Penggunaan Kamus Hanping Lite untuk Melatih Kemampuan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMK
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i62023p814-826Keywords:
bahasa Mandarin, kemampuan membaca, Hanping Lite, SMK Tumapel MalangAbstract
Media pembelajaran yang terbaru, menarik, dan mudah digunakan penting untuk pembelajaran ba-hasa yang efektif di dalam kelas. Sayangnya, pembelajaran bahasa Mandarin di SMK Tumapel Malang masih minim dalam penerapan media pembelajaran dalam kriteria tersebut. Padahal ada aplikasi yang memenuhi kriteria yang mudah diperoleh oleh siswa dan guru bernama Hanping Lite. Aplikasi ini adalah kamus digital bahasa Mandarin yang banyak digunakan karena bisa dioperasikan luring dan memiliki fitur-fitur pendukung yang variatif. Aplikasi ini dapat membantu meningkatkan ke-mampuan membaca bahasa Mandarin siswa. Penelitian ini mendeskripsikan penggunaan kamus Hanping Lite dalam melatih kemampuan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X SMK Tumapel Malang serta respons siswa terhadap penggunaan aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Data berupa deskripsi proses pembelajaran yang dikumpul-kan secara langsung dari observer melalui lembar observasi dan reaksi siswa yang didapatkan melalui lembar angket dalam bentuk Google Form. Teknik deskriptif kualitatif dipilih oleh peneliti untuk menganalisis data penelitian ini. Hasil observasi memperlihatkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Hanping Lite untuk latihan kemampuan membaca bahasa Mandarin siswa kelas X SMK Tumapel Malang berjalan dengan lancar dan baik. Berdasarkan hasil angket, siswa menjadi lebih tertarik, bersemangat, dan sangat terbantu saat belajar bahasa Mandarin mengguna-kan aplikasi Hanping Lite.
Kata kunci: bahasa Mandarin; kemampuan membaca; Hanping Lite; SMK Tumapel Malang
The Use of Hanping Lite Dictionary to Practice Mandarin Reading Skills of Tenth-Grade Vocational High School Students
Up-to-date, engaging, and easy-to-use learning media are essential for effective language learning in the classroom. Unfortunately, learning Mandarin at SMK Tumapel Malang is still lacking in the appli-cation of learning media according to these criteria. Even though there is an application that meets the criteria that is easily obtained by students and teachers called Hanping Lite. This application is a digital Chinese dictionary which is widely used because it can be operated offline and has a variety of supporting features. This application can help improve students' reading skills in Mandarin. This study describes the use of the Hanping Lite dictionary in training Chinese reading skills of class X students of SMK Tumapel Malang and the students' responses to using the application. This study uses a qualitative descriptive research method. The data is in the form of a description of the learning process which is collected directly from the observer through observation sheets and student reactions obtained through questionnaires in the form of a Google form. The qualitative descriptive technique was chosen by the researcher to analyze the research data. The observation results show that the learning process using the Hanping Lite application to practice Chinese reading skills for class X students of Tumapel Malang Vocational High School runs smoothly and well. Based on the results of the questionnaire, students became more interested, excited, and greatly helped when learning Mandarin using the Hanping Lite application.
Keywords: Mandarin language; reading ability; Hanping Lite; SMK Tumapel Malang
References
Al-Muwattho, F. P., dkk. (2018). Pengaruh Pemberian Apersepsi Terhadap Kesiapan Belajar Siswa pada Pelajaran Akuntansi Kelas XI SMA Islamiyah Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1-10. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i2.24076
Aryani, Y. V., Afifah, L., & Putri, A. E. F. (2022). Media “Karho” Untuk Melatih Keterampilan Membaca Bahasa Mandarin Siswa Kelas X SMK Tumapel Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(2), 228-239. DOI: 10.17977/um064v2i12022p228-239
Gogahu, D. G. S., & Prasetyo, T. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Bookstory Untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1004-1015. https://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/493/pdf
Hanum, Zubaedah. (7 Maret 2021). Kemenkominfo: 89% Penduduk Indonesia Gunakan Smartphone. Retrieved from https://mediaindonesia.com/humaniora/389057/kemenkominfo-89-penduduk-indonesia-gunakan-smartphone
Jin, L., & Deifell, E. (2013). Foreign Language Learners’ Use and Perception of Online Dictionaries: A Survey Study. MERLOT Journal of Online Learning and Teaching, 9(4), 515-533. https://jolt.merlot.org/vol9no4/jin_1213.pdf
Karmiani, S. (2018). Penggunaan Media Komik Berbahasa Inggris Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Bahasa Inggris pada Siswa Kelas VIII SMPN 3 Teluk Kuantan. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(6), 883-890. https://pajar.ejournal.unri.ac.id/index.php/PJR/article/download/6514/5873
Nisya, R. F. (2018). Penggunaan Media Hanping Lite dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Bahasa Mandarin pada Siswa Kelas X SMKN 2 Tuban Tahun Ajaran 2018/2019. Ejournal UNESA, 1-8. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/manadarin/article/view/25919/23754
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra Books.
Pakpahan, A. F., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Pentury, H. J. (2017). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif Pelajaran Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 265-272. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v4i3.1923
Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. (2021). Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758-3768. doi: https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303
Rahayu, Pravita & Anggraeni. (2020). Analisis SWOT Mobile Dictionary Pleco dan Hanping Lite. Longda Xiaokan: Journal of Mandarin Learning and Teaching 3(2), 45-54. https://doi.org/10.15294/longdaxiaokan.v3i2.27102
Rohani. (2019). Media Pembelajaran (Teaching Resources). Retrieved from http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/8503
Sari, D., & Usmadi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Disertai Pemberian Kuis dalam Pembelajaran Matematika. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 29-38. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a3.2017
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Ponorogo: CV Nata Karya.
Tristiantari, N. K. D., & Sumantri, I. M. (2016). Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading Composition Berpola Lesson Study Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 203-211. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8493
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial, 11(2), 103-107. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.6454
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-91. https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nursyahar Jihan Tuanany, Lilis Afifah, Karina Fefi Laksana Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.