Pengembangan E-Learning Informatika Siswa Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p595-605Keywords:
ADDIE, media pembelajaran, teknologi pendidikanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran E-learning untuk mata pelajaran Informatika dengan menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahapan: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan desain pretest-posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis E-learning. Tahap pertama, analisis kebutuhan pembelajaran dilakukan untuk menentukan tujuan dan materi pembelajaran yang akan diintegrasikan ke dalam modul E-learning. Selanjutnya, modul dikembangkan secara sistematis dan diterapkan di kelas dengan melibatkan siswa sebagai peserta uji coba. Pengukuran efektivitas dilakukan dengan membandingkan hasil pre-test dan post-test siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pencapaian belajar siswa, yang mengindikasikan bahwa penggunaan E-learning dapat memperbaiki hasil belajar dan memberikan pengalaman belajar yang lebih interaktif dan menarik. Penelitian ini menegaskan pentingnya pemanfaatan teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.
References
Al-Samarraie, H., Shamsuddin, A., & Alzahrani, A. I. (2020). A flipped classroom model in higher education: A review of the evidence across disciplines. Educational Technology Research and Development, 68(3), 793–821. https://doi.org/10.1007/s11423-019-09718-8
Ahsan, R. A. (2024). Implementasi E-learning berbasis Moodle pada mata pelajaran Informatika. The Indonesian Journal of Computer Science, 13(1). https://doi.org/10.33022/ijcs.v13i1.3728
Erdawati, S., & Sartika, T. (2022). Pengaruh E-learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Journal of Integrated Elementary Education, 2(2), 105–116.
Ferdiansyah, R., Rukun, K., & Irfan, D. (2020). Website-based learning media development for computer and basic network. Social Sciences, Education and Humanities, 5(1), 57–61.
Fitrianingsih, A., Hasanudin, C., Fitriyana, N., & Saadoon, A. (2023). Developing website-based learning media to improve students’ 5Cs skills. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 4772–4780. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.4504
Husna, K., & Supriyadi, S. (2023). Peranan manajeman media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 4(1), 981–990.
Jariyah, A., & Asrori, I. (2022). Penggunaan media pembelajaran bahasa Arab daring dan luring bagi siswa Madrasah Tsanawiyah Kabupaten Malang. Journal of Language Literature and Arts, 2(8), 1159–1172. https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1159-1172
Kamaruddin, I., Zulham, Z., Utama, F., & Fadilah, L. (2023). Pendidikan karakter di sekolah: Pengaruhnya terhadap pengembangan etika sosial dan moral siswa. Attractive: Innovative Education Journal, 5(3), 140–150.
Laila Istifaroh, A., & Muhammadiyah, S. (2021). Development of web-based learning media. In The 12th International Conference on Lesson Study (ICLS-XII), September 9–12, 2021, Semarang, Indonesia (Vol. 9, No. 2, pp. 1–9). http://www.kamusilmiah.com/it/sejarah-world-wide-web
Maslikah, K., Widiati, U., Wulyani, A. N., & Sharif, T. I. S. T. (2024). Developing digital literacy application for extensive listening materials. Bahasa dan Seni: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Pengajarannya, 51(2), 1.
Napitupulu, S. P., & Murniarti, E. (2024). Analisis keterlibatan siswa menengah pertama dalam pembelajaran berbasis proyek pada kurikulum merdeka. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 9(2), 172–178.
Rahmah, S. (2023). Analisis pengaruh E-learning terhadap penguasaan materi pelajaran di sekolah menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 124–133. https://doi.org/10.56854/tp.v2i2.228
Safitri, A., Rusmiati, M. N., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya memahami karakteristik peserta didik sekolah dasar untuk meningkatkan efektivitas belajar dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 9333–9339.
Smyrnova-Trybulska, E., Morze, N., & Varchenko-Trotsenko, L. (2022). Adaptive learning in university students’ opinions: Cross-border research. Education and Information Technologies, 27(5), 4909–4929. https://doi.org/10.1007/s10639-021-10830-7
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 1st ed.). Alfabeta.
Su’uga, H. S., Ismayati, E., Agung, A. I., & Rijanto, T. (2020). Media E-learning berbasis Google Classroom untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 9(3), 605–6010.
Susanty, S. (2020). Inovasi pembelajaran daring dalam merdeka belajar. Jurnal Ilmiah Hospitality, 9(2), 157–166.
Torun, E. D. (2020). Online distance learning in higher education: E-learning readiness as a predictor of academic achievement. Open Praxis, 12(2), 191–208.
Yahiaoui, F., Aichouche, R., Chergui, K., Brika, S. K. M., Almezher, M., Musa, A. A., & Lamari, I. A. (2022). The impact of E-learning systems on motivating students and enhancing their outcomes during COVID-19: A mixed-method approach. Frontiers in Psychology, 13, 874181.