Implementasi Permainan Edukatif pada Pendekatan Pembelajaran Teaching at The Right Level (TaRL) di Kelas V Sekolah Dasar Negeri
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p44-54Keywords:
permainan edukatif, SDN Polehan 1, drilling, asesmen sumatifAbstract
Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) menggolongkan peserta didik ke dalam kategori mahir, sedang, dan tidak mahir, sehingga kebutuhan belajar peserta didik dapat terpenuhi. Namun pendekatan TaRL memiliki kelemahan yaitu membutuhkan waktu yang lama. Bila pembelajaran berjalan terlalu lama, maka akan membosankan dan mungkin tujuan pembelajaran tidak tercapai secara maksimal. Penelitian bertujuan melihat efektivitas implementasi permainan edukatif dalam pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) di kelas V SDN Polehan 1 Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas V SDN Polehan 1 Malang. Hasil penelitian menunjukan bahwa permainan edukatif dapat membuat pembelajaran semakin menyenangkan dan juga dan berfungsi sebagai drilling materi pelajaran, sehingga peserta didik tidak bingung dan membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikan LKPD dan asesmen sumatif. Lebih lagi, penelitian ini menghasilkan inovasi desain tempat duduk peserta didik karena penataan tempat duduk juga mempengaruhi hasil belajar sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: permainan edukatif, TaRL, LKPD
Implementation of Educational Games in Teaching at the Right Level (TaRL) Learning Approach in Class V of Public Elementary School
The Teaching at the Right Level (TaRL) approach is a learning approach that can be applied to the National Curriculum. This Teaching at the Right Level (TaRL) approach will classify learners into proficient, intermediate, and non-proficient categories, so that learners' learning needs can be met. On the other hand, the TaRL approach has the disadvantage that it takes a long time. If learning takes too long, learning will be boring and learning objectives may not be achieved optimally. This study was conducted with the aim of seeing the effectiveness of the implementation of educational games in the Teaching at the Right Level (TaRL) approach in class V of SDN Polehan 1 Malang. The method used in this research is descriptive qualitative with the research subjects of all fifth-grade students of SDN Polehan 1 Malang. The results showed that educational games can make learning more fun and also function as drilling subject matter, so that students are not confused and take a long time to complete the LKPD and summative assessment. Moreover, this research resulted in the innovation of students' seating design because the seating arrangement also affects learning outcomes so that there is an increase in students' learning outcomes. By applying this approach, learners' learning outcomes also improved.
Keywords: educational game, TaRL, LKPD
References
Agustini, F., & Sari, R. N. (2024). Implementasi Pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) melalui Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Siswa SD Kelas II. AS-SABIQUN, 6(2), 312–324.
Al-Kansa, B. B., Agustini, S., & Pertiwi, P. I. (2023). Pengaruh Penataan Tempat Duduk terhadap Keefektifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 683–687.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150.
Gumilar, G., Rosid, D. P. S., Sumardjoko, B., & Ghufron, A. (2023). Urgensi Penggantian Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka. Jurnal Papeda, 5(2), 148–155.
Lestari, R., Sari, M. P., & Syah, A. (2021). Pentingnya Kreativitas Guru dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Peran Guru Dalam Membentuk Karakter Siswa (Antologi Esai Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar), 120.
Lie, A., Tamah, S. M., Gozali, I., & Triwidayati, K. R. (2020). Mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. PT Kanisius.
Lovendra, C., & Aisiah, A. (2023). Pengembangan Instrumen Asesmen Diagnostik Kognitif Pembelajaran Sejarah. Jurnal Kronologi, 5(4), 44–55.
Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 Tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah, Pub. L. No. 12 Tahun 2024, 72 (2024). https://kurikulum.kemdikbud.go.id/file/1711507788_manage_file.pdf
Mubarok, A. (2019). Penataan Tempat Duduk di Kelas dalam Memotivasi Belajar Siswa. Akademika: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 39–51.
Mujiburrahman, Kartiani, B. S., & Parhanuddin, L. (2023). Asesmen Pembelajaran Sekolah Dasar dalam Kurikulum Merdeka. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(1), 39–48.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Pawestri, E., & Zulfiati, H. M. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk mengakomodasi keberagaman siswa pada pembelajaran tematik kelas II di SD Muhammadiyah Danunegaran. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 6(3), 903–913.
Ramatni, A., Anjely, F., Cahyono, D., Rambe, S., & Shobri, M. (2023). Proses Pembelajaran dan Asesmen yang Efektif. Journal on Education, 05(04), 15729–15743.
Rusli, M. (2021). Merancang penelitian kualitatif dasar/deskriptif dan studi kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60.
Saputri, T. D., & Hakim, P. R. (2023). Implementasi Desain Pembelajaran Active Deep Learning Experience (ADLX) dalam Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di SDIT Taqiyya Rosyida Tahun Pelajaran 2022/2023. UIN Surakarta.
Sari, R. K., Mudjiran, M., Fitria, Y., & Irsyad, I. (2021). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik berbantuan permainan edukatif di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5593–5600.
Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2016). Pengaruh model project based learning berbantuan media virtual terhadap penguasaan konsep peserta didik pada materi alat-alat optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 73–79.
Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode permainan edukatif dalam Pembelajaran bahasa arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31–43.
Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. H. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.
Zamili, M. (2015). Menghindar dari bias: Praktik triangulasi dan kesahihan riset kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283–304.