presentasi dan kuis mentimeter. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa media mentimeter efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin dan rata-rata peserta didik dapat menjalankan mentimeter serta mampu memainkan kuis yang telah disediakan pada pembelajaran daring di kelas XI Lintas Minat SMA Negeri 1 Malang.

Kata kunci: mentimeter; pembelajaran daring; bahasa Mandarin

References

Andriani, A., Dewi, I., & Sagala, P. (2019). Development of blended learning media using the Mentimeter application to improve mathematics creative thinking skills. Journal of Physics Conference Series, 1188(1), 287–294. doi: 10.1088/1742-6596/1188/1/012112.

Andrini, V. S., & Pratama, H. (2021). Implementasi quiz interaktif dengan software Mentimeter dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 291–292. doi: http://dx.doi.org/10.23887/mi.v26i2.36923

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: Pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 oleh guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), 286–287. doi: https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Mohin, M. K., Kunzwa, L., & Patel, S. (2020). Using Mentimeter to enhance learning and teaching in a large class (University of Hertfordshire, Hatfield, United Kingdom). Retrieved from https://edarxiv.org/z628v/

Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? The Internet and Higher Education, 14(2), 129–135. doi: 10.1016/j.iheduc.2010.10.001

Moorhouse, B., & Konhke, L. (2020). Using Mentimeter to elicit student responses in the EAP/ESP classroom. RELC Journal, 51(1), 198–204. doi: https://doi.org/10.1177/0033688219890350

Mualimah, A., Praherdhiono, H., & Adi, E. (2019). Pengembangan kuis interaktif nahwu sebagai media pembelajaran drill and practice pada pembelajaran nahwu di Pondok Pesantren Salafiyah Putri Al-Ishlahiyah Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 203–212. doi: https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p203

Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran daring melalui media game edukasi Quizizz pada masa pencegahan penyebaran Covid-19. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(3), 145–150. Retrieved from https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/pedagogy/article/view/2645

Putri, N. A., Wijoyo, S. H., & Herlambang, A. D. (2021). Pengaruh media pembelajaran interaktif Mentimeter terhadap keaktifan, motivasi, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran daring di kelas X program keahlian multimedia mata pelajaran Teknik Pengolahan Audio dan Video SMK Negeri 7 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(7), 3062–33068. Retrieved from https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9473

Santoso, S. (2014). Statistik parametrik (Revision ed.). Jakarta: Elex Media.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan pembelajaran yang efektif dan berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103/1239

Suarni. (2017). Meningkatkan keaktifan belajar siswa pada kompetensi dasar organisasi pelajaran PKN melalui pendekatan pembelajaran pakem untuk kelas IV SD Negeri Medan Johor T.A. 2014/2015. Journal of Physics and Science Learning (PASCAL), 1(2), 130–131. Retrieved from https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/PASCAL/article/view/347

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sunarti, S. (2021). Kompetensi Widyaiswara dalam mengembangkan presentasi interaktif online dengan aplikasi Mentimeter di balai diklat keagamaan Palembang. Jurnal Perspektif, 14(2), 304–320. doi: https://doi.org/10.53746/perspektif.v14i2.57

Supriadi, N., Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2020). Implementasi e-learning aplikasi Quizizz untuk meningkatkan hasil pembelajaran bahasa Mandarin di Purwokerto. Proceedings of Seminar Nasional, 10(1), 308–316. Retrieved from http://jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/Prosiding/article/view/1359

Syaputra, A. F., Mantasiah, R., & Rijal, S. (2021). Web-based mentimeter learning media in learning German writing skills. Proceedings of ICSAT the 9th Edition, 1720–1726. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/19540

Thoifah, I. (2015). Statistika pendidikan dan metode penelitian kuantitatif. Malang: Madani Media.

Vallely, K., & Gibson, P. (2018). Engaging students on their devices with mentimeter University of Greenwich. Compass: journal of learning and teaching, 11(2), 1–6. doi: 10.21100/compass.v11i2.843

Winarti. (2013). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa pokok bahasan penyusutan aktiva tetap dengan metode menjodohkan kotak. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan 8(2), 123–132. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/view/3368

Zulfa, D. R., & Huda, N. (2021). Efektivitas media mentimeter pada pemahaman materi bahasa Arab era pandemi Covid-19. Alibbaa’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(1), 26–40. doi: https://doi.org/10.19105/alb.v2i1.4142

Downloads

Published

2022-02-17

How to Cite

Sakti, K. P., Widyatmoko, T. ., & Mardasari, O. R. . (2022). Penggunaan Media Mentimeter pada Pembelajaran Daring Bahasa Mandarin Kelas XI SMAN 1 Malang. Journal of Language Literature and Arts, 2(2), 217–227. https://doi.org/10.17977/um064v2i22022p217-227

Issue

Section

Articles