Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Kemampuan Tata Bahasa 的 (De),得 (De),地 (De) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang

Authors

  • Chika Septya Qhomariah Universitas Negeri Malang
  • Primardiana Hermilia Wijayati Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-8445-6456
  • Karina Fefi Laksana Sakti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1734-1746

Keywords:

Probing-Prompting, Mandarin language, Particle Grammar 的 (de), 得 (de), 地 (de)

Abstract

Abstract: This article is the result of research on the effect of the Probing-Prompting learning model on grammar abilities 的 (de),得 (de),地 (de) of student in Mandarin language education 2018 at Universitas Negeri Malang. The aims of this study to determine whether the Probing-Prompting learning model influenced students' grammatical abilities in 的(de),得(de),地(de) and to determine student responses to the Probing-Prompting learning model.  The data in the study were collected through pretest-posttest and questionnaire sheets with a total of respondents is 22 students who were conducted to be online and analyzed using experimental research methods which are included in quantitative research. The results showed that the Probing-Prompting learning model had a positive effect on grammar ability of 的 (de),得 (de),地 (de) and could help students become more active in the learning process and be able to understand and relate student knowledge so they could improve student learning outcomes on Mandarin language education in Universitas Negeri Malang. Student responses to the Probing-Prompting learning model generally very positive, indicated by an average percentage of 92.23.

Keywords: Probing-Prompting; Mandarin language; particle grammar 的 (de),得 (de), 地 (de)

Abstrak: Artikel ini merupakan hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan tata bahasa(de),得(de),地(de) mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Probing-Prompting terhadap kemampuan tata bahasa kata bantu(de),得(de),地(de) mahasiswa dan mengetahui respon mahasiswa terhadap model pembelajaran Probing-Prompting  . Data dalam penelitian dikumpulkan melalui pretest-posttest dan lembar angket dengan jumlah responden sebanyak 22 mahasiswa yang dilakukan secara daring dan dianalisis menggunakan metode penelitian eksperimen yang termasuk dalam penelitian kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Probing-Prompting berpengaruh positif terhadap kemampuan tata bahasa kata bantu (de),(de),地(de)  dan dapat membantu mahasiswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran serta dapat memahami dan mengaitkan pengetahuan mahasiswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pendidikan bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Respon mahasiswa pada model pembelajaran Probing-Prompting secara umum sangat positif, ditunjukkan dengan rata-rata presentase sebesar 92.23.

Kata kunci: Probing-Prompting; bahasa Mandarin; tata bahasa kata bantu 的(de),得(de),地(de)

References

An, L. (2013). General error analysis and teaching mode reform in Chinese grammar teaching-with students majored in Chinese language of Yili Normal University as an example. Proceedings of the 2013 International Conference on Applied Social Science Research (ICASSR-2013). doi: https://doi.org/10.2991/icassr.2013.18

Ardiyani, D. K. (2015). Metode dalam pembelajaran yang humanis: Belajar alami dan amalkan. Malang: Penerbit AMQ. Retrieved from http://jerman.sastra.um.ac.id/en/metode-dalam-pembelajaran-bahasa-asing-yang-humanis-belajar-alami-dan-amalkan/

Hamdani. (2011). Strategi belajar mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Jannah, U. (2018). Penerapan pembelajaran Probing-Prompting untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritris peserta didik pada pembelajaran sejarah kelas XI di MA Tarbiatut Tholabah Lamongan (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Lembang, Y. C., Ardiyani, D. K., & Muyassaroh, L. U. (2020). Efektivitas model pembelajaran Information Gap Activity Normalism (IG-AN) terhadap keterampilan berbicara peserta didik kelas X SMA. JoLLA, 1(3) 356–368. doi: https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p356-368

Liana, S. (2017). Kesalahan penggunaan kata bantu struktural “De(的)” mahasiswa STBA PA Medan (Sekolah Tinggi Bahasa Asing Persahabatan Internasional Asia, Medan). Retrieved from https://stbapia.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/Contoh-Jurnal-Sherly-Liana-NEW.pdf

Mutmaiminah, S., Ali, M., & Napitupulu, N. D. (2014). Penerapan teknik pembelajaran Probing-Prompting untuk meningkatkan hasil belajar Fisika pada siswa kelas VIIIA SMP Negeri I Banawa Tengah. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online, 2(1), 38–43. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/2767

Sofia, I. (2019). Pengembangan media permainan monopoli kartu untuk melatih tata bahasa Mandarin siswa kelas XI SMA Negeri 1 Batu (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Suherman, E. (2008). Model belajar dan pembelajaran berorientasi kompetensi siswa. Educare, 5(2), 1–31. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/62

Suyatno. (2009). Menjelajah pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Thein, C. M. S. (2019). A comparative study of Chinese structural particles “的, 地 and 得” with their corresponding Myanmar expressions. Mandalay University of Foreign Languages Research Journal 2019, 10(1), 9–21. Retrieved from https://www.mufl.edu.mm/images/pdf/Research2019/2019ChoMarSoeThein9-21.pdf

Usadani, G. B. (2017). Kesalahan penggunaan kata bersinonim 合 dan 适合 oleh mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin 2016 (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang).

Utami, D. (2016). Penerapan model pembelajaran probing prompting dalam pembelajaran mengabstraksi teks negosiasi pada siswa kelas SMA/MA. Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 2(2), 151–158. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/rbsps /article/view/8978

Yang, D. (2017). About Division and Mergence of “De(的)” “De(地)” and “De(得).” Retrieved from http://en.cnki.com.cn/article_en/cjfd total-hwhw201703005.htm

左翠玲. Z. C. (2008). 试析“ 的、地、得”在文章中的使用. http://cbkx.whu.edu.cn/jwk3/cbkx/cn/abstract/abstract182.html

时明芝 S. M. (2012). “的、地、得” 的用法, 山东财经大学 学报. Retrieved from https://journal.sdufe.edu.cn/info/1008/1063.htm

Downloads

Published

2021-12-23

How to Cite

Qhomariah, C. S., Wijayati, P. H. ., & Sakti, K. F. L. . (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Probing-Prompting terhadap Kemampuan Tata Bahasa 的 (De),得 (De),地 (De) Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(12), 1734–1746. https://doi.org/10.17977/um064v1i122021p1734-1746

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)