Efektivitas Modul Puisi Tiongkok Klasik Era Dinasti Tang pada Mata Kuliah Sejarah Kesusastraan Tiongkok
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v2i112022p1626-1638Keywords:
modul puisi Tiongkok klasik, Dinasti Tang, sejarah kesusastraan TiongkokAbstract
Abstract: The Chinese Literary History (CLH) Course is one of the Self-development Courses presented for students of the Chinese Language Education Study Program of Universitas Negeri Malang. This course is considered difficult and some students argue that there are still shortcomings in the learning materials. To overcome this problem, the lecturers have developed a digital module entitled Classical Chinese Poetry in the Tang Dynasty Era. This research is aimed to test the effectiveness of the module in helping students in the CLH Course from Class of 2020 understand classical Chinese poetry material and to see changes in students’ learning outcomes. The research method used is a mixed method with respondents of 44 students from class of 2020. The data were obtained from test results and questionnaires filled out by students. The research results revealed that after the use of this module, the average score of students has increased, although there are still 11 out of 44 students who have decreased grades. The results of this study showed that the use of this module is effective for learning because it helps students understand the material and students gave good responses to the use of the module during learning.
Keywords: effectiveness; module of classical Chinese poetry; Tang Dynasty; Chinese literary history course
Abstrak: Sejarah Kesusastraan Tiongkok merupakan salah satu mata kuliah pengembangan diri yang disajikan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan bahasa Mandarin (PSPBM) di Universitas Negeri Malang. Mata kuliah ini dianggap memiliki kesulitan yang tinggi dan sebagian mahasiswa berpendapat bahwa masih terdapat kekurangan pada bahan belajar yang relevan terhadap materi pada mata kuliah tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, dosen telah mengembangkan modul digital dengan judul Puisi Tiongkok Klasik Era Dinasti Tang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan modul Puisi Tiongkok Klasik Era Dinasti Tang pada pembelajaran daring Mata kuliah Sejarah Kesusastraan Tiongkok bagi mahasiswa PSPBM Angkatan 2020. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode campuran dengan responden 44 mahasiswa angkatan 2020. Penelitian ini menggunakan data hasil tes dan angket respons mahasiswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa setelah penggunaan modul, nilai rata-rata mahasiswa mengalami kenaikan, meskipun masih terdapat 11 dari 44 mahasiswa yang mengalami penurunan nilai. Mahasiswa memberikan respons baik terhadap penggunaan modul selama pembelajaran berlangsung. Mereka merasa senang dan terbantu dalam memahami materi Puisi Tiongkok Klasik. Kesimpulan yang bisa diambil adalah bahwa penggunaan modul ini efektif untuk pembelajaran karena dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi.
Kata kunci: efektivitas; modul puisi Tiongkok klasik; Dinasti Tang; mata kuliah sejarah kesusastraan Tiongkok
References
Anam, R. S. (2017). Instrumen penelitian yang valid dan reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1). Retrieved from https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1908154
Azzahra, F., & Prayogo, J. A. . (2022). Development of Flipbook Based Module as Learning Media on a Phonology Course. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1442–1452. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1442-1452
Badawi, A. I., & Qaddafi, M. (2015). Efektivitas penggunaan modul berbasis lingkungan terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII SMP Negeri 28 Bulukumba. JPF: Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2), 110–114. doi: https://doi.org/10.24252/JPF.V3I2.3716
Daely, B. (2020). Pengembangan modul pembelajaran bahasa indonesia pada materi menyusun resensi untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI SMA. Jurnal Education and Development, 8(2), 304. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1718
Hertanto, E. (2017). Perbedaan skala Likert lima skala dengan modifikasi skala Likert empat. Metodologi Penelitian, September 2017. Retrieved from https://www.academia.edu/34548201/PERBEDAAN_SKALA_LIKERT_LIMA_SKALA_DENGAN_MODIFIKASI_SKALA_LIKERT_EMPAT_SKALA
Katalog Departemen Bahasa Jerman 2020. (2020). Malang: Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang.
Laksana, A. P., & Hadijah, H. S. (2019). Kemandirian belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 1. doi: https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14949
Mardasari, O. R., Ventivani, A., Ul Muyassaroh, L., & Padilah, W. R. (2020). Pengembangan e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar. Proceedings of Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 5. Retrieved from http://repository.um.ac.id/1159/
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Qualitative data analysis: A sourcebook of new method (T. Rohendi, Trans.). Jakarta: UI Press.
Ningsih, A. (2018). Pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar Ekonomi kelas X di SMAN 2 Gunung Sahilan. Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR, 6(2), 157–163. Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/2746
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran Fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa SMA. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 17–25. Retrieved from https://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/PendidikanFisika/article/view/7155
Putri, D. F., Suparmi, & Sarwanto. (2014). Pengembangan modul interaktif berbasis inkuiri terbimbing pada pokok bahasan fluida di SMKN 6 Surakarta. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 3(01). doi: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/inkuiri/article/view/4650
Rhilmanidar, Ramli, M., & Ansari, B. I. (2020). Efektivitas modul pembelajaran berbantuan software GeoGebra pada materi bangun ruang sisi datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142–155. doi: https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17915
Sa’adah, F. (2016). Analisis kesalahan berbahasa dan peranannya dalam pembelajaran bahasa asing. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam dan Sosial, 14(1).
Samiasih, R., Sulton, & Praherdhiono, H. (2013). Pengembangan e-module mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan interaksi makhluk hidup dengan lingkungannya. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2). Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/edcomtech/article/view/2082
Sugiyono. (2009). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vebrianto, R., Thahir, M., Putriani, Z., Mahartika, I., Ilhami, A., & Diniya. (2020). Mixed methods research: Trends and issues in research methodology. Bedelau: Journal of Education and Learning, 1(2), 63–73. doi: https://doi.org/10.55748/bjel.v1i2.35
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rahmad Huda Nur Fauzi, Dudy Syafruddin, Octi Rjeky Mardasari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.