Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website untuk Siswa SMA Islam

Authors

  • Nurul Izzah Universitas Negeri Malang
  • Dudy Syafruddin Universitas Negeri Malang
  • Sunarti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p148-164

Keywords:

develpoment, hanzi writing, module, website-integrated

Abstract

Penulisan hanzi merupakan salah satu materi yang sulit dipelajari pada keterampilan berbahasa Mandarin. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung siswa sering kali mengalami kesulitan dalam menulis hanzi. Hal tersebut disebabkan oleh masih kurangnya pemanfaatan media yang dapat melibatkan siswa secara aktif. Oleh karena itu diperlukan pengembangan media yang menunjang pembelajar menulis hanzi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengukur kelayakan dari media pembelajaran modul cetak menulis hanzi terintegrasi website. Pengembangan media ini menggunakan model ADDIE. Data yang digunakan yaitu data campuran (mixed) berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan untuk mengetahui kelayakan dari ahli media, ahli materi dan siswa. Data kualitatif digunakan untuk mengetahui jawaban dari guru bahasa Mandarin. Hasil yang diperoleh yakni media modul cetak menulis hanzi terintegrasi website ‘sangat layak’ untuk digunakan dalam pembelajaran menulis hanzi. Hal tersebut berdasarkan pada penilaian ahli media yang memperoleh hasil persentase sebesar 94 persen, dan ahli materi sebesar 97 persen dengan kriteria sangat layak. Hasil uji coba produk yang dilakukan kepada 11 siswa yakni memperoleh hasil persentase sebesar dengan kriteria sangat layak. Dengan demikian, media tersebut dapat menjadi solusi atas kesulitan penulisan hanzi pada siswa.

Kata kunci: pengembangan; modul; menulis hanzi; terintegrasi website

The Development of a Website Integrated Hanzi Writing Print Module of Islamic High School Students

Hanzi writing is one of the Chinese language skills that are difficult to learn. During the learning activities, students often have trouble and difficulties writing hanzi. This case is caused by the lack of the use of media that can actively involve the students. Hence, it is necessary to develop media that can encourage learners in writing hanzi. This study aims to generate and measure the feasibility of website-integrated in hanzi writing print module learning media. This media development uses the ADDIE model. The data used is mixed data in the form of quantitative and qualitative data. Quantitative data is used to determine the feasibility of media experts, material experts, and students. Qualitative data is used to find out the answers from Chinese teachers. The results obtained that the printed module media for writing Chinese integrated on the website is 'very feasible to be used in learning to write hanzi. This is based on the assessment of media experts who get a percentage result of 94 percent, and material experts by 97 percent with very decent criteria. The results of product trials conducted on 11 students obtained a percentage of the results with very feasible criteria. Thus, the media can be a solution to students' difficulties in writing Chinese hanzi.

Keywords: development; hanzi writing; module; website-integrated.

References

Anisah, N. (2018). Pengembangan Media ‘Menulis汉字’ Berbasis Flash Untuk Keterampilan Dasar Menulis Karakter Mandarin (汉字)Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin. https://core.ac.uk/display/289721875

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. In Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed., p. 413). PT Rineka Cipta.

Azizah, M. (2022). Pelatihan Keterampilan Menulis Hanzi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin UNM Melalui Pelatihan Menulis Hanzi. 5. https://doi.org/10.26858/dedikasi.v24i1.33335

Buanita, W., Lin, H., & Syofii, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Modul Cetak pada Mata Kuliah Kerja Pelat di Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Sriwijaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 7(1), 76–83. https://doi.org/10.36706/jptm.v7i1.7601

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Hamzah, A. (2020). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil. Literasi Nusantara.

Hariyati, Y., & Afifah, L. (2018). Pengembangan Media Mamzi (Make a Match Hanzi) Berbasis Multimedia untuk Melatih Keterampilan Menulis Siswa Kelas XI SMA. 7.

Herawati, F., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan Media Abelsa untuk Kemampuan Mengenal Konsep Seriasi Anak Usia 5-6 Tahun. 5, 8.

Heryani, Y., & Rustina, R. (2018). Implementasi Bahan Ajar Berbasis Masalah pada Perkuliahan Kapita Selekta Matematika Pendidikan Dasar. 4.

Hutasuhut, Y. F., & Yharsal, D. (2022). Pengembangan Media MIBI Tema Indahnya Kebersamaan Kelas IV SD. 8, 7. https://doi.org/10.32534/jps.v8i1.2955

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat Media dalam Pembelajaran. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyarakat. Kencana.

Lestari, L. H. (2018). Pengembangan Buku Saku “Fun Chinese Writing” 快乐写汉字 sebagai Penunjang Pembelajaran Menulis Hanzi untuk Siswa Kelas XI SMAN 1 Cerme Tahun Ajaran 2017/2018. 3(3), 6.

Maudiarti, S., Suma, A., & Prawiradilaga, D. S. (2015). Buku Kerja Prinsip Desain Pembelajaran Instructional Design Principles (1st ed.). Prenada Media Group.

Muliani, Saud, S., & Junaeny, A. (2020). Penerapan Metode Dikte 听写 (Tīngxiě) dalam Peningkatan Kosakata Bahasa Mandarin. 7.

Nafi’ah, M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran汉字笔画顺序 (Hànzì Bǐhua Shùnxu) Berbasis Multimedia untuk Melatih Menulis Karakter Hanzi pada Mata Pelajaran Bahasa Mandarin. http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/view/62420

Paramita, A. (2022). Pengembangan Media Yuxihan Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. https://doi.org/10.17977/um064v2i12022p67-76

Pranata, E. A., Christiana, E., & Chun – I, K. (2018). Keterampilan Membaca dan Menulis Karakter Hanzi Runner Divisi China Wedding di Perusahaan Varawedding. Century: Journal of Chinese Language, Literature and Culture, 6(2), 18–29. https://doi.org/10.9744/century.6.2.18-29

Sa’adah, R., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoretis dan Aplikatif (2nd ed.). Literasi Nusantara.

Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Sukarini, K., & Manuaba, I. B. S. (2021). Video Animasi Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI Sekolah Dasar. 8(1), 9. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32347

Supriadi, N., (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Huruf Hanzi Bahasa Mandarin oleh Pembelajar Pemula di Purwokerto. 9(1), 7.

Supriyono, S. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, II. https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Rosdakarya.

Syam, A. B., Dalle, A., & Junaeny, A. (2020). Journal of Language and Literature. 7. https://doi.org/10.26858/phonologie.v1i1.16524

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Izzah, N., Syafruddin, D. ., & Sunarti, S. (2023). Pengembangan Modul Cetak Menulis Hanzi Terintegrasi Website untuk Siswa SMA Islam. Journal of Language Literature and Arts, 3(1), 148–164. https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p148-164

Issue

Section

Articles