Pengembangan Learning Management Platform Berbasis Web Materi Tata Surya Kelas VII SMP sebagai Upaya Keberpihakan pada Peserta Didik

Authors

  • Lady El Rida PPG Universitas Negeri Malang
  • Deny Setiawan Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p74-82

Keywords:

berpihak pada peserta didik, media pembelajaran, Kurikulum Merdeka

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan produk akhir Learning Management Platform Berbasis Web Materi Tata Surya untuk siswa kelas VII sebagai upaya keberpihakan pembelajaran kepada peserta didik dengan memperhatikan gaya belajar peserta didik. Terdapat tiga sub topik, produk ini memiliki halaman utama, menu utama, bagian apersepsi, topik pembelajaran, LKPD terintegrasi Live worksheets, bahan ajar dengan konten media seperti gambar dan video, juga terdapat kuis yang menarik, lembar refleksi, serta memuat informasi kreator. Learning Management Platform berbasis Web materi Tata Surya dapat digunakan secara daring menggunakan perangkat apapun dan dimanapun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk tersebut telah mengakomodasi seluruh jenis kebutuhan gaya belajar peserta didik dengan menghadirkan konten materi dan konten media yang beragam.

Kata kunci: berpihak pada peserta didik; media pembelajaran; Kurikulum Merdeka

Development of a Web-based Learning Management Platform for Solar System Materials for Grade VII Junior High School as an Effort to Favor Students

The purpose of this research was to develop the final product of the Web-based Learning Management Platform for Solar System Materials for seventh grade students as an effort to favor learning to students by paying attention to students' learning styles. There were three sub topics, this product has a main page, main menu, apperception section, learning topics, integrated LKPD Live worksheets, teaching materials with media content such as images and videos, there were also interesting quizzes, reflection sheets, and contained creator information. Web-based Learning Management Platform for Solar System materials can be used online using any device and anywhere. The results show that the product has accommodated all types of learner learning style needs by presenting diverse material content and media content.

Keywords: learner-centered; learning media; Merdeka Curriculum

References

Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis saintifik kontekstual materi peristiwa alam beserta mitigasi bencana. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 163–171.

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Faridah, S., Djatmika, E. T., & Utaya, S. (2020). Kompetensi Profesional dan Pedagogik Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. State University of Malang.

Fitriani, Mahsul, A., & Sudiani. (2023). Keterampilan Berpikir Analitis dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Reflection Journal, 3(1), 8–20.

Gesy, S. S., Basuki, A., Churiyah, M., & Agustina, Y. (2022). Meningkatkan berpikir kritis melalui media pembelajaran google site model case based learning. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Pendidikan (JEBP), 2(2).

Ghodang, H. (2020). Path analysis (analisis jalur). Penerbit Mitra Grup.

Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2020). Pengembangan flipped classroom dalam pembelajaran berbasis mobile learning pada mata kuliah strategi pembelajaran. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(2), 122–127.

Irianti, R. I. (2024). Penerapan kurikulum merdeka dalam pengimplementasian pendidikan yang sesuai dengan kodrat alam dan zaman. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 10.

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

JH, T. S. (2018). Pengembangan e-modul berbasis web untuk meningkatkan pencapaian kompetensi pengetahuan fisika pada materi listrik statis dan dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51–61.

Lismaini, L., Hidayah, N., & Hotifah, Y. (2023). Merdeka Belajar sebagai Implementasi Filsafat Konstruktivisme dalam Kurikulum untuk Membangun Pembelajaran yang Memandirikan: Sebuah Kajian Teori. Prosiding Seminar Nasional Orientasi Pendidik Dan Peneliti Sains Indonesia, 2, 29–35.

Miaz, Y., Melva Zainil, S. T., & Helsa, Y. (2020). Pembelajaran SD Berbasis Teknologi Digital. Deepublish.

Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594.

Mubarak, H. A. Z. (2022). Desain kurikulum merdeka untuk era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Zakimu. com.

Nair, M. M., Tyagi, A. K., & Sreenath, N. (2021). The future with industry 4.0 at the core of society 5.0: open issues, future opportunities and challenges. 2021 International Conference on Computer Communication and Informatics (ICCCI), 1–7.

Nasution, L. M. (2017). Statistik deskriptif. Hikmah, 14(1), 49–55.

Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309–3321.

Richey, R. C., & Klein, J. D. (2014). Design and development research. Handbook of Research on Educational Communications and Technology, 141–150.

Sholeh, M. I., & Efendi, N. (2023). Integrasi Teknologi dalam Manajemen Pendidikan Islam: Meningkatkan Kinerja Guru di Era Digital. Jurnal Tinta: Jurnal Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 5(2), 104–126.

Sulaeman, S., Nurjanah, N., Nurteti, L., Bariah, S., Rodiah, I., Puspitasari, S. R., Fatimah, I. F., Santika, T., Herlina, N. H., & Kurniadi, R. (2024). Buku Ajar Perkembangan Peserta Didik. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Susanti, A. I. (2021). Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Penerbit NEM.

Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan pembelajaran abad-21 di sekolah dasar dalam mencapai target dan tujuan kurikulum merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116–123.

Wassef, R., & Elkhamisy, F. A. (2020). Evaluation of a web-based learning management platform and formative assessment tools for a Medical Parasitology undergraduate course. Parasitologists United Journal, 13(2), 99–106.

Yusrizal, Y., Safiah, I., & Nurhaidah, N. (2017). Kompetensi Guru dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SD Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Unsyiah, 2(2).

Downloads

Published

04/30/2024

How to Cite

El Rida, L., & Setiawan, D. . (2024). Pengembangan Learning Management Platform Berbasis Web Materi Tata Surya Kelas VII SMP sebagai Upaya Keberpihakan pada Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 74–82. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p74-82

Issue

Section

Articles