Keefektifan Video Pembelajaran Little Fox Chinese terhadap Minat Belajar Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 5 Malang

Authors

  • Elly Chossy Fourtuna Universitas Negeri Malang
  • Deddy Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Aiga Ventivani Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1280-1290

Keywords:

video pembelajaran Little Fox Chinese; minat belajar; bahasa Mandarin

Abstract

Abstract: Learning activities that initially take place face-to-face in the classroom must be transformed into online learning which affects students' learning interests. In online learning, teachers are required to be more creative in using interesting and flexible learning media. This study aims to describe the effectiveness of Little Fox Chinese learning videos on students' learning interest in learning Mandarin and describe students' learning interests during online learning using Little Fox Chinese learning videos. This research is a quantitative research method with a correlational research design. The sample in this study is 42 students in 10th-grade of a cross-interest program of State Senior High School 5 Malang. The data obtained in this study are the average score of pretest and posttest results, and the score of student interest questionnaires. The data analysis was conducted with a hypothesis test by using Pearson product moment. The results showed that the Little Fox Chinese learning video was effectively used in learning Mandarin on the material likes (喜欢) and dislikes (不喜欢) in 10th-grade students of the across-interests program at 5th Senior High School of Malang.

Keywords: Little Fox Chinese learning video; interest to learn; Chinese language

Abstrak: Perubahan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran yang awalnya berlangsung dalam kelas secara tatap muka harus diubah menjadi pembelajaran secara daring. Hal tersebut dapat memengaruhi minat belajar peserta didik. Selama pembelajaran daring guru diminta untuk lebih kreatif dalam menggunakan media pembelajaran daring yang fleksibel dan menarik untuk siswa. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mendeskripsikan efektivitas video pembelajaran Little Fox Chinese terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Lintas Minat bahasa Mandarin dan mendeskripsikan minat belajar siswa saat pembelajaran bahasa Mandarin menggunakan video pembelajaran Little Fox Chinese. Penelitian ini menggunakan metode penelitian korelasional kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah siswa kelas X Lintas Minat SMAN 5 Malang sebanyak 42 siswa. Perolehan data dalam penelitian ini berupa rata-rata skor hasil tes pretest dan posttest serta skor hasil angket minat belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan uji hipotesis menggunakan uji Pearson product moment. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa video pembelajaran Little Fox Chinese efektif digunakan dalam pembelajaran bahasa Mandarin pada materi kesukaan (喜欢) dan ketidaksukaan (不喜欢) di kelas X Lintas Minat SMAN 5 Malang.

Kata kunci: video pembelajaran Little Fox Chinese; minat belajar; bahasa Mandarin

References

Aji, R.H.S. (2020). Dampak Covid-19 pada pendidikan di Indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5), 395–402. doi: 10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Alfia, E. H., Kurniawan, D., & Rosyidah (2014). Pengembangan media pembelajaran bahasa Jerman berbasis website untuk bahasan kosakata dengan tema Kennenlernen di Kelas X Bahasa SMAN1 Tumpang Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Ardiyani, D. K., & Kurniawan, D. (2020). Policy and curriculum of Study Program of German Language Education at the State University of Malang in welcoming the needs of German language teachers in Indonesia in the era of industrial revolution 4.0. KnE Social Sciences, 2020, 50–56. doi: 10.18502/kss.v4i4.6465

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi belajar siswa SMA pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam. 3(1), 123–140. doi: 10.37542/iq.v3i01.57

Dewi, F. K. K. U., & Kurniawan, D. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis android "Funologie" untuk materi peta dan sistem fonem bahasa Jerman pada matakuliah Deutsche Phonologie. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 2(2), 238–247.

Emda, A. (2017). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. doi: http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fauzi, Y., Lisnawati, S., & Rofi’ah. (2019). Strategi penggunaan media pembelajaran berbasis video terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Proceedings of Annual Conference on Islamic Education and Social Sains, 1(1), 41–49.

Fauziyah, N. (2020). Dampak Covid-19 terhadap efektivitas pembelajaran daring Pendidikan Islam. Jurnal Unma, 2(2), 1–11. Retrieved from http://jurnal.unma.ac.id/index.php/am/article/view/2294

Gusty, S., Nurmiati, Muliana, Sulaiman, O. K., Ginarta, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A. . . . Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Ilhami, N. R., Kurniawan, D., & Widyatmoko, T (2013). Pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran tata bahasa dan kosa kata bahasa Jerman dengan tema Kennenlernen (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat edaran nomor 4 tahun 2020 tentang pelaksanaan kebijakan pendidikan dalam masa darurat penyebaran Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Kurniawan, D. (2020). Pembelajaran bahasa Jerman di kala pandemi Covid-19: Fleksibilitas dan aksesibilitas. Proceedings of Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra 4, 55–56. Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/961

Mishadin. (2012). Efektivitas media pembelajaran berbasis komputer pada mata pelajaran Elektronika terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Di SMK 1 Sedayu Bantul (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/30220

Puspitasari, Y. D., Kurniawan, D., & Usman, R. (2013). Pengaruh gaya belajar siswa kelas XI terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Jerman SMA Negeri 5 Malang (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Putriningtias, A. D. & Kurniawan, D. (2021). The development of android based game “Weiβt Du Das?“ for learning German vocabulary with Wohnung themes. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(1), 16–20.

Ribawati, E. (2015). Pengaruh penggunaan media video terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Candrasangkala : Jurnal Pendidikan dan Sejarah, 1(1), 134–145. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/view/756

Sudaryono. (2012). Dasar-dasar evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryabrata, S. (2013). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Syahputra, E. (2020). Snowball throwing tingkatkan minat dan hasil belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113

Tanzil, M. N., Usman, R. & Kurniawan, D. (2015). Penggunaan media video deutsche welle pada matakuliah Konversation 1 jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (Unpublshed undergaduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Thoifah, I. (2015). Statistika pendidikan dan metode penelitian kuantitatif. Malang: Madani Media.

Ventivani, A., Iswandarin, F., Irsan, M., & Mayrena, R. (2020). Respon implementasi media 媒语 [Méi Yǔ] pada pembelajaran gramatika Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Proceedings of Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra 4.

Widiyawati. (2014). Efektivitas strategi video critic dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK N 1 Tempel Tahun Ajaran 2013/2014 (Undergraduate thesis, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta).

Downloads

Published

2021-09-27

How to Cite

Fourtuna, E. C., Kurniawan, D. ., & Ventivani, A. (2021). Keefektifan Video Pembelajaran Little Fox Chinese terhadap Minat Belajar Bahasa Mandarin Siswa Kelas X Lintas Minat SMAN 5 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(9), 1280–1290. https://doi.org/10.17977/um064v1i92021p1280-1290

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)