Literatur Riviu: Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p211-217Keywords:
Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari setiap artikel yang dianalisis terhadap proses pembelajaran, dengan fokus pada penyesuaian metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan individual siswa. Tinjauan pustaka digunakan sebagai metode utama, memungkinkan analisis mendalam terhadap berbagai literatur dan artikel untuk mengidentifikasi hubungan yang signifikan serta menemukan strategi dan model pembelajaran yang efektif. Implementasi pembelajaran diferensiasi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa diharapkan dapat meningkatkan motivasi intrinsik dan hasil belajar siswa secara keseluruhan. Pendekatan ini tidak hanya mempertimbangkan gaya belajar individu tetapi juga mengintegrasikan prinsip-prinsip kurikulum merdeka yang memberdayakan siswa sebagai subjek aktif dalam proses belajar. Hasil penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi dalam mengembangkan praktik pembelajaran yang lebih responsif dan relevan, sesuai dengan evolusi kebutuhan pendidikan kontemporer.
References
Armadhani, R., & Utama, C. (2024). Implementasi pendekatan berdiferensiasi melalui media pembelajaran konkret, video, dan PPT interaktif pada kelas 5 SD. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 421–427. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p421-427
Brown, C. (2023). Challenges in implementing differentiated instruction in elementary schools. Teaching and Learning Journal, 18(3), 67-79.
Faiz, A., Hilman, M., & Zainuddin, A. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi dalam program guru penggerak pada modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2853. Riau: Universitas Pahlawanku Tuanku Tambusai.
Gusteti, M. U., & Neviyarni. (2022). Pembelajaran berdiferensiasi pada pembelajaran matematika di kurikulum merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika dan Statistika, 3(3). Universitas Negeri Padang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Kurikulum merdeka: Membebaskan potensi siswa. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Marzoan. (2023). Penerapan pembelajaran berdiferensiasi di sekolah dasar (Tinjauan literatur dalam implementasi kurikulum merdeka). Renjana Pendidikan Dasar, 3(2). STKIP Hamzar, Indonesia.
Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka di sekolah dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156
Nugroho, C. M. R., & Darmawan, P. (2024). Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam perspektif teori belajar humanistik pada sekolah dasar: Studi literatur. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(3), 282–290. https://doi.org/10.17977/um084v2i32024p282-290
Sarnoto, A. Z. (2024). Model pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka. Jurnal On Education, 6(3). Jakarta: Universitas PTIQ Jakarta.
Smith, A., & Jones, B. (2022). Addressing diversity in the classroom: Strategies for effective differentiated instruction. Journal of Education Research, 45(2), 123-135.
Sofiah, H., & Hikmawati, N. (2023). Pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia (Analisis implementasi kurikulum merdeka di SD). Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2). Sumenep: Institut Kariman Wirayudha.
Suwandi, F. P. E., Rahmawati, S., & Zainudin, M. (2023). Strategi pembelajaran diferensiasi konten terhadap minat belajar siswa dalam menerapkan kurikulum merdeka. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
UNESCO. (2023). Global education monitoring report 2023: Equity and inclusion in education. Diakses dari https://www.unesco.org/education/gem-report
Wahyuni, A. S. (2022). Literature review: Pendekatan berdiferensiasi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan MIPA, 12(2), 118-126. Nusa Tenggara Barat: Pusat Publikasi Ilmiah STKIP Taman Siswa.