Profil Guru Pancasila Ditinjau dari Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p92-100Keywords:
profil guru Pancasila, sistem among, Ki Hajar Dewantara, pendidikAbstract
Kurikulum Merdeka Belajar mengusung kemerdekaan anak atau peserta didik dalam proses pendidikan. Tujuan dari kurikulum Merdeka Belajar diterjemahkan ke dalam Profil Pelajar Pancasila yang memiliki enam dimensi. Selain Profil Pelajar Pancasila, terdapat Profil Guru Pancasila yang juga memiliki enam dimensi yang sama. Profil Guru Pancasila harus diimplementasikan oleh seorang pendidik dalam kurikulum merdeka belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi Profil Guru Pancasila dilihat dari perspektif pendidikan Ki Hajar Dewantara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi pustaka. Hasil penelitian menggambarkan bahwa enam dimensi Profil Guru Pancasila memiliki akar nilai yang dijunjung oleh Ki Hajar Dewantara dalam Sistem Among. Beberapa dimensi Profil Guru Pancasila terdapat dalam asas Sistem Among. Selain itu, dimensi-dimensi tersebut memiliki kesamaan makna dengan beberapa pesan yang pernah disampaikan olah Ki Hajar Dewantara. Hal ini menunjukkan selain memiliki akar nilai dari pendidikan Ki Hajar Dewantara, Profil Guru Pancasila sangat perlu untuk diwujudkan dalam perilaku guru sebagai seorang pendidik.
Kata kunci: profil guru Pancasila; sistem among; Ki Hajar Dewantara
Profile of Pancasila Teacher Viewed from Ki Hajar Dewantara's Philosophy of Education
The Merdeka Belajar curriculum advocates for the freedom of children or learners in the educational process. The objective of the Merdeka Belajar curriculum is translated into the Pancasila Student Profile, which consists of six dimensions. Besides the Pancasila Student Profile, there is also the Pancasila Teacher Profile, which shares the same six dimensions. The Pancasila Teacher Profile must be implemented by an educator within the Merdeka Belajar curriculum. The purpose of this research is to explore the Pancasila Teacher Profile from the perspective of education by Ki Hajar Dewantara. The method employed in this research is literature study. The research findings illustrate that the six dimensions of the Pancasila Teacher Profile have their roots in the values upheld by Ki Hajar Dewantara in the Among System. Several dimensions of the Pancasila Teacher Profile are found within the principles of the Among System. Furthermore, these dimensions share similar meanings with some messages previously conveyed by Ki Hajar Dewantara. This indicates that besides having its roots in Ki Hajar Dewantara's educational values, the Pancasila Teacher Profile is highly necessary to be realized in the behavior of a teacher as an educator.
Keyword: Pancasila teacher profile, among system, Ki Hajar dewantara
References
Alfan, M. Muslihati, Siti A., I Wayan S., Oktaviani A. S., Slamet A., Safwatun N., & Ari W. K. (2023). Etika dan Profesionalisme Guru. Malang: Sekolah Pascasarjana. UM
Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2019). Understanding ki hadjar dewantara’s educational philosophy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(3), 65–68.
Efendy, T. (2023). Konsep Sistem Among dalam Pendidikan Menurut Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1231–1242.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Habsy, B. A. (2017). Seni Memehami Penelitian Kuliatatif dalam Bimbingan dan Konseling: Studi Literatur. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 90. https://doi.org/10.31100/jurkam.v1i2.56
Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 1, 1–14.
Haryati, S. (2019). Pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi tentang sistem among dalam proses pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.
Ikmal, H. (2021). Nalar Humanisme dalam Pendidikan: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara dan Paulo Freire. Nawa Litera Publishing.
Komariah, S. (2022). Peranan Ki Hajar Dewantara dalam Pembaharuan Pendidikan di Indonesia. IAIN Ponorogo.
Lubis, T. S. (2021). Reformulasi Hukum Penanganan Tindak Pidana Kekerasan di Lingkungan Pendidikan dalam Upaya Perlindungan Profesi Guru. De Lega Lata: Jurnal Ilmu Hukum, 6(1), 191–207.
Mubarak, H. A. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com.
Muin, A., Fakhrudin, A., Makruf, A. D., & Gandi, S. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka.
Noviyanti, U. D. E. (2020). Ki Hadjar Dewantara: Bapak Pendidikan Indonesia. I: BOEKOE.
Nurhuda, A., Bin Engku Ab Rahman, T. E. S., & Hasan Ansori, I. (2023). The Role of the Pancasila Student Profile in Building the Civilization of the Indonesian Nation. Journal of Learning and Educational Policy, 3(33), 5–11. https://doi.org/10.55529/jlep.33.5.11
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, (2024). https://peraturan.bpk.go.id/Details/281847/permendikbudriset-no-12-tahun-2024
Putra, J. S. (2023). The Dynamics of The National Movement to Indonesian Independence in The 20TH Century. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 13(1), 109–126.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Romario, A. W., Saputra, A., & Nasution, B. (2023). Ki Hajar Dewantara dan Pendidikan di Indonesia. Baitul Hikmah: Jurnal Ilmiah Keislaman, 1(1), 52–60.
Saifullah, A. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10821–10832.
Sari, M., & Asmendri. (2020). Penelitian kepustakaan (library research) dalam penelitian pendidikan IPA. Natural Science, 6(1), 41–53.
Taufikin, Burhanuddin, A., Huda, N., Khoeroni, F., Miftah, M., Musawamah, M., Farmawati, C., Falah, A., Taubah, M., In’ami, M., & Choir, A. (2021). Ki Hadjar Dewantara’s Thought About Holistic Education. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(10), 589–611. https://www.proquest.com/scholarly-journals/ki-hadjar-dewantaras-thought-about-holistic/docview/2623612545/se-2?accountid=35052
Wardhana, I. P., & Pratiwi, V. U. (2020). Konsep pendidikan taman siswa sebagai dasar kebijakan pendidikan nasional merdeka belajar di Indonesia.
Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., & Tangkilisan, Y. B. (2017). Ki Hajar Dewantara: pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional.
Zulfiati, H. M., Praheto, B. E., & Sudirman, A. (2021). The role of social capital in fostering character education in primary schools: ki hadjar dewantara’s perspectives. Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 13(1), 215–236.