Penerapan Media Sosial IGTV pada Mata Kuliah Menyimak 1 Universitas Negeri Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i52023p617-629Keywords:
IGTV, Mata Kuliah Menyimak 1 , media pembelajaranAbstract
Penerapan Media Sosial IGTV pada mata kuliah Menyimak 1 Universitas Negeri Malang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan penerapan media sosial IGTV pada mata kuliah Menyimak 1 dan mendeskripsikan respon mahasiswa terkait penerapan media sosial IGTV pada mata kuliah Menyimak 1. Dengan memanfaatkan perkembangan teknologi terutama media sosial, penggunaan media sosial IGTV diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam melatih kemampuan keterampilan menyimak. Peran serta respon mahasiswa semester 3 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang menjadi sumber data serta data pada penelitian ini. Kajian ini memanfaatkan metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif memakai instrumen lembar angket serta lembar observasi. Hasil penelitian terhadap Penerapan Media Sosial IGTV pada mata kuliah Menyimak 1 Universitas Negeri Malang menyatakan bahwa penerapan sosial media IGTV sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Menyimak 1 dapat membantu mahasiswa dalam melatih kemampuan keterampilan menyimak dan menarik perhatian serta minat mahasiswa ketika kegiatan proses belajar mengajar berlangsung. Kondisi ini dapat terlihat di saat aktivitas pembelajaran tengah berlangsung, mahasiswa menunjukkan sikap antusias dan dapat memahami konten materi terkait. Penerapan media sosial IGTV sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Menyimak 1 dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang efektif juga efisien. Media sosial IGTV bisa mahasiswa akses dimanapun serta kapanpun.
Kata kunci: media sosial IGTV; keterampilan menyimak; bahasa Mandarin
The Application of IGTV Social Media in The Listening 1 State University of Malang
The application of IGTV social media in the Listening 1, State University of Malang, aims to describe the application of IGTV social media in the Listening 1 course and describe students’ responses related to the application of IGTV social media in the Listening 1 course. By utilizing technological developments, especially social media, the use of IGTV social media is expected to help students in practicing listening skill. The participation and response of students in the 3rd semester of the Mandarin Language Education Study Program, State University of Malang became a source of data and data in this study. This research uses a descriptive research method with a qualitative approach with observation sheet and questionnaire sheet as the instruments. The results of the research on the application of IGTV social media in the Listening 1, State University of Malang, stated that the application of IGTV social media as a learning medium in the Listening 1 course can help students training their listening skill and attracting students' attention and interest during teaching and learning activities. This can be seen when the process of teaching and learning activities takes place, students show enthusiastic attitude and can understand the content of related material. The application of IGTV social media as a learning medium in the Listening 1 course can be said to be an effective and efficient learning media. This IGTV social media can be accessed by students anywhere and anytime.
Keywords: IGTV social media; listening skill; Mandarin language
References
Annur, C. M. (2021). Inilah Bahasa yang paling banyak dipakai di dunia, bagaimana bahasa Indonesia? https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/01/inilah-bahasa-yang-paling-banyak-dipakai-di-dunia-bagaimana-bahasa-indonesia.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. https://www.rajagrafindo.co.id/produk/media-pembelajaran/.
Atqiya. (2020). Bahasa Tersulit di dunia, memang ada bahasa yang sulit? http://pps.unida.gontor.ac.id/bahasa-tersulit-di-dunia-memang-ada-bahasa-yang-sulit/.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Farih, M. (2022). Instagram adalah Media Sosial berbasis Foto dan Video, Pahami Fungsi dan Fiturnya. https://www.merdeka.com/sumut/instagram-adalah-media-sosial-berbasis-foto-dan-video-simak-penjelasannya-kln.html.
Guba, E.G, L. (n.d.). Effective Evaluation. San Fransisco: JosseseyBas Publishers.
Guntur, T. H. (1986). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung.
Ilana, V. (2021). Pengembangan Media Podcast untuk Keterampilan Menyimak Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. http://journal3.um.ac.id/index.php/fs/article/view/228.
Ilana, V. R., Hidayat, E., & Mardasari, O. R. (2021). Pengembangan Media Podcast untuk Keterampilan Menyimak Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(2), 151–161. https://doi.org/10.17977/um064v1i22021p151-161
Moleong, L. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif, Edisi. Jakarta: GP Press Group.
Naning. (2021). Mengenal IGTV: Manfaat, Cara Membuat, dan Fungsinya. https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-igtv/#:~:text=IGTV%20adalah%20fitur%20dari%20Instagram,video%20sekitar%201%2D15%20menit.
Nusantara. (2020). 4 keterampilan bahasa yang paling penting untuk dikuasai. https://literasinusantara.com/4-keterampilan-berbahasa/.
Rahmah, L. A., & Ahsanuddin, M. (2022). Pengembangan Media Podcast pada Aplikasi Spotify sebagai Media Pembelajaran Maharah al-Istima’. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(11), 1613–1625. https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1613-1625
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Suherlan, R. (2022). Daftar Media Sosial yang Paling Populer Tahun 2022. https://lifestyle.kontan.co.id/news/daftar-media-sosial-yang-paling-populer-tahun-2022-ada-whatsapp-dan-tiktok?page=allUnderwood, M. (1989). Teaching listening. London: Longman.
Sutopo, H. B. (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Universitas Negeri Sebelas Maret.
Wulandari, I. (2020). Penerapan Media Video 世界青年说 [shìjiè qīngnián shuō] pada matakuliah Menyimak Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. http://jerman.sastra.um.ac.id/selasar/wp-content/uploads/2020/11/17-IND015.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Celine Mevia Wijaya, Tiksno Widyatmoko, Sunarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.