Efektivitas Metode Chain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Mandarin Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang

Authors

  • Ike Wulandari Universitas Negeri Malang
  • Deddy Kurniawan Universitas Negeri Malang
  • Karina Fefi Laksana Sakti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p922-932

Keywords:

metode chain writing, kemampuan menulis, teks deskriptif

Abstract

Abstract: In the process of learning to write Chinese descriptive text, students are required to be able to write essays using 汉字 [hànzì] 'Han Character that is appropriate and can be understood by the reader. The use of the chain writing method in learning focuses on writing activities actively and in groups. This study aims to determine the initial ability to write descriptive text in Chinese Language Education students, class 2018 Universitas Negeri Malang and the effectiveness of the chain writing method on the ability to write descriptive text in Chinese. The research method used is quantitative research with comparative non-parametric analysis. The data obtained in the form of pretest and posttest scores were analyzed using a Likert scale. Instrument testing is carried out using construct validity to material expert lecturers. From the results of the posttest for both classes, a U-test was conducted to see the difference in average scores, as well as an N-gain score test to see the level of effectiveness of using the chain writing method. The results showed that the chain writing method was effectively applied to the ability to write descriptive Chinese text for the 2018 Chinese Language Education students, Universitas Negeri Malang.

Keywords: chain writing method, writing skill, descriptive text

Abstrak: Dalam proses pembelajaran menulis teks deskriptif bahasa Mandarin, mahasiswa dituntut untuk mampu menuliskan karangan menggunakan汉字 [hànzì] ‘aksara Han’ yang tepat dan dapat dipahami oleh pembaca. Penggunaan metode chain writing dalam pembelajaran berfokus pada kegiatan menulis secara aktif dan berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan awal menulis teks deskriptif bahasa Mandarin mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Universitas Negeri Malang dan efektivitas metode chain writing terhadap kemampuan menulis teks deskriptif bahasa Mandarin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan analisis non parametrik komparatif. Perolehan data berupa skor pretest dan posttest yang dianalisis menggunakan skala Likert. Pengujian instrumen dilakukan menggunakan validitas konstruk kepada dosen ahli materi. Dari hasil posttest kedua kelas dilakukan uji-U untuk melihat perbedaan nilai rata-rata, serta uji N-gain score untuk melihat tingkat efektivitas penggunaan metode chain writing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode chain writing efektif diterapkan pada kemampuan menulis teks deskriptif bahasa Mandarin mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2018 Universitas Negeri Malang.

Kata kunci: metode chain writing, kemampuan menulis, teks deskriptif

References

Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. (2013). Model dan metode pembelajaran di sekolah. Semarang: UNISSULA Press.

Ardiyani, D.K., & Kurniawan, D. (2020). Policy and curriculum of Study Program of German Language Education at the State University of Malang in welcoming the needs of German language teachers in Indonesia in the era of industrial revolution 4.0. KnE Social Sciences. doi: https://doi.org/10.18502/kss.v4i4.6465

Atmaja, R.A. (2014). Kesalahan penggunaan temporalangabe dalam karangan mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang angkatan 2012 pada mata kuliah Aufsatz I. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/kesalahan-penggunaan-temporalangabe-dalam-karangan-mahasiswa-jurusan-sastra-jerman-universitas-negeri-malang-angkatan-2012-pada-matakuliah-aufsatz-i-ratna-amelia-atmaja-66280.html

陈作宏. (2006). 体验汉语写作教程(中级1). 高等教育出版社.

Citra, Y. (2014). Perbandingan hasil terjemahan Indonesia-Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang antara yang menggunakan kamus nonelektronik dengan kamus elektronik. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/12372/

Fitriyanti, R. (2017). Pengaruh metode chain writing terhadap hasil belajar menulis siswa kelas 3 Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(3), 276–282. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2017.v7.i3.p276-282

Guntara, Y. (2020). Normalized gain: Ukuran keefektifan treatment. doi: 10.13140/RG.2.2.27603.40482

Kurniasih, L. (2012). Penerapan model Bildergeschichte untuk pembelajaran keterampilan menulis narasi dalam bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 8 Malang. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/penerapan-model-bildergeschichte-untuk-pembelajaran-keterampilan-menulis-narasi-dalam-bahasa-jerman-siswa-kelas-xi-bahasa-sma-negeri-8-malang-lasmi-kurniasih-54029.html

Kurniawan, D., & Rosyidah (2013). Lost in Translation: Problems in Translating Indonesian and English Expressions Into German. Leksika: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 7(2), 10–15. doi: 10.30595/lks.v7i2.115

Mackenzie, N., & Veresov, N. (2013). How drawing can support writing acquisition: text construction in early writing from a Vygotskian perspective. Australasian Journal of Early Childhood, 38(4), 22–29. https://doi.org/10.1177/183693911303800404

Mukaromah, H. (2016). Kesalahan penggunaan sinonim pada karangan (zuowen) mahasiswa semester 4 offering A angkatan 2014 Prodi Pendidikan Bahasa Mandarin UM. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/view/52974

Prahastya, Y. C. (2014). Perbandingan hasil terjemahan Indonesia-Jerman mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang antara yang menggunakan kamus nonelektronik dengan kamus elektronik. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://repository.um.ac.id/12372/

Putra, B. P. (2018). Kesalahan penggunaan kata...[zai] dan...[you] oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin angkatan 2015 Universitas Negeri Malang. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/Mandarin/article/view/75088

Safitri, N. D. (2014). Kemampuan menulis karangan deskripsi bahasa Jerman siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 1 Lawang (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-jerman/article/view/35334

Santoso, S. (2007). Menguasai statistik di era informasi dengan SPSS 15. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sunarti, S., & Sakti, K.F.L. (2020). Comparative Chinese personal’s affixes and Indonesian personal’s affixes. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing dan Sastra, 4(2), 276–287. doi: https://doi.org/10.26858/eralingua.v4i2.11507

Iskandarwassid & Sunendar, D. (2013). Strategi pembelajaran bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya,

Wahyuni, S.N. (2016). Kesalahan penggunan huruf kapital dan tanda baca dalam teks surat bahasa Jerman pada mata kuliah Aufsatz I mahasiswa Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-jerman/article/view/51076

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Wulandari, I. ., Kurniawan, D. ., & Sakti, K. F. L. . (2021). Efektivitas Metode Chain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Mandarin Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 922–932. https://doi.org/10.17977/um064v1i72021p922-932

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>