Pengembangan Media Pembelajaran 魔术口袋 Magic Pocket untuk Keterampilan Berbicara dengan Tema Kehidupan Sekolah Kelas X Tingkat SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p549-560

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Pengembangan Media, Media Magic Pocket 魔术口袋 [móshù kǒudài]

Abstract

Abstract: Speaking skill is one of the skills that must be mastered in order to learn a language. Common problem that often occurs in high school students (SMA) is difficulty by pronouncing vocabulary and simple sentences. To overcome these problems, it is necessary to develop learning media that can help and support students in learning Mandarin. The aims of this research are to develop the learning media “Magic Pocket魔术口袋 [móshù kǒudài]” as a medium for the speaking skills of tenth-grade high school students. The ADDIE model (analyze, design, development, implementation, and evaluation) was used in this research. This development research resulted in learning media that included (1) 1 piece master card, (2) 4 piece picture cards, (3) 6 piece verb cards, (4) 4 piece pinyin cards, (5) 4 piece subject cards, (6) 1 piece help card, (7) 1 piece zonk card, and (8) 1 piece game rules card. The results of this research indicate that the learning media “Magic Pocket魔术口袋 [móshù kǒudài]” can make it easier for students to speak Mandarin language with the theme of school life.

Keywords: Speaking skills, media development, media Magic Pocket 魔术口袋 [móshù kǒudài] 

Abstrak: Keterampilan berbicara adalah salah satu keterampilan yang harus dikuasai dalam mempelajari sebuah bahasa. Permasalahan umum yang sering terjadi pada siswa sekolah menengah atas (SMA) adalah kesulitan melafalkan kosakata dan melafalkan kalimat sederhana. Untuk mengatasi masalah itu dibutuhkan sebuah pengembangan media pembelajaran yang dapat membantu dan mendukung siswa dalam mempelajari bahasa Mandarin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran “Magic Pocket 魔术口袋 [móshù kǒudài]” sebagai media untuk keterampilan berbicara siswa kelas X tingkat SMA. Model  ADDIE (analisis, desain, pengembangan, penerapan, dan evaluasi) digunakan dalam penelitian ini. Penelitian pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran yang terdiri dari, (1) 1 buah kartu induk, (2) 4 buah kartu gambar, (3) 6 buah kartu kata kerja, (4) 4 buah kartu pinyin, (5) 4 buah kartu subjek, (6) 1 buah help card, (7) 1 buah zonk card, dan (8) 1 buah kartu aturan permainan. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran “Magic Pocket 魔术口袋 [móshù kǒudài]” untuk keterampilan bahasa Mandarin kelas X dengan tema kehidupan sekolah.

Kata kunci: keterampilan berbicara, pengembangan media, media Magic Pocket 魔术口袋 [móshù kǒudài]   

References

Abidin, S. F. F. (2021). Pengembangan media permainan shuo jenga untuk melatih keterampilan berbicara bahasa Mandarin siswa SMA. SKRIPSI Mahasiswa UM.

Ardiansyah, B. I., & Kurniawan, D. 2019. Instructional Media Development “DAKON” To Improve Speaking Skill Of SMA Negeri 5’S 10TH Grade Students. SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman-Fakultas Sastra UM, (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/7923 diakses pada tanggal 14 Desember 2020).

Azhar, Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers

Buzan, T. 2013. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Istianti, Laras. 2017. Pengembangan media kartu "Temukan Keluargamu" (找你的家庭) untuk melatih keterampilan berbicara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Mandarin Universitas Negeri Malang. Malang : FS Universitas Negeri Malang

Mart, Çağrı Tuğrul. 2012. Developing Speaking Skills through Reading. International Journal of English Linguistics. Canadian Center of Science and Education. (Online) (https://booksc.org/book/72559414/e9225c diakses pada tanggal 28 Agustus 2021)

Mayangsari, D. J., & Kurniawan, D. 2019. The Application Of The Mobile Learning Game “Duschans Schulweg” As The Vocabulary Training For The Topic “Schule” In The Class 10 Of The Main Course At SMA Negeri I Malang. SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman-Fakultas Sastra UM, (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/7945 diakses pada tanggal 14 Desember 2020).

Mufida, R. Z., & Kurniawan, D. 2018. The Development Of Role Playing Game (RPG) “In Meinem Traum” As a Learning Media For German Reading Skill In Eleventh Grade Of SMA. SKRIPSI Jurusan Sastra Jerman-Fakultas Sastra UM, (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/3407 diakses pada tanggal 14 Desember 2020)

Mulyatiningsih, E. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press

Nugroho, G. E., & Kurniawan, D. (2019). German Learning for Students with Special Needs at SMAN 9 Malang. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 3(1), 20-25. (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/7250 diakses pada tanggal 06 Juli 2021)

Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yogyakarta: BPG

Permatasari, N. A. 2020. Pengembangan Media Zine untuk Pembelajaran Bahasa Jerman dengan Tema Familie. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 4(2), 49-53. (Online)(http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/16586/6681 diakses 06 Juli 2021).

Prastiwi, A. D. A. (2018). Pengembangan media permainan match game card untuk melatih kosakata siswa kelas X SMA Negeri 1 Batu (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Putri, D. A. S. W., & Kurniawan, D. 2020. The Influence of Reading Ability on the Results of the Students’Presentation in German. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesia, 4(2). (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/14594 diakses pada tanggal 06 Juli 2021)

Putriningtias, A. D. & Kurniawan, D. 2021. THE DEVELOPMENT OF ANDROID BASED GAME „WEIβT DU DAS?“FOR LEARNING GERMAN VOCABULARY WITH WOHNUNG THEMES. Journal DaFIna-Journal Deutsch als Fremdsprache in Indonesien, 5(1). (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/dafina/article/view/17120 diakses pada tanggal 06 Juli 2021)

Rayandra Asyhar. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: GP. Press.

Rumidjan,dkk. 2017. Pengembangan Media Kartu Kata Untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD.Journal UM2, 67. (Online) (http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1331/697 diakses pada tanggal 02 Maret 2020)

Zhao, Jin Ming. 2004. 对外汉语教学概论 (duì wài hànyǔ jiàoxué gàilùn). Beijing : Commercial Press

Downloads

Published

2022-04-14

How to Cite

Putriadi, A. N., Kurniawan, D. ., & Sunarti, S. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran 魔术口袋 Magic Pocket untuk Keterampilan Berbicara dengan Tema Kehidupan Sekolah Kelas X Tingkat SMA. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(4), 549–560. https://doi.org/10.17977/um064v2i42022p549-560

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)