Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p481-494

Keywords:

Project Method, Writing Skills, Chinese Language

Abstract

Abstract: The Project Method is a teaching method that focuses on allowing students to use aspects and units found in everyday life as learning materials. The use of the Project Method in Learning Writing Skills at State University of Malang intends to describe the process of using the Project Method to learn Chinese writing skills, as well as student reactions to using the Project Method to learn Chinese writing skills. The Project Method is implemented in the Writing I course by separating the learning activities into three stages, beginning with the initial learning activities, continuing with the core learning activities, and ending with the final learning activities. The learning process at the State University of Malang was accommodating, engaging, systematic, and instructive, according to observations on the use of the Project Method in Learning Writing Skills. According to the "Student Responses to the Application of Project Methods in Learning Writing Abilities" questionnaire data, all students were able to handle various challenges and problems in learning Chinese writing skills.

Keywords: project method, writing skills, Chinese language

Abstrak: Project Method merupakan model pembelajaran yang berfokus pada pemberian kesempatan peserta didik untuk mengimplementasikan elemen dan unit yang ada dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahan pembelajaran. Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang bertujuan untuk mendes­kripsikan proses penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin, dan Respon peserta didik terhadap penerapan Project Method dalam pembelajaran keterampilan menulis bahasa Mandarin. Pengimplementasian Project Method dilaksanakan melalui mata kuliah Menulis I dengan membagi aktivitas pembelajaran menjadi 3 (Tiga) tahapan, dimulai dari kegiatan awal pembelajaran, kegiatan inti pembelajaran, dan kegiatan akhir pembelajaran. Hasil pengamatan terhadap penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis di Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang menyatakan bahwa proses pembelajaran berjalan dengan kondusif, interaktif, sistematis dan informatif. Melalui hasil data angket “Respon Peserta Didik terhadap Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis” menyatakan bahwa seluruh peserta didik mampu menyelesaikan berbagai permasalahan dan problematika dalam mempelajari keterampilan menulis bahasa Mandarin.

Kata Kunci: project method, keterampilan menulis, bahasa Mandarin

Author Biography

Moch. Mansyur Maulana Idris, Universitas Negeri Malang

Здравствуйте всёмсстя. Saya Moch. Mansyur Maulana Idris, S.Pd. (Bachelor of Chinese Language Education at State University of Malang). Semua orang mengenal saya dengan nama Lana, berprofesi sebagai penerjemah 10 bahasa dan Hyperpolyglot 15 bahasa (Jepang, Rusia, Perancis, Mandarin, Portugal, Cekoslowakia, Serbian, Polandia, Taiwan, Latin, Hindi, Slovakia, Slovenia, Kroasia, dan Belarus). Memiliki minat yang sangat tinggi di bidang ilmu filologi, bahasa dan kesusastraan, kajian puisi, ilmu psikologi kesehatan mental, manajemen pendidikan, dan kepenulisan ilmiah. Memulai kemampuan berbahasa sejak menduduki bangku sekolah menengah pertama, dimulai dari mempelajari bahasa Jepang, Rusia, dan Perancis. Meningkatkan kemampuan berbahasa secara otodidak mempelajari berbagai bahasa dengan penggunaan sistem kepenulisan lambang bahasa non-alfabet (Abugidas, Cyrillic, Devanagari, Syllabaries, Logo-Syllabaries) hingga saat ini mampu menguasai 15 bahasa. Aktif dalam bidang kepenulisan, seperti ilmu penerjemahan, kepenulisan puisi dan kajian kesusastraan dengan beberapa karya puisi telah diterbitkan dan dibukukan dalam sebuah projek nasional. Ketertarikan terhadap kepenulisan di bidang riset ilmiah dan pendalaman ilmu bahasa digunakan untuk meningkatkan literasi dan wawasan dalam mempersiapkan riset dan penelitian di pendidikan pascasarja program magister dan doktoral dengan konsentasi riset ilmu filologi dan penerjemahan interpretasi. Ketertarikan dalam dunia seni turut menjadi kemampuan tersendiri dalam menciptakan kualitas diri yang berkompeten, mendalami bidang seni peran dan theatre. Aktif dalam ilmu penerjemahan konsentrasi benua Asia-Eropa. Saat ini berkarir sebagai Pemimpin Instansi "Essupérfecito" yang telah dirintis sejak bulan September 2020 dengan melayani jasa: (1) Penerjemah 10 Bahasa (Mandarin, Jepang, Rusia, Perancis, Portugis, Polandia, Serbia, Cekoslowakia, Taiwan, Latin), (2) Tutor Pembelajaran Dasar 10 Bahasa, dan (3) Private Lecturer (Khusus Bahasa Mandarin, Jepang, dan Rusia). Saat ini sedang melanjutkan studi pascasarjana program Magister Русский Письменный и Устный Перевод, Высшая Школа Перевода (Magister of Russian Translation and Interpretation, Higher School of Translation) melalui beasiswa Стипендия Правительства Российский Федерации (Russian Government Scholarship) di M.V. Lomonosov Moscow State University (Moskow, Rusia) Tahun Akademik 2022/2023.

References

Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ahmadi, A., & Prasetya, J. T. (2015). Strategi belajar mengajar untuk Fakultas Tarbiyah. Jakarta: Crown Publishers.

Ardiyanti, I. D. (2019). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada keterampilan menulis bahasa Mandarin siswa kelas XI IBB 2 SMA Laboratorium UM (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Hanifah, F. R. (2016). Penerapan model pembelajaran Kooperatif Write Around pada matakuliah Aufsatz I di Jurusan Sastra Jerman Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Lestari, T. (2015). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada kompetensi dasar melakukan proses fermentasi dan enzimatis pada berbagai olahan ubi jalar (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung). Retrieved from http://repository.upi.edu/20189/

Majid, A. (2014). Strategi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nuzula, S. A. F. (2017). Penerapan model pembelajaran Project Based Learning untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa kelas X SMAN 2 Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Safitri, O. A. C., & Maryani, I. (2020). Pengaruh pembelajaran STEM-PjBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V di SD Muhammadiyah Karangwaru. Paper presented at Undergraduate Conference of Multidisciplinary Sciences 2020, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sagala, S. (2015). Konsep dan makna pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tatuwo, A. G. P. (2017). Pengembangan media pembelajaran kamus Hanzi berdasarkan Pianpang untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Warsono & Hariyanto. (2016). Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Wena, M. (2013). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer: Suatu tinjauan konseptual operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkarnain, A. G. Z. (2016). Kesalahan penulisan Hanzi siswa kelas X Bahasa SMAN 1 Driyorejo tahun ajaran 2015/2016. Mandarin Unesa, 1(1). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/17947

Downloads

Published

2022-04-12

How to Cite

Idris, M. M. M. ., Hidayat, E. ., & Sakti, K. F. L. . (2022). Penerapan Project Method dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Mandarin di Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(4), 481–494. https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p481-494

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>